Dalam dunia printing, teknik sablon yang dapat diaplikasikan di bahan tekstil sangatlah beragam. Mulai dari teknik yang dilakukan secara manual dan juga digital. Teknik sablon yang sudah dibahas sebelumnya salah satunya adalah sablon foam yang merupakan sablon manual untuk hasil timbul pada permukaan kainnya.

Sablon foam dalam dunia printing merupakan sablon yang cukup diminati, karena tampilah akhir yang membuat hasil dari sablon sendiri terlihat lebih unik dan menarik. Setiap teknik tentu kelebihan dan kekurangan masing-masing, begitu pula dengan teknik sablon foam ini. Adapaun kelebihan dan kekurangannya yakni sebagai berikut!

 

Kelebihan

  • Dapat menghasilkan efek timbul pada hasil akhirnya seperti busa sehingga terlihat lebih unik
  • Bagi anda yang sayang anak, teknik ini sangat cocok digunakan untuk membuat kaos anak karena hasilnya yang menimbulkan makna keceriaan
  • Sablon ini dapat diaplikasikan pada kain berbahan dasar cotton.

 

Kelebihan

  • Warna-warna yang dihasilkan hanya bisa warna solid atau warna dasar saja. Sehingga tidak bisa warna-warni dan terang.
  • Selain hanya bisa di warna solid dan warna dasar, warna yang dihasilkan kurang tajam dan pekat.
  • Kurang cocok digunakan pada bahan kaos yang berbahan dasar polyester, seperti bahan PE, spandex, TC dan bahan kaos yang sejenis.
  • Cenderung susah digabungkan dengan sablon. Dan sayangnya, sablon ini tidak awet karna hanya mampu bertahan hingga delapan sampai sepuluh kali pencucian.

 

Untuk meminimalisir kekurangan pada sablon foam ini, maka anda butuh merawat sablon foam ini agar tetap dalam kondisi baik. Adapun cara merawat pada sablon foam sebagai berikut!

  • Jangan menyetrika langsung pada sablon foamnya, anda bisa menyetrika di belakang kaosnya.
  • Selain menyetrika, jangan mencuci langsung pada sablon kainnya. Lebih baik ditekan terlalu lama karna dapat membuat sablon foamnya kempes atau rusak.

 

Nah, itulah kelebihan dan kekurangan serta cara merawat pada sablon foam yang perlu anda ketahui. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangannya, anda akan dengan mudah membandingkan engan sablon yang lain. Jika dilihat dari segi fungsi, sablon foam ini tidak cocok untuk bisnis dalam skala besar karena prosesnya dilakukan secara manual. Namun, jika untuk bisnis custom kaos cara ini bisa anda lakukan di rumah.

Bagi sahabat yang ingin usaha sablon namun gamau ribet, anda bisa menggunakan sablon digital dengan memanfaatkan berbagai macam mesin digital yang modern. Deprintz, Buat Usaha Jadi Mudah!

Share

Related Post