Untuk mengenang suatu moment, maka biasanya anda sering menggunakan foto sebagai salah satu caranya. Dengan foto, moment berharga itu dapat anda lihat di kemudian hari. ketika anda mulai merindukan masa lalu, maka anda dapat melihat foto sebagai pengingat yang efektif.

Oleh karena itu, foto-foto itu wajib anda simpan sebaik-baiknya agar tidak rusak. Sehingga, ketika anda ingin melihat kembali kenangan itu, maka keadaan foto masih sama atau bagus. Jika anda tidak menyimpan dengan baik, lama-kelamaan foto itu akan rusak seperti menjamur, atau warnanya menjadi pudar. Anda pasti tidak ingin bukan jika kenangan itu hancur hanya karna kesalahan anda sendiri? Maka dari itu, ada 5 tips penting bagi anda yang ingin koleksinya awet. Berikut ulasannya!

 

  1. Menyimpan foto dalam album

Album foto merupakan salah satu wadah untuk memasang koleksi foto anda pada tempat yang aman. Oleh sebab itu, anda harus memilih album foto yang pas untuk koleksi foto anda. jangan sampai anda salah dalam memilih album foto, karena album foto yang tidak sesuai membuat koleksi foto anda tidak awet. Jadi, anda dapat melakukan tips berikut ini!

    • Memilih album yang memiliki sekat halaman plastik. Album jenis ini tidak memiliki perekat yang dapat merusak foto, sehingga anda dapat menyimpan foto dalam jangka waktu yang panjang.
    • Gunakan alas kertas yang berkualitas tinggi pada album foto, bebas asam dan terbuat dari katun. Selain itu, cover harus dilapisi plastik agar tidak ada jejak sidik jari yang menempel, terlindung dari cairan dan kondisi lembab.
    • Saat anda menyimpan foto di dalam album, maka usahakan jangan terlalu tebal, karena dapat merusak jilid foto. Maka, simpan secukupnya agar album foto anda tetap awet.

 

  1. Lakukan hal ini pada foto yang dibingkai

Foto yang dibingkai, maka ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Yakni sebagai berikut!

    • Hati-hati dengan cairan pembersih kaca, biasanya foto yang dibingkai dilapisi dengan kaca. Terlebih jika foto yang dibingkai tidak memiliki ruang antara foto dengan kaca, atau menggunakan kertas yang tidak bebas asam. Cairan pembersih kaca yang tidak mengandung asam akan menyebabkan korosi, warna memudar dan bernoda.
    • Jangan menumpuk bingkai foto, karena hal ini dapat menyebabkan bingkai foto anda mengalami gesekan. Sehingga, merusak pemandangan.

 

  1. Simpan di tempat yang strategis

Dalam hal menyimpan, anda wajib memperhatikannya dengan baik. Sinar UV akan merusak foto anda sehingga foto menjadi pudar. Jadi, jangan meletakkan foto pada tempat yang terkena matahari secara langsung, seperti di dedakt jendela atau pintu. Selain itu, agar kualitas foto tetap awet, maka jangan letakkan pada tempat yang lembab. Foto yang diletakkan pada tempat yang lembab akan membuat foto timbul bercak-bercak akibat jamur. Jangan letakkan foto di dekat kamar mandi atau wastafel.

Tips jitu untuk anda yang tinggal di daerah yang memiliki kelembaban yang tinggi, maka anda bisa mengalasi foto menggunakan kertas Koran atau tisu yang bisa menyerap air lebih banyak diantara foto atau bingkai anda.

  1. Back Up foto anda

Dengan berkembangan era digital, maka anda dapat menyimpan koleksi foto dengan mudah dan lebih praktis. Anda dapat menyimpan file-file foto anda ke dalam flash disk, CD, DVD, hard disk atau media sosial anda. Back up foto anda secara rutin agar anda tidak kehilangan foto-foto kenangan itu sendiri.

 

  1. Jika foto anda dicetak, maka jangan abaikan hal-hal ini

Meskipun anda sudah dapat menyimpan foto via digital, bukan berarti foto yang dicetak tidak dibutuhkan. Penggunaan foto cetak masih sangat dibutuhkan, karena fungsinya sebagai estetika ruangan. Atau hanya sekedar untuk mempermudah anda melihat foto kenangan tanpa membuka media elektronik terlebih dahulu.

Oleh sebab itu, anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini agar foto cetak anda dapat tetap awet, yakni sebagai berikut!

 

Nah, itulah 5 hal yang harus anda perhatikan agar foto anda tetap awet. jadi, jangan lupa untuk melakukan hal ini ya sahabat, agar foto anda tetap dalam keadaan baik!

Share

Related Post