Setiap pebisnis pasti pernah mengalami yang namanya kegagalan. Namun, kegagalan itu bukan berarti membuat anda menjadi pesimis dan down. Justru, dari kegagalan itu anda bisa belajar banyak hal, mulai dari kesabaran dan ketekunan. Kegagalan merupakan awal dari kesuksesan, itu kata-kata yang sering terdengar. Namun, untuk mengatasi kegagalan itu bukanlah hal yang mudah, hanya saja butuh cara menetralisir kegalauan karena gagalnya suatu bisnis tersebut. Terutama bagi pebisnis pemula yang lagi menggebu-gebunya dalam berbisnis. Lantas, bagaimana cara menghadapi kegagalan itu? Berikut ulasannya.

 

  1. Berpikir positif

Berpikir positif akan menghasilkan sesuatu yang positif pula. Berpikir positif merupakan mindset utama untuk menghadapi setiap kegagalan yang anda terima. Dalam berbisnis, anda dilarang untuk berpikiran yang negatif karna pikiran yang negative akan membuat anda terperosok untuk menyalahkan diri sendiri karena kesalahan yang membuat bisnis itu gagal. Jika ini terus berlangsung, maka hal ini akan membuat anda semakin stress.

 

  1. Mengakui kesalahan dan terima kegagalan

Dengan anda mengakui kesalahan dan menerima kegagalan, maka perasaan anda menjadi lebih tenang. Ketika anda bisa mengakui kesalahan dan menerima setiap kegagalan, itu artinya anda meyakini bahwa anda hanyalah seorang manusia biasa yang bisa melakukan kesalahan, bisa dikatakan trial dan error. Dengan sikap seperti ini, anda akan lebih memahami sikap tersebut sepenuh hati tanpa harus merasa bahwa semua kesalahan itu datangnya dari kesalahan anda.

 

  1. Telusuri Penyebab Kegagalan

Ada asap karena ada api, peribahasa yang coco untuk poin nomor tiga ini. Setiap kegagalan yang terjadi biasanya dilandari dari berbagai aspek. Aspek inilah yang harus anda telusuri, mengapa kegagalan itu bisa terjadi. Dengan mengetahui kegagalan yang terjadi, maka anda akan memahami letak kesalahan mana yang membuat bisnis anda menjadi gagal.

Ada beberaa factor yang menyebabkan terjadinya sebuah kegagalan, bisa lewat factor internal dan eksternal. Factor internal terjadi karena kesalahan perusahaan, sedangkan factor eksternal merupakan factor yang terjadi di luar kendali perusahaan. Agar mudah mengevaluasi, anda memerlukan list sebab akibat dari kegagalan yang terjadi menurut skala prioritas, sehingga ketika kegagalan dengan hal yang sama terjadi anda akan dengan mudah menyelesaikannya.

 

  1. Selesaikan masalah yang terjadi

Setelah anda tau list kesalahan dari kegagalan sebelumnya, maka anda diwajibkan untuk menyelesaikannya menurut skala prioritas. Dengan skala prioritas, tentu anda akan lebih mudah menyelesaikan step by step kesalahan yang terjadi. sehingga, masalah cepat teratasi anda bisa memulai bisnis baru atau memperbaiki yang lama dengan kualitas yang lebih baik lagi.

 

  1. Mencari peluang

Ada dua peluang yang bisa anda lakukan dalam hal ini, yakni peluang memperbaiki dan menyelesaikan masalah atau mencari peluang baru untuk mendapatkan hal yang lebih menguntungkan di depan. anda harus benar-benar membuka mata hati dan dunia, bahwa dunia tidak sesempit itu, jadi, selagi ada kesempatan untuk menemukan peluang, maka sebaiknya lakukan.

 

Nah, begtulah sahabat berbagai cara untuk mengatasi kegagalan yang sudah anda rasakan, supaya tidak berlarut. So, jangan ada yang galau karena gagal dalam berbisnis lagi ya sahabat?

Share

Related Post