Seperti ‘sayur tanpa garam’ begitulah kira-kira peribahasa yang cocok untuk sesuatu hal yang berkaitan jika berjauhan. Layaknya romeo tanpa julietnya, hampa terasa. Eaaaaa…. Wkwkwk

Sama halnya dengan mesin CNC yang memiliki mata bor sebagi pelengkap. Jika tidak ada mata bor maka mesin CNC pun tidak bisa berfungsi. Dan tahukah kamu kalau mata bor itu banyak macam loh, tiap bentuk fungsinya juga berbeda. Dari bentuk yang begini sampai yang begitu. Begini begitu dudududu 😀

Mata bor berfungsi memotong bahan material yang ingin kita hilangkan atau ingin kita bentuk. So, apa aja nih macamnya mata bor. Mata bor itu banyak macamnya, diantaranya :

Twist Bits

Mata bor jenis ini adalah mata bor yang paling banyak digunakan karena dapat membuat lubang pada kayu, plastic maupun logam. Mata bor ini biasanya digunakan pada mesin bor tangan dan mesin bor dudu, baik secara vertikal ataupun horizontal.

Masonry Bits

Mata bor Masonry Bits ini terdapat mata pisau diujungnya yang biasanya digunakan untuk melubangi tembok, beton dan beton. Bahan dari mata bor ini karakteristiknya keras, jadi penggunaannya selain berputar tapi bisa untuk memukul.

Spur Bits

Mata bor ini sering disebut dengan mata bor kayu. Bagian ujung mata bor ini terdapat bor runcing yang berfungsi untuk menjaga mata bor agar tetap lurus sehingg alubangnya berbentuk presisi dan pada bagian kelilingnya terdapat pisau penggaris.

Countersink Bits

Mata bor ini digunakan untu melubangi kayu dengan kepala skrup agar permukaan samarata. Ujung mata bor ini bersudut 90 derajat fungsinya untuk melubangi permukaan kayu 45 derajat.

Forster Bits

Mata bor ini biasanya digunakan untuk melubangi engsel sendok. Mata bor ini sebaiknya digunakan untuk mata bor duduk karna jika pada mata bor tangan maka akan sangat sulit mengendalikan kestabilan posisi mata bor dan lubang yang dihasilkan kurang berkualitas.

Hole Saw Bits

Mata bor ini seperti mata bor gergaji yang diameternya sekitar 25 – 60 mm dapat diatur sesuai kebutuhan, maka dari itu mata bor ini sering disebut gergaji lubang.

Mata Bor Metal Standar

Mata bor ini digunakan untuk mengebor plat besi, kuningan, aluminium dan akrilik. Jenis mata bor ini ada 2 dipasaran yaitu High Sped Steel (HSS) dan High Speed Steel Cobalt (HSS-Co) dimana HSS-Co lebih keras dari HSS, maka dari itu HSS-Co lebih mahal karena awet.

Auger Bit

Mata bor ini untuk mengebor aneka jenis kayu atau materil lunak lainnya dengan bentuk ulir tunggal atausingle fluit yang fungsinya untuk mengebor putaran rendah. Namun, diameter mata bor ini lebih besar dibandingkan dengan mata bor biasa.

Flat Bit

Mata bor ini berbentuk pipih rata (flat) yang bisa dioperasikan dengan bor tangan manual dengan putaran mesin sangat rendah.

Well, gimana sahabat deprintz? Udah tau kan sekarang macam-macam mata bor CNC. Banyak ya ternyata, eits itu belum semua loh. Penjelasan diatas hanya sebagian mata bor yang sering digunakan.

Semoga penjelasan macam-macam mata bor dapat membantu kamu lebih paham ya bahwa CNC bisa digunakan untuk berbagai macam material sesuai dengan mata bor nya juga. Jadi lengkap deh mereka berdua. Seperti romeo dan Juliet yang selalu bersama ihihi ^_^

Share

Related Post

Segera Dapatkan Info Terbaru dari Kami

Gak Pake Lama, Input Email Anda Disini!

You have Successfully Subscribed!