Dewasa ini, kerusakan atau pengurangan kualitas terhadap suatu tools mesin merupakan hal yang umum terjadi. Ke-aus-an mesin disebabkan dari banyak faktor, bisa berasal dari mesin yang sering digunakan ataupun kurangnya perawatan terhadap mesin itu sendiri.

Beberapa waktu lalu, kita sudah membahas mengenai perawatan mesin CNC Router. Nah, dari perawatan mesin itulah yang dapat membantu kita mengetahui apakah kualitas mesin itu sudah berkurang atau belum. Semakin kita rajin merawat, maka mesin itu semakin awet kualitasnya yang terjaga.

Mata Bor Yang Masih Bagus

Jika kita membahas masalah terhadap mesin, maka kita biasanya melihat dari ciri-ciri yang terjadi pada mesin tersebut. Salah satunya, mata bor yang sudah mengalami ke-aus-an kita bisa melihat dari ciri-ciri yang terlihat di mata bor CNC tersebut. Lalu, bagaimana ya cara mengetahui ciri-ciri mata bor CNC yang sudah aus?

Kali ini kita akan membahas bagaimana ciri-ciri mata bor yang semakin aus. Oke, gausah terlalu banyak basa-basi yuk kita bahas ciri-cirinya

Bahan yang dipotong terasa keras

Pada saat kita memotong atau menggrafir menggunakan mata bor yang sudah aus, bahan yang ingin kita grafir akan terasa keras dan sulit. Mata bor yang aus sama seperti pisau yang tumpul, dimana tumpulnya pisau menyebabkan barang yang ingin kita potong terasa sulit bukan? Ya, karena keefektifan pisau itu sendiri yang sudah semakin berkurang yang disebabkan karena jarang dirawat (diasah).

 

Membutuhkan waktu produksi yang lebih lama

Umumnya, mesin CNC Router berfungsi untuk membantu kita dalam membuat produksi massal karena proses pengoperasian yang lebih cepat dibandingkan manual. Namun, ketika mata bor sudah aus, maka akan menghambat fungsi dari mesin CNC itu sendiri karena memperlambat proses pengoperasian. Jadi bisa kita telusuri ciri-ciri mata bor sudah aus salah satunya adalah dari waktu yang lebih lama dibandingkan biasanya.

 

Lubang yang terbentuk tidak sebagus biasanya

Ketika mata bor sudah aus, maka hasil dari lubang yang kita grafir itu tidak rata atau menggerigi alias ada sisa material yang tidak terlubang. Ciri ini yang bisa kita lihat secara gamblang ketika mata bor yang sudah aus karena biasanya ketika menggrafir, lubang yang dihasilkan mesin CNC Router lebih rapi dan presisi.

 

Cepat Panas

Nah, yang terakhir adalah cepat panasnya mesin merupakan salah satu ciri mata bor semakin aus. Kok bisa? Ya, karna ketika mata bor yang sudah aus menyebabkan proses semakin lama dan pada akhirnya mesin akan bekerja lebih dari waktu optimal sehingga mesin akan semakin panas.

 

Begitulah ciri-ciri yang bisa kita perhatikan mengenai mata bor yang sudah aus. Dari ciri-ciri tersebut kita akan tau kapan waktu yang tepat utuk mengganti mata bor itu sendiri agar kulaitas produk yang kita buat juga terjaga kualitasnya.

Semoga dengan artikel diatas, sahabat deprintz makin mengerti mengenai mesin CNC router. ^_^

Share

Related Post