Serupa tapi tak sama, inilah peribahasa yang cocok digunakan untuk kedua produk ini takni genset dan diesel. Genset dan diesel samasama memiliki fungsi yang sama yakni menghasilkan daya listrik. Namun, ternyata kedua alat ini memiliki perbedaan yang significant loh.

Nah, kesempatan ini saya akan membahas mengenai perbedaan antara genset dan diesel secara ringkas dan rinci. Dari penjelasan ini saya berharap anda dapat membedakan secara jelas apa itu genset dan apa itu diesel, bagaimana kelebihan dan kekurangannya masing-masing serta apa sih yang membuat kedua alat ini berbeda?

 

Genset

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa genset merupakan alat yang digunakan sebagai penghasil daya listrik. Namun, bahan bakar yang digunakan adalah bensin dan bekerja dengan diawali dari pembakaran yang disuplai oleh tegangan listrik yang tinggi. Proses pembakaran yang dilakukan oleh genset adalah dengan adanya percikan api yang keluar diantara celah busi yang dilakukan oleh adanya supply aliran listrik tegangan tinggi.

Secara garis besar, kelebihan dan kekurangan genset antara lain :

Kelebihan
  1. Memiliki tingkat kebisingan yang rendah (ada type silent mode da nada yang open mode)
  2. Memiliki Performa horse power yang besar
  3. Harga Jual yang relative lebih murah

 

Kekurangan
  1. Boros bahan bakar
  2. Genset lebih cepat panas sehingga daya tahan mesinnya rendah
  3. Tidak ada untuk kapasitas yang besar (>10000 Watt)
  4. Perawatan yang sedikit lebih susah dibandingkan dengan diesel

 

 

Diesel

Diesel merupakan genset namun menggunakan bahan bakar solar dengan fungsi yang sama yaitu untuk mengahsilkan daya listrik sebagai kebutuhan. Diesel bekerja dengan cara mengjonversi solar menjadi energi mekanik saat proses pembakaran. Biasanya, diesel ini memanfaatkan udara yang dikompresi untuk memulai suatu proses pembakaran. Pada diesel tidak adanya campuran udara dan bahan bakar di luar silindernya. Nah, diesel memiliki silinder 2 sampai 16 silinder tergantung dengan merknya dan type diesel itu sendiri.

Secara garis besar, kelebihan dan kekurangan diesel antara lain :

Kelebihan
  1. Memiliki torsi yang lebih besar dibandingkan dengan genset biasa
  2. Memiliki tingkat efesiensi bahan bakar yang lebih tinggi
  3. Tidak ada busi sehingga perawatannya menjadi lebih mudah
  4. Tahan banting
  5. Memiliki kapasitas yang lebih tinggi
  6. Bahan bakar lebih murah (Solar) karena solar memiliki oktan yang lebih rendah disbanding dengan bensin.

 

Kekurangan
  1. Memiliki tingkat kebisingan yang sangat tinggi
  2. Harga yang terpaut lebih mahal
  3. Memiliki ukuran yang lebih besar dan berat
  4. Gas pembuangan diesel lebih banyak ketimbang dengan genset

 

 

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa genset bisa digunakan untuk kebutuhan rumah tangga, atau bisa dipakai untuk kebutuhan di luar ruangan tergantung kapasitas yang dimiliki. Namun, diesel tidak cocok digunakan untuk kebutuhan rumah tangga karna selain bising namun genset juga mmeiliki kapasitas yang sangat tinggi jika hanya untuk dipakai di rumah.

Jadi, antara genset dan diesel sama-sama memiliki fungsi yang sama yakni pengahasil daya listrik namun dibedakan dengan kapasitas yang dimiliki. Oleh karena itu, anda dapat memilih genset atau diesel sesuai kapasitas yang anda butuhkan. Semoga bermanfaat ^^

Share

Related Post