Usaha sablon kaos digital merupakan peluang usaha yang tidak ada matinta. Banyak pengusaha yang memulai usahanya dengan sablon kaos karena dianggap mudah dan cepat balik modal. Sablon kaos memiliki beberapa teknik atau metode yang berbeda-beda. Teknik tersebut berpengaruh terhadap hasil dan fungsinya. Namun, banyak para pemula bisnis yang masih bingung metode apa yang cocok digunakan untuk memulai sebuah bisnis.

Dalam usaha sablon kaos, ada 4 teknik atau metode sablon kaos digital yang isa anda gunakan. Metode-metode itu paling populer digunakan oleh para pelaku bisnis sablon kaos digital. Berikut ini penjelasan metode sablon kaos digital yang bisa anda gunakan.

 

Sablon kaos dengan Teknik DTG

Sablon kaos DTG atau direct to garment merupakan sablon kaos yang disablon secara langsung pada kaos atau kain dengan cara mentransfer tinta khusus dtg. Printer DTG ini hampir sama dengan printer biasa, jika printer biasa cetak tinta ke dalam kertas namun bedanya printer ini merupakan printer sablon kaos yang dicetak langsung pada media kain. Cara kerja metode ini pun sangat mudah, hanya dengan mendesain gambar sesuai yang diinginkan melalui software atau aplikasi di komputer lalu di send untuk dicetak ke media kaos. Untuk menyablon kaos dengan metode ini adalah menggunakan mesin DTG, komputer dan mesin hot press.

 

Sablon kaos dengan metode Sublimasi

Metode yang kedua adalah metode sablon kaos sublimasi. Sablon sublimasi ini memiliki cara kerja dengan cara mendesain gambar lalu dicetak terlebih dahulu ke kertas transfer paper. Setelah dicetak di kertas transfer paper, kemudia transfer paper yang sudah ada desainnya itu di press di media kaos yang ingin disablon. Selain menggunakan cara heat press, anda juga bisa menggunakan cara rolling dengan cara kerja kertas transfer papernya yang sudah didesain dirolling dengan suhu minimum 200 derajat celcius di atas bahan yang mau disublim.  Namun dalam prosesnya, cara rolling lebih cepat jika dibndingkan heat press. Selain itu, jika metode heat press memiliki dimensi gambar terbatas yang tersedia diabndingkan rolling.

Mesin yang dibutuhkan untuk metode ini adalah mesin sublime, komputer dan heat press/rolling. Perlu digarisbawahi untuk teknik sublimasi hanya bisa diaplikasikan di bahan polyester untuk hasil yang tajam, teknik sublimasi tidak cocok jika digunakan untuk bahan cotton. Selain itu, proses sublimasi hanya bisa digunakan di bahan dasar utih atau “light color”.

 

Sablon kaos dengan metode Cutting

Metode sablon yang ketiga adalah metode sablon kaos flock yang bisa menghasilkan efek timbul apda hasil akhirnya. Jika dibandingkan mesin yang lain yang menggunakan printer, mesin ini menggunakan mesin pemotong seperti plotter atau mesin cutting sticker baru kemudian di press menggunakan mesin heat press. Sablon ini identic dengan menutupi pori-pori pada kaos. Jadi, pada dasarnya cara menggunakan mesin ini adalah pertama meng cutting bahan (polyflex) yang sudah didesain kemudian diletakkan di atas media kaos lalu dipress menggunakan mesin heat press. Untuk menggunakan metode ini harus menggunakan mesin cutting sticker dan mesin hot press.

 

Ini dia metode sablon kaos dengan metode cutting!

Sablon kaos dengan metode transfer paper

Metode yang terakhir adalah sablon kaos dengan  metode transfer paper. Proses metode ini dengan mencetak gambar, desain logo atau tulisan trlebih dahulu menggunakan printer kertas yang menggunakan kertas khusus (transfer paper). Lalu kemudian ditransfer pada kaos menggunakan mesin pemanas (heat press).

Metode transfer paper ini memiliki 2 jenis yakni transfer paper untuk kaos berwarna putih atau warna terang yang biasa disebut dengan transfer paper standard atau light. Sedangkan untuk transfer paper untuk kaos warna hitam adalah transfer paper dark.

 

Nah, itulah 4 metode terpopuler yang biasa digunakan untuk mencetak sablon kaos secara digital. Anda bisa pilih metode apa saja untuk melakukan proses sablon kaos digital, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan anda saja. Jika anda masih bingung dan ingin konsultasi mengenai mesin sablon kaos yang paling populer atau mau konsultasi bisnis sablon kaos untuk pemula bisa hubungi deprintz ya. Deprintz, Buat Usaha Jadi Mudah!

Share Artikel ini

Related Post