Dalam memulai suatu bisnis, banyak hal yang harus anda perhatikan. Mulai dari apa saja yang dibutuhkan, sampai dengan yang harus dipersiapkan. Dalam bisnis yang ingin dilakukan itu dalam bentuk produk, tentu yang anda butuhkan adalah sebuah kemasan. Kemasan pun tidak asal, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan.

Membuat kemasan suatu produk, harus memperhatikan faktor keamanan dan kenyamanan. Tak hanya itu, untuk mendukung suatu pemasaran, maka kemasan anda pun harus terlihat unik agar menarik dan dilirik oleh konsumen. Jika kemasan yang anda buat itu menarik dan unik, hal ini akan memberikan kesan mendalam bagi konsumen saat melihatnya. Nah, untuk membuat kemasan produyk yang menarik ada beberapa tips yang bisa anda lakukan. Berikut 6 tips yang bisa anda lakukan, yakni sebagai berikut!

 

Gambarlah Desain yang Sederhana

 

 

Desain merupakan hal paling terpenting dalam membuat kemasan produk yang unik dan menarik. Dalam hal ini, buatlah desain yang simple namun tetap menarik ketika dilirik. Jangan terlalu memb uat desain yang terlalu rumit karena akan menyusahkan konsumen menghafal dan kesan yang rumit akan membuat konsumen merasa kebingungan. Jadi, buat desain yang mudah dibawa da mudah untuk dikonsumsi oleh konsumen. Tapi, meskipun desain yang anda buat simple tentunya harus menempelkan kesan yang unik agar konsumen tetap melirik produk yang anda jajakan.

 

Manfaatkan Gambar yang Unik dan Menarik

 

 

Kebanyakan orang Indonesia cenderung akan menyukai sesuatu yang berbau visual. Secara psikologis, gambar merupakan salah satu hal yang bisa anda gunakan dalam membuat kemasan produk. Gambar akan membuat minat pembeli menjadi lebih tinggi. Namun, tak melulu gambar yang anda gunakan itu harus menyesuaikan produk yang dijual, anda bisa menggunakan gambar atau karakter lucu namun tidak keluar dari estetika produk yang anda jajakan. Misalnya anda jualan keripik pisang, nah untuk kemasannya tak harus gambar pisang. Boleh gambar kartun yang sedang bawa pisang atau makan pisang agar lebih terlihat unik.

 

Gunakan warna cerah dan berbeda

 

 

Warna cerah tentu akan membuat orang pertama kali melihat langsung tertuju padanya. Kenapa? warna cerah menimbulkan kesan menonjol pada sebuah kemasan produk. Warna cerah dan berbeda akan membuat produk anda menjadi lebih unggul dan mudah dilirik oleh konsumen. Tapi, tidak ada salahnya jika anda mencoba riset pada kompetitor produk serupa, perhatikan warna yang sering digunakan pada produk mereka dan mulai tentukan warna yang berbeda untuk produk yang anda jual. Warna cerah menjadi pilihan tepat yang bisa anda gunakan karena akan membuat lebih mencolok dbandingkan produk lain ketika dijajarkan di etalase toko.

 

Beri informasi penting menggunakan font yang menarik

 

 

Jika anda sudah menetapkan warna yang digunakan, hal yang perlu anda perhatikan adalah memberikan informasi apa yang perlu ditambahkan pada kemasan produk yang dijual. Informasi-informasi yang anda perlihatkan itu sangat penting bagi konsumen. Buat informasi yang singkat dan jangan terlalu padat agar konsumen cepat memahami isi dari kemasan produk yang anda jual. Selain itu, dengan informasi yang singkat dan jelas, konsumen tidak akan mengabaikan isi informasi yang harus diketahui oleh konsumen. Gunakan font huruf yang menarik dan mudah dibaca oleh konsumen.

 

Tambahkan Data Legalitas dari Lembaga Pemerintahan

 

 

Hal ini tak kalah pentingnya dengan mencantumkan data legalitas dari lembaga pemerintah yang berwenang terhadap produk yang anda jual. Hal ini akan menjamin kesehatan para konsumen, sehingga konsumen tidak ragu saat membeli produk yang anda jual. Misalnya legalitas dari Badan Pengawas Makanan dan Obat dan sertifikat halal. Karna dua hal ini sangat dilirik dan dijadikan acuan oleh kebanyakan orang dalam memilih suatu produk.

 

Gunakan kemasan dengan bahan yang berbeda namun tetap terjangkau

 

 

Agar menghemat dana yang harus anda keluarkan, namun tetap tidak meninggalkan kesan kemasan produk yang menarik dan berbeda. Anda harus mulai mencari alternatif bahan packaging dari kertas daur ulang namun dipastikan kertas daur ulang tersebut tetap aman untuk digunakan. Dengan menggunakan produk kertas daur ulang, maka kemasan anda akan lebih ramah lingkungan. Selain itu, kemasan daur ulang terkesan lebih ekonomis dan menimbulkan kesan unik karena bahan daur ulang cenderung berbeda dari bahan pada umumnya.

 

Lihat Video Mesin Packaging Berikut ini!

 

Nah, dalam proses pembuatan kemasan yang unik dan menarik. Hal penting yang harus anda perhatikan adalah menghitung biaya anggaran yang diperlukan selama proses berlangsung. Dimulai dari desain, pengadaan material sampai dengan proses produksinya. Nah, untuk menghitung proses produksi, tentu anda membutuhkan alat penunjang dalam membuatnya. Oleh karena itu, anda harus memperhatikan mesin yang akan digunakan untuk membuat packaging produk yang anda inginkan. Jika anda ingin konsultasi prihal mesin yang cocok atau konsultasi bisnis packaging yang lagi banyak digunakan, bisa hubungi Deprintz ya. Deprintz akan membantu dalam proses mulai dari konsultasi sampai dengan cara menggunakan mesin sampai bisa dan mahir. Karena Deprintz, Buat Usaha Jadi Mudah!

Mau Konsultasi bisnis, Tapi anda bingung?

Mau Konsultasi GRATIS?

Share Artikel ini

Related Post