Ketika kita berbicara persaingan, maka kita akan berbicara tentang kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, ketika kita berbicara tentang kekurangan hati-hati loh, sekarang ada undang-undang mengenai body shaming atau yang disebut mengkritik kekurangan orang lain. But, kita gak ngomongin kekurangan orang lain kok. Ini tentang mesin, sah-sah aja kan untuk memilih sebuah mesin berkualitas kita perlu mengetahui baik kekurangan atau kelebihannya.

Kali ini, mimin mau bahas tentang mesin CNC Router yang memiliki 2 macam yaitu mesin CNC Router OMNI 6060 dan CNC Router OMNI 1212. Lantas, dari dua itu mana yaaaa yang lebih bagus? Apakah yang lebih mahal lebih bagus atau yang murah bisa lebih bagus? Hehehe, gausah terlalu dipikirin. Mending baca aja nih ulasan mimin biar paham diantara dua mesin CNC ini mana yang lebih bagus. Dua mesin ini di Brand yang sama yaitu OMNI atau lengkapnya Omnitech China.

Mesin CNC Router OMNI 6060

Foto Teknisi Deprinz menggunakan Mesin OMNI 6060

Mesin CNC merk ini mempunyai ukuran yang kecil yakni area kerja maksimal 60 x 40 cm dan memiliki spindle power motor sebesar 1500 Watt. Mesin CNC OMNI 6060 memiliki meja yang bisa bergerak (Moving table). Dengan ukuran, daya spindle motor serta ada meja sehingga mesin ini mampu melakukan pekerjaan seperti halnya mesin CNC besar lainnya.

Mesin ini bisa untuk memotong dan mengukir bahan material seperti kayu, triplek, PVC, Mdf, plastic, akrilik dan lain lain. Mesin ni juga mampu memotong dan menggrafir secara otomatis karena menggunakan computer otomatis. Mesin ini juga dapat mengukir/relief 3 dimensi karena memiliki motor penggerak 3 Axis (X,Y,Z) sehingga dapat memahat dengan kedalaman yang beragam dengan hasil yang sangat bagus.

Mesin CNC Router OMNI 1212

Foto MEsin CNC Router OMNI 1212

Mesin CNC merk ini mempunyai ukuran yang lumayan besar yaitu area kerja maksimal 120 x 120 cm. Spindle motor mesin ini juga sama dengan OMNI 6060 yakni 1500 Watt. Dengan spesifikasi segitu membuat mesin ini mampu melakukan pekerjaan berat namun dengan waktu yang cepat.

Mesin ini juga sama dengan mesin OMNI 6060, yaitu dapat mengukir bahan yang sama, dapat mengukir relief 3 dimensi dan memiiki motor penggerak 3 Axis (X,Y,Z) sehingga dapat menghasilkan produk yang bagus dan sempurna.

Tapi, perbedaan mesin ini dibandingkan OMNI 6060 sebanyak kurang lebih 25 juta lebih mahal harganya. Padahal, jika dilihat yang berbeda hanyalah area kerja nya saja. Hehe 😀

 

Oke well, kalau udah tau perbedaannya dikedua mesin kira-kira kamu pilih yang mana nih sahabat deprintz? Tinggal kamu butuh area kerja seberapa besar aja sih ya hihi ^^

Semoga pembahasan mimin ini bermanfaat buat kamu yang lagi galau pilih diantara kedua mesin ini! 😀

Share

Related Post