Ngomong soal Genset, siapa sih yang gak tau mengenai alat ini? Ya, genset merupakan sigkatan dari generator set yang memiliki kemampuan dalam mengeluarkan daya listrik. Biasanya, ketika ada pemadaman listrik yang pertama kali terpikir adalah hidupkan gensetnya bagi yang memiliki genset di rumah.

Secara harafiahnya, genset merupakan gabungan atau seperangkat antara generator dan alternator serta engine yang dapat digunakan sebagai alat pembangkit listrik. Jadi, tak heran jika genset merupakan alat yang bisa menghasilkan listrik. Kali ini, saya akan membahas secara lengkap mengenai genset agar anda lebih memahami genset secara lebih kompleks. Lantas, apa saja ya kegunaan Genset? yuk langsung dibahas.

 

Fungsi Genset

Selain untuk keperluan rumah tangga saat listrik padam, ternyata keberadaan genset sudah sangat dibutuhkan untuk kalangan perusahaan dan instansi. Ketika anda jauh dari sumber daya listrik, maka anda sangat membutuhkan genset. Mengapa? Karna genset dapat digunakan hanya dengan bantuan bahan bakar untuk meghidupkannya. Sehingga, sangat membantu anda ketika membutuhkan daya listrik.

Dengan bantuan genset, maka Perusahaan besar ataupun kecil tidak akan terganggu aktivitasnya ketika listrik padam seperti toko, rumah sakit, atau pun instansi pendidikan. Bayangkan, ketika aktifitas perusahaan itu memerlukan daya listrik, namun tidak ada genset. Kira-kira apa yang terjadi ? Contohnya rumah sakit, jika tidak ada genset bagaimana alat-alat pada rumah sakit akan berfungsi ketika padam listrik. Akan sulit bukan?

 

Nah selain itu, ternyata genset tidak hanya berfungsi sebagai pengganti daya listrik, namun ada beberapa fungsi genset yakni :

  1. Segi Ekonomi

Dalam hal ekonomi, sudah jelas genset akan memberikan keuntungan  pada pemiliknya. Karena dengan adanya genset, anda akan terbantu dalam hal aktivitas yang pada saat itu dibutuhkan ketika listrik padam. Salah satunya contoh yakni pemilik restoran yang membutuhkan listrik untuk proses pembuatan es cream, tentu membutuhkan genset ketika saat kondisi listrik padam. Apalagi ketika itu permintaan konsumen banyak, maka pemilik restoran sangat membutuhkan genset agar efektifitas pembuatan es cream tidak terganggu.

 

  1. Segi Kelistrikan

Genset merupakan hasil dari mengubah energi kimia dari bahan bakar menjadi energi mekanik. Selain itu, genset memiliki system generator yang akan mengubah arus DC arus Ac dan sebaliknya yang digunakan untuk menyalakan listrik sesuai dengan rancangan yang ada pada bangunan atau gedung tersebut.

 

  1. Segi Kebutuhan

Pada saat acara tertentu, seperti menggelar pesta atau desa. Sudah dipastikan anda membutuhan yang namanya genset untuk memenuhi kebutuhan listrik saat diacara di luar ruangan. Dengan begitu, acara anda pun akan berjalan sesuai yang diharapkan.

 

  1. Segi Fisika

Pada segi ini yakni manfaat genset terletak pada fungsi mengubah tegangan yang dihasilkan dari bahan bakar yang tersedia. Sesuai dengan kapasitas genset yang memiliki 1 fasa dan 3 fasa, dimana 1 fasa lebih mengandalkan tegangan tinggi yang terbentuk dari aliran kutub L ke kutub N yang netral. Sedangkan untuk 3 fasa yaitu mengandalkan tegangan daya yang lebih besar, dimana arus yang mengalir terjadi antara tegangan dua kutub. Pada umumnya, genset dengan 3 fasa biasa digunakan untuk keperluan rumah tangga kelas menengah.

 

Dari fungsi genset diatas, dapat disimpulkan bahwa genset memiliki fungsi yang sangat penting untuk kebutuhan rumah tangga maupun perusahaan karena dapat menggantikan listrik yang padam dengan fungsi genset sebagai penghasil daya listrik. Oleh karena itu, pentingnya genset dalam kehidupan anda sehari-hari yang akan sangat membantu aktifitas anda dalam berbagai hal. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

 

Share

Related Post