Peluang usaha di bidang sablon sudah tidak diragukan lagi, usaha ini memberikan omset yang cukup menjanjikan. Namun, dalam pengaplikasiannya sablon ini membutuhkan alat yang menunjang dalam proses pembuatan. Dengan bantuan alat ini, maka usaha sablon anda akan berjalan dengan lancar dan cepat.

Sablon DTG merupakan salah satu teknik sablon yang lumayan populer, maka dari itu butuh alat yang menunjang dalam pembuatan sablonnya. Nah, pertanyaannya apakah anda sudah tau dan mempersiapkan alat sablon ini? Jika belum, yuk simak secara lengkap penjelasannya di bawah ini.

 

  1. Kompresor

 

 

Alat ini adalah penting untuk anda butuhkan saat proses sablon menggunakan mesin DTG. Kompresor berfungsi sebagai alat untuk merapatkan pori-pori kaos. Fungsi dari kompresor sendiri adalan agar sablon kaos dapat merekat dengan baik dan tidak gampang terkelupas.

Kompresor digunakan pada saat memulai awal proses sablon dan pada saat finishing. Pada saat awal semprot kaos dengan kompresor yang sudah terisi epoxy, lalu semprotkan kembali pada saat setelah proses yakni finishing untuk membuat sablon yang menempel menjadi lebih tahan lama.

 

  1. Kertas Teflon

 

 

Kertas Teflon adalah salah satu kertas yang penting untuk anda gunakan sebagai alas pada saat sebelum kaos sablon anda di press. Kertas Teflon berfungsi sebagai pelindung gambar desain anda yang ingin disablon agar tidak lengket. Sehingga, hasil sablon pun menempel pada kaos anda dengan hasil yang lebih maksimal.

 

  1. Hotgun sebagai Pemanas

 

 

Alat ini bentuknya mirip dengan hairdryer yang sering anda gunakan sebagai pengering rambut. Nah, fungsi dari alat ini pun sama yakni sebagai pengering. Kalau hairdryer sebagai alat unruk membuat rambut agar cepat kering, kalau alat ini untuk mempercepat sablon kering di atas kaos anda. Sehingga, tak perlu menunggu waktu lama.

Cara kerja alat ini adalah dengan dipanaskan dan dilakukan pada saat kaos anda mau disablon diatas mesin press. Dengan bantuan alat ini, maka sablon yang akan anda press lebih erat dan lengket. Sehingga, sablon yang ada pada kaos anda akan tahan lama dan lebih awet.

 

  1. Mesin Cetak (Printer DTG)

 

 

Seperti fungsi printer pada umumnya yakni untuk mencetak hasil dari karya anda di komputer, mesin ini pun sama. Mesin DTG digunakan sebagai mesin penghubung dari komputer untuk mencetak desain yang anda buat ke dalam media kaos yang ingin anda gunakan. Mesin ini pun memiliki kapasitas warna yang beragam, jadi bagus untuk anda gunakan sebagai mesin mencetak beragam warna. Sehingga, anda dapat mencetak dengan waktu yang lebih cepat.

  1. Mesin Press Kaos

 

 

Ketika anda menyablon dengan cara mencetak, maka alat ini penting digunakan untuk memastikan tinta kering setelah dicetak menggunakan teknik DTG (Direct To Garment). Mesin ini dapat dilakukukan ketika kaos anda masih diatas tatakan mesin pencetak, namun biasanya sebelum di press kaos akan dikeringkan menggunakan alat hotgun terlebih dahulu agar sablon lebih cepat keringnya.

 

  1. Satu paket tinta dan kawan-kawannya

 

 

Tidak hanya satu paket tinta saja, catriage dan cairan pembersihnya pun menjadi hal yang penting sebagai alat untuk menyablon. Seperangkat alat inilah yang dapat membuat sablon anda menjadi lebih bagus dan keren dengan warna-warni yang tersedia. Seperangkat ini akan tersambung langsung dengan computer untuk mengeluarkan wara-warni tersebut. Namun, perlu anda ketahui bahwa jangan lupa untuk mempersiapkan cairan pembersihnya untuk kepala printer agar tidak terjadi masalah ketika anda ingin menggunakannya kembali.

 

Dapat disimpulkan dari penjelasan diatas, keenam alat itu merupakan hal penting untuk digunakan sebelum anda memulai usaha sablon. Oleh karena itu, sebaiknya anda mempersiapkan alat-alat tersebut terlebih dahulu.

So, bagi anda yang ingin memulai usaha sablon jangan lupa ya harus memperhatikan keenam alat diatas. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda kedepan. ^^

Share

Related Post