Bagi anda seorang pebisnis, iklan atau promosi merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk anda perhatikan. Dengan iklan dan promosi tersebut, bisnis anda akan tersebar luas sesuai dengan target market yang anda inginkan. Banyak sekali pebisnis yang memilih mempromosikan bisnisnya dengan spanduk karena dinilai harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan publikasi di media lainnya.

Kebutuhan pebisnis dalam mempublikasikan bisnisnya dengan spanduk ini membuat jasa desain spanduk menjadi meningkat. Oleh karena itu, bagi anda yang ingin memulai bisnis jasa spanduk maka harus memahami hal-hal dasar agar desain yang anda buat sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Dalam membuat desain spanduk memang bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan, namun butuh ketelitian dan nilai estetika yang membuat spanduk menjadi lebih informative dan menarik. Untuk mendapatkan desain spanduk yang menarik, ada 5 cara dalam melakukannya yakni sebagai berikut!

 

  1. Pilih perpaduan warna yang pas

Warna dalam sebuah desain merupakan salah satu hal yang sangat penting. Dalam desain, warna memiliki jenis yang beragam untuk anda gunakan di spanduk. Anda harus memahami dengan baik warna mana yang cocok dan baik jika dipadukan dengan warna tertentu, sehingga saat dicetak maka akan enak dipandang. Mulai dari pilih warna dasar spanduk, warna huruf dan warna beberapa elemen lain untuk desain yang dibutuhkan. Biasanya, hanya butuh 3 warna yang dominan untuk desain yang menarik. Karena, jika warna terlalu ramai, masyarakat akan merasa rumit untuk menelaah pesan dari iklan spanduk yang anda promosikan.

 

  1. Bentuk huruf yang unik

Selain warna, bentuk huruf menjadi hal yang penting untuk anda lakukan. Banyak sekali desain huruf yang biasa dikenal dengan nama typography. Anda bisa pilih desain yang sesuai dengan keinginan yang digunakan. Alangkah baiknya jika anda menjauhi jenis huruf yang sudah mainstream. Namun, jangan juga gunakan jenis huruf yang rumit sehingga tidak bisa dibaca. Jadi, pilihlah jenis huruf yang menarik namun tetap bisa untuk dibaca agar masyarakat bisa menerima makna dari informasi yang anda bagikan.

 

  1. Ukuran huruf yang ideal untuk dibaca

Selain bentuk hurufnya, ukuran huruf yang ideal juga sangat penting untuk diperhatikan. Huruf yang harus anda pilih adalah yang mudah dibaca dan memiliki standar ukuran dalam suatu spanduk. Untuk spanduk yang berukuran besar, gunakan ukuran huruf paling kecil yakni 30 pt agar bisa terbaca. Jika anda gunakan huruf lebih kecil dari itu, maka kan sulit dibaca dan membuat orang enggan menerka-nerka. Jadi, perhatikan ukuran huruf judul, sub judu dan informasu yang diberikan. Gunakan huruf dengan ukuran yang proporsional, tidak ada yang besar sendiri dan kecil sendiri.

  1. Teknik desain yang mendukung

Memilih teknik desain yang mendukung merupakan hal yang harus anda ketahui. Gunakan teknik desain agar hasilnya tidak kaku. Ada beberapa teknik yang biasa digunakan untuk pemula adalah eknik memberikan efek bayangan (drop shadow) pada objek hurufnya. Atau anda juga bisa menggunakan teknik mengubah transparansi dari beberapa objek agar desain anda seimbang. Jika anda ingin mendapatkan desain yang professional, maka anda perlu memahami setiap teknik desain terlebih dahulu.

 

  1. Desain gambar dengan elemen yang sesuai

Cara yang terakhir adalah menambahkan gambar dalam desain spanduk anda. Gambar merupakan hal yang mudah dicerna dibandingkan tulisan saja. Dengan gambar yang memiliki konsep yang sesuai, menggunakan warna yang pas dan cocok jika digabungkan akan membuat spanduk anda menjadi lebih menarik.  Harus anda ketahui, sesuaikan gambar yang anda pilih dengan makna spanduk yang ingin anda promosikan.

 

Nah, dengan begini anda akan tahu desain yang cocok untuk digunakan promosi pada spanduk anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan membuat anda memaksimalkan iklan promosi anda atau sebagai jasa desain spanduk anda menjadi lebih berkualitas. Deprintz, Buat Usaha Jadi Mudah!

Share

Related Post