Kopi menjadi minuman yang digemari oleh banyak orang, sehingga semua orang akan memiliki jadwalnya sendiri untuk meminum kopi. Namun, sayangnya saat bulan puasa jadwal tersebut perlu diubah. Hal ini dikarenakan kandungan kopi yang tidak pas saat dikonsumsi dalam keadaan perut kosong, apalagi saat bulan puasa.

Tidak perlu khawatir, bukan berarti lantaran puasa anda tidak bisa menikmati segelas kopi hangat. Hanya saja, anda harus merubah jadwal minum kopi yang disesuaikan dengan kondisi lambung, agar tidak mengganggu fungsi dan produktifitas anda. Oleh karena itu, Deprintz merangkum aturan minum kopi yang bisa anda lakukan di bulan puasa.

 

  1. Saat puasa, minumlah kopi decaf atau yang minim kafein

Ketika puasa, alangkah baiknya jika anda mengganti kopi yang biasa anda minum dengan kopi decaf yang minim kafein untuk mengurangi efeknya. Kandungan kafein decaf ini tergantung pada biji kopinya, namun sekitar 94-98 persen kafeinnya sudah dihilangkan. Jika ingin menyamai kandungan kopi biasa, anda harus minum 5-10 cangkir. Jadi, kafein pada kopi decaf akan aman dikonsumsi saat puasa.

 

  1. Beri jeda 2 jam setelah adzan maghrib

Waktu yang paling aman untuk minum kopi saat bulan puasa adalah 2 jam setelah berbuka. Itupun anda harus memberi jeda untuk makan atau takjil terlebih dahulu. Jangan minum kopi dalam keadaan perut kosong, karena dapat menyebabkan lambung iritasi. Selain itu, jangan sampai anda minum kopi selepas jam 8 malam, karena akan mengganggu waktu tidur anda. Terlebih jika yang anda minum kopi yang berkafein.

 

  1. Minum diwaktu sahur boleh-boleh saja, namun harus diimbangi dengan aktivitas harian

Minum kopi saat sahur memanglah bukan hal yang dianjurkan, karena sifatnya yang diuretik . Dikhawatirkan akan menimbulkan dehidrasi saat berpuasa. Tapi, bagi anda pecinta kopi masih bisa meminum secangkir dengan diimbangi minum air putih yang cukup untuk menghindari efek dehidrasi. Minum kopi juga bisa membantu anda tetap terjaga di saat pagi hari untuk beribadah dan beraktivitas.

 

  1. Gunakan cangkir yang lebih kecil dari biasanya

Menurut para ahli, dosis aman kafein dalam sehari adalah 400 miligram atau setara dengan 2-3 cangkir kopi. Tapi, dosisi ini dianjurkan untuk orang dewasa yang jam makannya teratur ya sahabat. Alangkah baiknya jika anda mengurangi minum kopi dalam sehari, misal biasanya sehari minum 3 cangkir, kurangi menjadi 1 cangkir saja. Jika anda belum terbiasa bisa mengurangi porsi kopi dengan cangkir yang lebih kecil.

 

Begitulah aturan minum kopi yang harus anda garisbawahi saat bulan puasa ya sahabat. Jangan sampai kegemaran terhadap kopi membuat puasa anda terganggu. Minum kopi boleh-boleh saja, asal mengikuti aturan yang ada. Jadi, jangan kesampingkan aturan diatas ya sahabat!

Share

Related Post

Segera Dapatkan Info Terbaru dari Kami

Gak Pake Lama, Input Email Anda Disini!

You have Successfully Subscribed!