Peluang usaha makanan memang tidak ada matinya. Namun, usaha makanan harus selalu melakukan inovasi baru karena selera makan masyarakat  yang berubah-ubah agar usaha makanan anda akan selalu diminati. Bisnis makanan memanglah banyak jenisnya, anda tidak perlu mencari ide bisnis makanan apa yang akan dijual, ambil saja ide makanan yang saat ini lagi rend an berkembang. dengan demikia, usaha makanan rumahan anda akan lebih mudah dijalankan karena bisa membuat strategi penjualan.

 

Ada beberapa ide makanan yang bisa anda tiru, berikut ulasannya!

Aneka sambal

 

 

Sambal merupakan makanan yang hampir semua orang suka, khususnya orang Indonesia. Jika anda adalah salah satunya orang penikmat rasa pedas, hal ini bisa anda kembangkan menjadi bisnis yang cuan. Mulailah bisnis buat sambal kemasan di rumah anda. buat aneka sambal seperti sambal cumi, sambal teri, sambal iga, sambal terasi, sambal bawang dan aneka macam sambal lainnya. Kemas sambal di botol-botol kecil dan pastikan tidak gampang bocor. Hal yang paling pentig adalah untuk mengecek ketahanan sambal sebelum dijual agar sambal yang anda jual tidak mudah basi. Tips untuk anda yang mau jual sambal agar tidak mudah basi adalah jangan gunakan bawang merah terlalu banyak, dan usahakan saat memasak sampai keluar minyak “Tanek” bahasa kerennya.

 

Catering makanan sehat

 

 

Makanan sehat namun enak merupakan makanan yang saat ini sedang di buru banyak masyarakat. Apalagi yang sedang melakukan diet untuk menurunkan berat badan. Hal ini bisa jadi peluang usaha yang menjanjikan untuk anda lakukan. pola makan sehat merupakan kuliner yang lagi ramai di perbincangkan, dengan menyeleksi kandungan yang ada pada makanan. Kandungan gizi pada pola makan sehat harus seimbang. Nah, anda bisa membuat catering makanan sehat yang ditargetkan kepada mereka yang sedang menjalankan pola makan yang sehat. Anda bisa membuat makanan full protein atau makanan gizi seimbang lainnya.

 

Rice Bowl

 

 

Saat ramadhan, menu makanan yang seringkali jadi pilihan adalah rice bowl dengan tutup di atasnya yang rapat. Menu makanan ini bisa anda isi dengan nasi kuning, nasi uduk, dan lain-lain dengan embel-embel berbuka dengan rice bowl tradisional. Saat ramadhan, terkadang banyak orang yang berburu makanan. Namun dengan kondisi corona ini, alangkah baiknya anda menjajakan makanan rice bowl dengan cara online atau dikirim ke rumah-rumah. Buatlah rice bowl dengan proses yang higienis untuk menambah ketertarikan orang dalam prihal makanan yang anda jajakan.

 

Camilan Keripik

 

 

Camilan salah satu makanan pendamping ketika lagi bersantai atau menonton tv. Salah satu camilan yang mudah dibuat adalah camilan keripik. Peluang ini bisa anda coba di rumah dengan beragam rasa pedas, original, rumput laut, dan sebagainya. Anda bisa menggunakan ubi cilembu, singkong atau kentang untuk membuatnya. Nah, pastikan kemasan camilan keripik anda ini dibuat dengan apik dan menarik, tentunya kemasan ang bagus juga bertujuan untuk membuat camilan keripik anda tetap dalam keadaan renyah.

 

Aneka Minuman Rasa Yang Segar

 

 

Minuman yang segarsangat digemari penduduk Indonesia yang beriklim tropis ini. Anda bisa menjajakan minuman segar yang lagi kekinian, salah satunya minuman dalgona coffee, atau minuman kopi yang lagi trend saat ini. Gunakan kemasan cup yang sudah dilabeli brand usaha anda yang bertujuan memperkenalkan usaha rumahan anda secata terbuka. Lebih baiknya lagi, gunakan cup sealer agar orang lain saat membeli minuman anda tidak mudah tumpah. Gunakan bantuan mesin cup sealer agar usaha minuman anda jadi lebih menarik. (Disini jual mesin cup sealer murah meriah dan terpercaya)

 

Itulah 5 ide usaha kuliner rumahan saat bulan puasa ini. Namun, sebelum anda menjalani usaha rumahan tersebut, ada beberapa tips usaha rumahan yang harus anda kondisikan. Berikut ini tipsnya!

 

Tips Mengondisikan untuk Usah Rumahan

Membuka usaha rumahan bisa memanglah bukan hal yang mudah, anda harus pahami betul strategi usaha rumahan agar tidak mengganggu aktivitas rumah lain. Anda tak perlu khawatir, disini akan dijelaskan langkah-langkah dalam membangun usaha rumahan agar rumah dan usaha anda dapat berjalan beriringan.

 

  1. Hitung Fixed Usaha

Dalam memulai bisnis, anda wajib mencermati pembagian pengeluaran dan untuang yang akan anda dapatlan. Hitung cost seperti listrik, bahan makanan, gas dan air. Buatlah perhitungan usaha makanan untuk melihat berapa pengeluaran yang harus anda sodorkan, dan berapa keuntungan yang akan anda dapatkan. Jangan sampai “Besar Pasak Daripada Tiang” yang artinya besar pengeluaran daripada pendapatan. Hal ini harus anda pahami dan teliti sebelum memulai usaha rumahan.

 

  1. Pisah bahan makanan untuk jualan dan untuk sehari-hari

Jika anda ingin usaha makanan, tentu membutuhkan bahan makanannya. Tak jarang jika seringkali bahan makanan yang dijual dicampuradukkan dengan bahan makanan untuk digunakan sehari-hari. Hal ini tidak boleh anda lakukan, anda harus memisahkan kedua hal trsebut agar perhitungan fixed cost bisa terealisasi dengan baik dan benar. Sehingga, keuntungan dan pengeluaran anda pun bisa dihitung secara tepat.

 

  1. Sediakan ruangan khusus untuk usaha anda

Saat produksi makanan, tentu anda membutuhkan kemasan. Kemasan yang dilakukan pastilah butuh ruang untuk prosesnya. Oleh karena itu, sediakan ruangan khusus agar usaha makanan rumahan anda tetap berjalan namun tidak merusak aktivitas keseharian. Selain untuk mengemas makanan yang anda jual, ruangan ini akan menjadi salah satu tempat dimana anda bisa menyimpan bahan makanan tersebut.

 

Itulah peluang usaha makanan rumahan yang bisa anda lakukan saat ramadhan dengan cuan yang menguntungkan. Dengan langkah-langkah tips mengondisikan usaha rumahan anda, tentu saja hasil yang akan anda dapatkan dapat berjalan maksimal, bahkan bisa untuk sampai jutaan. Jadi, produktifkan diri anda untuk mendapatkan hasil yang sesuai. Semoga 5 peluang usaha rumahan di atas dapat membantu anda dalam kondisi corona yang mengharuskan anda untuk tetap di rumah saja. Deprintz, Buat Usaha Jadi Mudah!

Share Artikel ini

Related Post