Jika anda seorang yang ingin menjadi pengusaha kaos, tentunya anda harus mengenal terlebih dahulu mengenai printer kaos DTG. Seperti yang sudah dijelaskan di artikel sebelumnya mengenai pengertian printer DTG secara terperinci dan jelas. Setiap teknik sablon memiliki kelebihan dan kekurangan dalam hal kualitasnya. Untuk itu, berikut kelebihan dan kekurangan sablon digital menggunakan printer DTG yang perlu anda ketahui yakni sebagai berikut!

 

Kelebihan

Sesuai dengan namanya yakni DTG singkatan dari Direct to garment yang berarti dapat mencetak gambar atau tulisan langsung ke kaos dengan resolusi hasil gambar yang tinggi. Artinya, printer ini dapat menghemat waktu dan biaya sehingga membantu anda jika ingin memulai sebuah usaha. VAdapun kelebihannya adalah sebagai berikut!

 

  • Hasil cetak yang sangat bagus

Hasil cetak sablon kaos dapat merata dan tajam serta memiliki resolusi tinggi sehingga kualitas sablon menggunakan printer DTG pun sangatlah bagus. Dibandingkan dengan manual, yang seringkali warna sablonnya berubah ketika sudah diaplikasikan ke dalam kaos. Selain itu, hasil cetak dari printer DTG halus dan gampang meresap ehingga tahan lama dan awet. Kaos yang sudah diasblon pun dapat dicuci berkali-kali tanpa khawatir gambarnya akan hilang atau luntur.

 

  • Tanpa membutuhkan transfer paper

Transfer paper merupakan kertas khusus yang digunakan untuk mencetal gambar yang akan di sablon dengan di press ke kaos menggunakan bantuan mesin hot press.cara ini terlihat mudah, akan tetapi yang menjadi kendala adalah harga kertas transfer paper yang cukup mahal, sehingga anda membutuhkan biaya tambahan dalam proses sablon. Dengan printer DTG, anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan tersebut karena printer DTG langsung di cetak ke dalam kaos menggunakan tinta DTG. Jadi, anda akan lebih hemat.

 

  • Dapat Cetak Kaos Langsung

Kerennya, printer DTG dapat mencetak kaos pada kain cotton 100 %. Sehingga, dibandingkan dengan sablon manual hasilnya akan sangat bagus dan memuaskan.

 

  • Dapat menerima order tanpa batasan warna

Karena printer DTG dapat menghemat biaya dan waktu, jadi anda dapat menerima order tanpa batasan warna desain. Desain yang anda buatpun dapat dilakukan sesuka hati karena printer DTG dioperasikan oleh computer yakni software yang diinstal seperti corel draw dan lain-lain. Sehingga, anda dapat memilih desain sesuai yang anda inginkan tanpa batasan.

 

 

Kelemahan

Jika sebelumnya di atas sudah dibahas mengenai kelebihan printer DTG, tentu adapula kelemahan yang dimiliki. Berikut beberapa kelemahan yang dimiliki priner DTG untuk anda ketahui.

 

  • Tidak cocok untuk produksi massal

Printer DTG dapat mencetak dengan kecepatan yang baik dalam 1 kaos, namun jika untuk produksi massal printer DTG tidak direkomendasikan. Dengan menggunakan printer DTG, anda akan membuang banyak waktu karna proses dilakukan satu per satu.

 

  • Bahan kain yang terbatas

Bahan kain tidak semuanya cocok menggunakan printer DTG. Beberapa kain cocok seperti kain katun, namun beberapa jenis kain terkadang tidak cocok. Cocok atau tidaknya tergantung tipe printer DTG itu sendiri. Jadi, anda harus berhati-hati ketika ingin mencetak kaos dengan bahan selain katun, karna belum tentu bahan yang anda cetak itu cocok.

 

  • Rawan Bermasalah

Printer DTG sebenarnya adalah printer modifikasi, sehingga printer DTG sering kali bermasalah. Jadi, bagi anda yang ingin menggunakan printer ini harus benar-benar merawatnya sepenuh hati agar tidak terjadi masalah. Karena, ketika sudah terjadi masalah printer ini akan sulit diperbaiki. Sebelum membeli printer DTG sebaiknya anda berhati-hati terlebih dulu, apalagi bagi anda yang kurang cekatan dalam merawat sebuah barang.

 

Begitulah kelebihan dan kekurangan yang dimiliki printer DTG, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang ingin memulai sebuah bisnis sablon. Sebelum membeli, perhatikan kelebihan dan kelemahannya terlebih dahulu ya sahabat!

Share

Related Post