Mesin laser cutting saat ini merupakan mesin yang banyak dicari oleh banyak pelaku usaha untuk membuat masker kain. Mesin laser cutting notabenenya mampu mengcutting berbagai bahan sesuai dengan klasifikasi mesinnya. Ada yang khusus untuk plat metal, ada pula yang khusus untuk memotong non metal saja. Hal inilah yang membuat mesin laser cutting menjadi incaran banyak pelaku usaha.

Merawat mesin laser cutting memang suatu keharusan bagi anda yang memulai suatu bisnis mesin ini. Perawatan mesin laser cutting sangat penting dilakukan agar mesin yang digunakan tetap dalam keadaan yang maksimal dan prima. Jika jiwa anda adalah seorang pebisnis, tentu anda akan memahami bahwa merawat mesin laser cutting sangat berpengaruh pada kinerja dan keuntungan yang akan anda dapatkan. Bayangkan saja, jika mesin laser cutting yang sudah dibeli dengan harga yang cukup tinggi tidak anda gunakan dengan baik, tentu anda akan mengalami kerugian karena harus menservice mesin yang bermasalah. Selain itu, anda juga harus menunda aktivitas pesanan jika bisnis anda sudah berjalan, maka dari itu di bawah ini akan dijelaskan bagaimana merawat mesin laser cutting supaya tetap awet dan prima!

Pertama, hindari untuk pengerjaan cutting dan grafir bahan PVC, karena pengerjaan bahan PVC mengeluarkan asap yang pekat, dan asap tersebut mengandung partikel-partikel yang bersifat Adhesive (Lengket) yang bisa menempel di Fan Belt, roda gigi motor dan rel tempat pergerakan kepala laser yang bisa mengganggu kinerja parts apabila berlangsung secara terus menerus.

 

Kedua, hindari untuk pengerjaan bahan sticker, karena sticker mengandung Lem yang bisa membuat Parts Mesin Laser Cutting Engraving terganggu.

 

Ketiga, selalu menggunakan Stavolt  / UPS selama pengoperasionalan mesin, listrik yang stabil sangat berpengaruh pada kinerja dan masa umur Mesin Laser Cutting Engraving.

 

Mau tau proses mesin laser cutting ke kain? Cek videonya berikut!

 

Keempat, berikan oli pelumas secara rutin di bagian rel pergerakan kepala mesin laser cutting untuk menjaga pergerakan supaya tetap halus.

 

Kelima, bersihkan secara berkala di bagian Lensa Mesin Laser Cutting Engraving, yaitu di 2 Lensa Pantul dan 1 Lensa Fokus yang berfungsi untuk media pemantulan sinar laser dari tabung laser menuju material, supaya sinar laser senantiasa fokus dan efektif dalam pengoperasiannya. Pembersihan lensa fokus bisa menggunakan cotton bud yang dibasahi dengan alkohol , digosok dengan lembut.

 

Keenam, bersihkan area meja Mesin Laser Cutting Engraving secara Rutin, bisa menggunakan blower atau vacuum atau kuas sapu. Kebersihan mesin selain membuat area kerja menjadi bersih dan nyaman , juga membantu menjaga sisa kotoran menempel di Part Mesin Laser Cutting Engraving.

 

Ketujuh, disarankan menggunakan cairan Coolant Radiator untuk Chiller pendingin mesin, dan dicek secara berkala tiap 3-6 bulan, apabila cairan sudah berkurang dalam batas minimal, segera ditambah atau kalau sudah sekitar 1-2 tahun bisa diganti cairan nya dengan cairan baru.

 

Nah, itulah 7 hal yang harus anda perhatikan agar mesin laser cutting anda tetap dalam keadaan aman dan prima. Meskipun terlihat sepele, namun hal diatas merupakan hal yang wajib anda lakukan untuk meminimalisir kerusakan terhadap mesin laser cutting yang anda miliki. Semakin baik perawatannya, maka akan semakin lama pula mesin laser cutting awetnya.

Apabila sahabat mau konsultasi gratis mengenai usaha dan mesin-mesin usaha penunjang lainnya, bisa langsung hubungi deprintz ya. Bersama Deprintz, Buat Usaha Jadi Mudah!

Related Post