DIGITAL PRINTING, adalah sebuah Metode Percetakan dari gambar berbasis digital berupa File, kemudian bisa langsung dicetak di berbagai media dengan cara yang instan dan cepat. Digital Printing merupakan Hasil Inovasi Perkembangan dari Metode Percetakan konvensional yang muncul di era digital seiring dengan kemajuan teknologi dunia.

Umumnya Digital Printing memiliki biaya produksi yang lebih tinggi untuk per satuan nya dibanding Metode Cetak konvensional seperti Percetakan Offset, dan Sablon / Screen Printing. Akan tetapi, Teknik digital printing ini memiliki Kelebihan yang tidak dimiliki oleh Metode Percetakan offset maupun sablon, yaitu tidak memerlukan proses pra cetak seperti pembuatan film, plat cetak (Offset) , afdruk screen (Sablon).

Proses yang dilalui digital printing sangat ringkas, sehingga banyak kalangan yang menggunakannya untuk proses pengerjaan cetak dengan skala kecil dan dapat mencetak dalam waktu yang sangat cepat.

 

Untuk lebih mudahnya, saya Jelaskan Alur Proses Kerja antara Offset Printing, Screen Printing (Sablon) dan Digital Printing yaitu :

  • Offset Printing : File Gambar >† Film / CTP (Computer to Plate) / Plate† Mesin >† Media
  • Screen Printing : File Gambar >† Film / Kalkir >† Screen † Media
  • Digital Printing : File Gambar †> Mesin >† Media

 

Dari pernyataan diatas, dapat saya berika ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan yang ada pada digital printing. dimulai dengan membahas mengenai kelebihan digital printing terlebih dulu.

 

Kelebihan Digital Printing :

  • Waktu Produksi Jauh Lebih Cepat
  • Bisa Mencetak / Print jumlah sesuai keinginan ( Print On Demand ), tanpa harus ada Minimal Order, bahkan untuk mencetak dalam satuan.
  • Proses Produksi Mencetak lebih Ringkas, dan Hasil Cetak / Print bisa langsung kelihatan.
  • Tenaga Kerja yang lebih sedikit karena Proses Produksi yang lebih sedikit.
  • Proses Kerja yang tidak Rumit, sehingga mudah dilakukan meski oleh Pemula dalam Bisnis Digital Printing.

 

Kekurangan Bisnis Digital Printing :

  • Dalam Hitungan Satuan Cost Produksi lebih tinggi dibanding Percetakan Offset / Sablon.
  • Alur Kerja yang cukup Mudah, Ringkas dan Sederhana membuat banyak Pelaku Usaha yang melirik Bisnis Digital Printing ini sehingga memunculkan Persaingan yang cukup tinggi di Bidang ini.

 

Jenis Jenis Digital Printing berdasarkan Mesin yang ada :

  • Large Format Digital Printing , menggunakan Mesin Printer yang memiliki ukuran besar, untuk mencetak / print banner, spanduk, umbul umbul, baliho, billboard, neon box, sticker vinyl, sticker one way, canvas, kain, dll.
  • Digital Offset Printing, merupakan Mesin Printer Digital yang bisa mencetak / print di kertas HVS, Art Paper, Matte Paper, Fancy, Duplek, Ivory, dll. Merupakan Solusi terbaik mencetak jumlah satuan / sedikit yang tidak bisa dijangkau oleh Mesin Percetakan Offset.
  • Screen Digital Printing / Sablon Digital untuk Kaos, merupakan Mesin Sablon Kaos Digital yang bisa langsung Mencetak di Kain Kaos tersebut dan hasil nya lebih Bagus dibanding Sablon Konvensional.
  • Mug / Keramik Printing, Mesin Print untuk Gelas Mug, Keramik, yang menghasilkan Cetakan Gambar di Media Mug dan Keramik.dan Masih banyak Lagi Jenis Digital Printing yang ada untuk terus dikembangkan Variasi dan kegunaannya seiring dengan Perkembangan dunia Digital Printing.

 

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa bisnis digital printing digunakan untuk melayani kebutuhan pasar industri percetakan yang selama ini ditunggu-tunggu oleh para pengguna. seperti yang diketahui bahwa digitatal printing menjawab kekurangan dari mesin cetak offset konvensional atau sablon.

Digital printing merupakan solusi terbaik bagi anda yang menginginkan percetakan yang variatif dengan mencetak dalam jumlah yang banyak namun waktu yang cepat. Digital printing cocok digunakan untuk anda yang ingin berbisnis di dunia percetakan ataupun printing karena bisnis ini memiliki kebutuhan yang sangat disukai para pebisnis di dunia. Lantas, berminatkah anda memulai bisnis digital printing ?

Share

Related Post

Segera Dapatkan Info Terbaru dari Kami

Gak Pake Lama, Input Email Anda Disini!

You have Successfully Subscribed!