Siapa sih yang gak kenal dengan Perusahaan EPSON? Tentu brand satu ini sudah sangat terkenal. Nah, Epson merupakan Perusahaan pengembangan dunia teknologi canggih sejak tahun 1993 silam hingga saat ini namanya masih sangat tenar di kancah nasional maupun internasional. Nah teknologi utama yang membuat Epson sangat disukai adalah printheadnya.

Jika berbicara soal printhead, maka anda akan berpikir prihal otaknya setiap mesin. Printhead merupakan bagian penting dari setiap printer dimana menjadi satu bagian dari cartridge, terletak di bawah cartridge tepatnya. Printhead itu disebut juga sebagai head cartridge yang terhubung dalam satu chips serta terkoneksi dalam satu rangkaian pada perangkat printer sehingga dapat membaa karakter yang mau dicetak pada sebuah kertas, baik berupa kertas atau gambar.

 

Apa sih fungsi print head pada printer?

Printhead merupakan peranan penting pada printer karena erfungsi sebagai perangkat untuk menggoreskan tinta pada kertas saat proses printing berlangsung. Jadi, secara gamblangnya mesin ini merupakan bagian printer yang befungsi sebagai tempat keluarnya tinta sebelum sampao pada kertas cetak. Sehingga di dalam kertas tercetak tulisan atau gambar sesuai dengan desain atau dokumen yang sedang dicetak.

 

  1. Apa itu print head Micro Piezo?

“Micro Piezo” adalah teknologi proprietary piezoelectric yang digunakan di print head semua printer inkjet Epson yang telah membuat mereka terkenal untuk hasil output yang berkualitas tinggi dan kehandalannya, serta biaya operasional yang rendah.

Epson merupakan satu-satunya Perusahaan yang menggunakan printhead piezoelectric pada seluruh perangkat cetak inkjetnya mulai dari printer foto personal terkecil sampai dengan system insustri terbesar sejak diperkenalkan pada tahun 1993 sampai dengan saat ini.

Micro piezo thin film piezo dikembangkan untuk printer large format Epson yag memiliki performa dan daya tahan tinggi pada setiap warna dengan 360 micro-fine nozzles. Print head ini memberikan dot(titik) yang sangat sempurna tanpa ada gerimis. Teknologi pada printh head ini menggunakan variable-sized Droplet Technology (VSDT) yang berfungsi untuk memproduksi butiran tinta dalam berbagai ukuran sampai sekecil 3,5 pico-liters (PL) yang mampu menghemat waktu saat mencetak dan mengoptimalkan kulitasnya.

 

Cara kerja micro piezo

Print head ini bekerja dengan cara menggunakan bahan piezoelectric yang melengkung ketika muatan listrik yang dilewatkan melalui dan berfungsi untuk mendorong tinta keluar dari print nozzle.

Menggunakan teknologi piezoelektrik, jumlah tinta yang ditarik masuk dan didorong keluar dari nozel dapat diatur dengan sangat akurat dengan memvariasikan muatan listrik yang diberikan kepada elemen piezoelektrik. Hal ini memungkinkan print head untuk mengeluarkan tetesan tinta dalam berbagai ukuran tepat sesual dengan pengaturan.

 

  1. Epson LUT (Look Up Table) Technology

Teknologi kedua adalah LUT. Nah LUT sendiri merupakan singkatan dari Look Up Table technology merupakan komponen pada software yang berfungsi untuk menghitung dan mengoptimalkan kombinasi warna untuk memberikan tonal dan warna terbaik pada hasil cetak dalam Large Format Printer Epson.

Dengan teknologi LUT inilah yang membuat hasil cetak printer format besar Epson menampilkan gradasi yang halus, butiran tampak berkurang, dan warna tidak dapat berubah sehingga membuat hasil cetakan menjadi lebih lebih indah dan gambar bernefinisi tinggi.

 

  1. Media Epson Large Format

Media pada Epson large format adalah memiliki kualitas yang tinggi, diantaranya adalah sebagai berikut!

 

Glossy Photo Paper Roll (Gulungan kertas photo glossy)

Media yang pertama adalah gulungan kertas photo glossy dengan ukuran 24” dan 44” dengan kapasitas sesuai yang menawarkan kualitas tinggi yang membuat hasil glossy yang sempurna, sangat ideal untuk pekerjaan percetakan yang menginginkan atau menuntut kualitas yang tinggi.

 

Proofing Paper Roll (Pemeriksaan gulungan kertas)

Media yang kedua adalah Media Proofing / Proofing Paper dirancang untuk penggunaan pra-pers. Untuk brosur, poster, dan aplikasi desain lainnya sebelum dikirim ke produksi. Pemeriksaan pada gulungan kertas dengan ukuran 24” dan 44” dimana sangat baik untuk comping atau pra-pers. Fitur ini menawarkan level tertinggi terhadap kualitas gambar, stabilitas warna dan keakuratannya. Jenis paper pada media ini terdiri dari :

  • Standard Proofing Paper Adhesive
  • Standard Proofing Paper
  • Proofing Paper Commercial
  • Proofing Paper Publication
  • Proofing paper White SemiMatte

 

Nah, itulah 3 fitur tercanggih dari Epson yang tidak dimiliki oleh Perusahaan lain. Karena 3 fitur di atas, Epson menjadi salah satu Perusahaan yang sangat diminati oleh banyak kalangan.Tak heran jika Epson menjadi pilihan masyarakat karena memang sudah terbukti kualitasnya. Nah, itulah kelebihan dari perusahaan Epson yang harus anda tau. Jika ada pertanyaan lebih lanjut bisa hubungi deprintz ya. Deprintz, Buat Usaha Jadi Mudah!

Related Post