Membangun branding bagi bisnis UKM-mu adalah salah satu hal yang sangat penting bila ingin berkembang. Namun branding bisa jadi suatu hal yang remeh bila kamu terperangkap dengan pola pikir

Wah produkku belum seberapa besar dengan produk A” atau

Ngapain harus repot-repot melakukan ini-itu?

Padahal branding yang tepat sejak awal justru lebih memudahkan merek produk atau brandmu menjadi lebih dikenal oleh masyarakat. Nah, di artikel kali ini ini Minzie akan membahas seputar branding bisnis yang paling efektif di tahun 2021.

Seiring berjalannya watu, kini muncul trend baru dalam membranding loh, Prinzie! Yup, trend tersebut adalah digital branding atau branding online. Pada dasarnya cara ini sama dengan branding menggunakan cara lama, namun jika dilihat dari segi medianya jelas cara ini yang lebih efektif.

Untuk itu, Minzie akan memandu kamu melalui artikel ini untuk lebih memahami pentingnya branding, mulai dari pengertian branding online dan manfaatnya untuk bisnis.

Selamat membaca!

Apa itu Branding Online?

Apa yang terbesit di benakmu jika mendengar kata branding?

Harus memiliki logo? Pemilihan warna yang tepat? Menentukan nama yang unik?

Semua yang disebutkan di atas tadi itu benar tapi, perlu kamu ketahui bahwa branding lebih dari sekedar logo, warna, ataupun nama yang unik dan harus terlihat oleh mata.

Branding yang dilakukan oleh suatu merek produk harusnya mampu berinteraksi dengan audiensnya sehingga kehadirannya dapat dirasakan.

Nah, siapa saja audiens tersebut?

Audiens ini bisa berasal dari pelanggan lama maupun calon pelanggan.

Lantas, interaksi seperti apa yang dimaksud?

Interaksi yang dapat dirasakan kehadirannya oleh audiensmu pada masa kini adalah dalam bentuk online misal, menggunakan media sosial seperti Instagram, video di Youtube, atau beriklan di digital ads, dan masih banyak lagi.

Dari penggambaran di atas, kamu sudah mulai menebak kan apa definisi dari branding online atau digital branding ini?

Singkatnya branding online atau digital branding merupakan upaya memperkenalkan dan membangun nama dari sebuah produk atau jasa melalui media online.

Konsep dari branding online sendiri adalah membangun interaksi atau kedekatan dengan audiens. Berbeda dengan digital marketing yang fokusnya untuk meningkatkan angka penjualan produk.

So, jangan sampai salah faham ya, Prinzie!

 

Manfaat Branding Online untuk Bisnis UKM-mu

Branding online atau digital branding menjadi poin penting untuk perkembangan bisnismu. Mengapa branding online menjadi penting saat ini? Berikut beberapa alasannya:

1. Sebagai media promosi

Jika kamu merasa menyebarkan brosur sudah cukup ampuh untuk memperkenalkan merek atau jasa UKM-mu kepada masyarakat luas maka, Minzie sarankan inilah saat yang tepat untuk menggeser cara lama tersebut ke media online.

Kenapa?

Ternyata menurut Laman Kompas, tercatat pengguna internet di Indonesia pada awal 2021 mencapai 202,6 juta jiwa. Jumlah ini meningkat 15,5 persen atau 27 juta jiwa jika dibandingkan pada Januari 2020 lalu.

Penasaran dengan total jumlah penduduk Indonesia saat ini?

274,9 juta jiwa! Hampir 73,7 persen masyarakat Indonesia sudah mengenal dunia internet. Hal ini tentu bisa banget kamu jadikan peluang promosi yang efektif.

Selain lebih mudah dikenal oleh calon klien kamu juga bisa sekalian nih menekan pengeluaran.

So, sudah jelas kan branding online atau digital branding menjadi sarana yang efektif dan efisien untuk memperkenalkan merek atau jasamu?

2. Lebih mudah meningkatkan kesadaran semua audiens

Dalam melakukan branding online, meningkatkan kesadaran semua audiensmu ketika memperkenalkan produk atau jasa merupakan hal yang sangat penting, loh!

Disini kamu dituntut untuk menuangkan segala kreativitas yang dimiliki untuk lebih dikenal. Caranya? Tentu dengan memanfaatkan media sosial bisnis UKM-mu dengan konten yang unik, menarik, dan mudah diingat oleh semua audiensmu.

Branding secara online ini juga mampu untuk menjaring calon konsumen baru.

Punya pengalaman ngga sengaja menemukan produk bagus diluar namun agar tidak salah pilih kamu justru mencari tahu lebih dalam produk tersebut di Google atau Instagram?

Jika jawabannya Iya, berarti sudah saatnya kamu segera ambil kesempatan ini untuk menarik para calon audiens baru.

Buatlah branding online-mu semenarik mungkin. Sebutkan kelebihan produk atau jasamu yang tidak ada di kompetitor lain. Pastikan produk atau jasamu ini juga memiliki testimoni jujur yang baik yaa supaya orang lebih percaya, jangan dibuat-buat!

Ingat! Kepercayaan itu mahal harganya

3. Dapat membangun relasi bisnis yang potensial

Sadar ngga, branding online juga bisa loh kamu gunakan untuk membangun relasi bisnis. Melalui internet kamu bisa memperluas jaringan bisnismu kemana saja!

Berikan portofolio bisnis UKM-mu semenarik mungkin. Jangan lupa tambahkan ciri khas yang kamu punya. Kedepannya, dengan adanya jaringan yang sudah terbentuk ini bisnis UKM-mu lebih cepat melejit dan dikenal semua orang.

 

Sekarang sudah jelas kan apa itu branding online atau digital branding dan apa saja manfaatnya untuk bisnismu? Itu artinya, sudah saatnya kamu praktikkan!

Sampai jumpa di artikel lainnya ya!

Share Artikel Ini