Pandemi corona masih merajalela di Indonesia, namun banyak sector usaha yang masih membutuhka karyawan untuk bekerja. Beberapa sector usaha seperti sembako, pangan, kesehatan masih aktif beroperasi di tengah pandemic corona dikarenakan banyak masyarkat yang membutuhkannya. Oleh karena itu, sebagian masyarakat ada yang kerja efektif seperti biasa, ada pula yang kerja di rumah. Nah, untuk anda yang bekerja efektif, anda membutuhkan pencegahan diri agar tidak tertular virus coronanya. Adapun tips yang bisa anda lakukan sesuai dengan edaran BPOM Republik Indonesia, berikut ini tips-tipsnya!

 

  • Hindari pertemua sosial, dan jaga jarak minimal 1 meter
    Tips yang pertama adalah untuk menghindari pertemuan sosial, baik itu meeting atau rapat yang mengharuskan bertemu. Lebih baik meeting via virtual terlebih dahulu, jika dalam perusahaan ada rekan kerja usahakan jaga jarak minimal 1 meter agar tetap dalam posisi yang aman.

 

  • Pastikan tempat kerja memiliki ventilasi yang baik
    Hal ini untuk membantu pernapasan anda lebih leluasa dalam bertukar oksigen. Denga ventilasi yang baik pula, sinar matahari akan dengan mudah masuk dan membuat imun anda tetap terjaga.

 

  • Cuci tangan sesering mungkin
    Cucilah tangan sesering mungkin menggunakan sabun selama 20 detik, dengan begitu anda akan mengupayakan untuk mencegah penularan virus. Mau makan cuci tangan, habis dari kamar mandi cuci tangan, habis memegang sesuatu upayakan cuci tangan. Jangan malas karena untuk mencegah kesehatan itu lebih baik.

 

  • Gunakan Hand sanitizer
    Apabila perlu, anda juga bisa gunakan hand sanitizer yang berbasis alcohol. Jadi, tidak hanya mencuci tangan saja namun dibantu dengan hand sanitizer agar kuman atau virus tidak betah untuk tinggal dekat dengan anda.

 

  • Jaga Kebersihan area kerja
    Hal yang paling penting untuk mencegag diri dari penularan virus adalah menjaga kebersihan. Upayakan area kerja anda bersih, dan jangan lupa lakukan semprot diinsfektan agar kuman-kuman yang bersarang pada area kerja anda mati.

 

  • Bila sakit, kerja dari rumah saja
    Apabila anda merasakan tidak enak badan, pusing, demam dan lain halnya lebih baik anda bekerja di rumah saja sampai benar-benar sembuh. Hal ini ditakutkan karena imun tubuh anda lagi turun sehingga memudahkan untuk virus masuk. Oleh karena itu, dasar diri untuk tetap di rumah ketika sakit ya!

 

  • Gunakan Masker
    Gunakan masker merupakan kewajiban. Jangan menyepelekan dan meremehkan masker. Dengan masker, setidaknya anda mencegah hampir 72% penularan virus corona. Bagi masyarakat, anda diwajibkan untuk memiliki masker kain untuk kebutuhan ke luar rumah atau di kantor agar tetap dalam keadaan aman.

 

Untuk melihat pembuatan masker kain, lihat video berikut ini untuk melihat pakar mesinnya!

 

  • Tutup hidung dan mulut saat batuk, bersin dan meludah
    Jika anda tiba-tiba ingin meludah, bersin, atau batuk, hal yang perlu anda lakukan adalah menggunakan tisu untuk menutupi hidung dan mulut. Hal ini akan mencegah penyebaran virus corona karena droplet dari batuk, bersin dan meludah tidak tercurah kemana-mana. Saling jaga saling mawas diri ya.

 

  • Bungkus tisu bekas dalam plastik
    Ketika sudah menggunakan tisu untuk sehabis bersin, batuk dan meludah sebaiknya anda masukkan ke dalam kantung plastik sebelum di buang ke sampah tertutup. Saling menjaga dengan keadaan sekitar merupakan pencegaha terbaik virus corona, jadi jangan asal buang pada sa,pah sembarangan ya sahabat.

 

Nah, itulah dia tips untuk mencegah virus corona di tempat kerja bagi anda yang tidak bekerja di rumah. Dengan mencegah bersama, tentunya kita akan menghambat penularan virus corona bersama-sama. Oleh karena itu, stay safe dan healthy ya sahabat. Jika anda ingin konsultasi prihal mesin pembuat masker kain bisa hubungi Deprintz ya. Deprintz, Buat Usaha Jadi Mudah!

Share Artikel ini

Related Post