Untuk membuat sablon pada kaos, tentu saja anda perlu memahami mengenai tinta yang akan digunakan. Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya, memilih tinta merupakan hal yang sangat penting untuk menentukan kualitas hasil yang akan didapat. Oleh karena itu, anda harus bisa memilih jenis tinta mana yang cocok untuk kaos yang ingin anda sablon.

Oleh karena itu, berikut beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk memilih tinta sablon yang tepat!

 

  1. Kaos Distro

Kaos distro dikategorikan sebagai kaos yang berbeda dari kaos biasa. Ciri khas kaos distro dianataranya adalah :

    • Kaos distro merupakan kaos yang jarang digunakan oleh orang atau biasa disebut limitied edition
    • Kaos distro sifatnya lebih idealis
    • Genre kaos distro sudah banyak di Indonesia, diantaranya yakni genre typografi, vintage, logo, font, dan music.
    • Kaos distro memiliki kualitas yang bagus dan sangat nyaman digunakan untuk sehari-hari di berbagai kesempatan
    • Bahan kaos distro yang biasa dipakai untuk sablon adalah cotton sombed 30s dan 40s, cotton slub, tri-blends, cotton spandex dan lain-lain
    • Sangat awet meskipun sudah dicuci berkali-kali
    • Jahitannya rapid an sangat kuat

Untuk jenis tinta sbalon yang coock digunakan pada kaos distro sangatlah beragam. Namun beberapa tinta yang sangat menonjol dan sering digunakan adalah tinta special efek discharge, superwhite, flocking, foil, plastisol, burn out, rubber, glitter crack dan masih banyak lainnya.

 

  1. Kaos Kelas

Kaos kelas biasanya digunakan untuk kenang-kenangan sekolah, study banding atau event sekolah. Untuk membuat kaos kelas, anda dapat memilih jenis tinta dan kaosnya sesuai dengan anggaran yang didapat. Biasanya, bahan yang sering digunakan kaos kelas yakni cotton combed 24s. untuk tinta yang digunakan bisa menggunakan cat sablon plastisol yang dikenal tahan lama dan awet di berbagai kondisi.

Selain menggunakan tinta plastisol, anda bisa menggunakan tinta rubber, tergantung biaya yang dikumpulkan. Acuan ini bukan dilihat dari kualitas, namun pada biaya yang didapat. Jika ingin mendapatkan kaos kelas yang berkualitas baik, anda bisa menggunakan kaos yang biasa dipakai di distro yakni kaos cotton combed 30s.

 

  1. Kaos Gathering

Kaos gathering biasa dipakai untuk acara perusahaan, kantor, komunitas maupun organisasi. Biasanya kaos gathering digunakan untuk tujuan menjalin kekompakan dan seragam. Biasanya kaos yang dipakai untuk disablon adalah cotton combed 24s dan 20s, cotton mix serta cotton carded yang memiliki karakteristik adem dan nyaman.

Untuk mendapatkan kaos gathering yang keren dan menarik, alangkah baiknya memperhatikan cara pembuatannya untuk mendapatkan hasil yang bagus. Anda bisa gunakan jenis tinta rubber dan plastisol.

 

  1. Kaos Alumni

Kaos alumni biasanya digunakan untuk alumni sekolah atau kampus. Untuk membuat kaos alumni yang bagus dan berkualitas baik, anda bisa menggunakan cotton combed 24s dan 20s, cotton mix dan cotton corded. Kaos ini hampir sama dengan kaos kelas, yakni bisa menggunakan tinta plastisol, jika ingin yang lebih murah bisa menggunakan tinta rubber.

 

  1. Kaos Club Motor

Kaos ini biasa digunakan untuk touring. Saat touring, tentu yang dicari adalah kenyamanan dan bahan yang adem serta tidak panas. Anda bisa menggunakan kaos yang memiliki komposisi katun yang lebih banyak, serta untuk jenis tintanya anda bisa menggunakan tinta plastisol HD yang hasilnya terkenal sangat elegan dan bagus.

 

Begitulah pembahasan mengenai tips memilih tinta sablon sesuai dengan kaos yang ingin digunakan. Namun, jika anda ingin membuat sablon yang berkualitas baik, anda bisa melihat beberapa acuan dan ciri-ciri berikut ini agar hasil yang anda lakukan itu sukses. Apalagi anda yang ingin usaha dalam jumlah banyak, tentu karakteristik sablon yang baik harus anda pahami, diantaranya yakni sebagai berikut !

 

  • Sablon dengan hasil yang bagus tidak akan mudah luntur
  • Sablon tidak terlalu tebal tapi kuat
  • Sablon tidak meninggalkan serat atau permukaan halus
  • Sablon tidak gampang terkelupas
  • Sablon tidak meninggalkan bekas pada permukaan kaos
  • Hasil gambar sablon yang dicetak terlihat nyata dan jelas

 

Nah, itulah beberapa ciri khas sablon dengan karakteristik yang baik dan sukses. Oleh karena itu, pastikan hasil sablonan anda sesuai dengan karakteristik diatas ya sahabat. Semoga artikel ini bermanfaat!

Share

Related Post