Kaos merupakan bahan yang perlu anda persiapkan sebelum memulai proses sablon. Dalam hal ini, proses sablon membutuhkan kaos dengan bahan yang baik. Memilih bahan kaos merupakan hal yang sulit ditentukan, terutama jika anda tidak memiliki informasi yang lengkap soal ini. Hal ini dikarenakan bahan kaos sangat banyak dan beragam. Mulai dari bentuknya yang oblong sampai berkerah, bisa dibuat dengan cara formal atau informal.

Tahukah anda, jenis kaos yang berbeda dapat menentukan kualitas hasil sablon yang berbeda pula. Jika anda belum mengetahui informasi ini, sebaiknya anda membaca dengan jelas dan seksama artikel ini. Artikel ini akan menjelaskan mengenai jenis bahan kaos yang berbeda, mulai dari jenis bahan kaos cotton, polyester, dan lain-lan yang memiliki nilai kualitas terbaik dan banyak sekali dicari oleh banyak orang. Adapun jenis-jenisnya adalah sebagai berikut!

Bahan Katun Combed

 

Sumber : elfadz.com

 

Jenis bahan pertama yang ada dipikiran anda ketika berbicara bahan terbaik untuk membuat kaos, pastilah yang akan anda ingat adalah katun combed. Seperti namanya, bahan ini merupakan bahan katun yang dibuat 100 % dari kapas yang telah melalui proses yakni digaruk halus. Kaos dengan bahan ini pun memiliki permukaan yang sangat halus, sehingga banyak yang menyukai bahan ini untuk sablon. Biasanya, bahan ini cocok untuk sablon dengan teknik DTG dan polyflex.

Bahan Katun Carded

 

Sumber : fitinline.com

 

Yang kedua, jenis bahan katun yang bisa anda gunakan sebagai bahan kaos yang termasuk ke dalam bahan terbaik untuk kaos adalah katun carded. Bahan ini terbuat dari bahan katun, perbedaannya dengan katun combed adalah kehalusannya, jadi katun carded tidak sehalus katun combed. Jika soal harga, jenis bahan katun ini lebih terjangkau dibandingkan dengan jenis katun combed. Biasanya, bahan katun ini bisa disablon menggunakan teknik DTG dan polyflex.

 

Bahan Katun Viscose

 

Sumber : bahankain.com

 

Jenis bahan yang ketiga adalah katun viscose, jenis bahan katun ini didapat dari campuran bahan katun dan bahan viscose. Perbandingannya adalah 55 % katun combed dan 45 % viscose. Kaos ini tidak mudah susut karena terbuat dari bahan viscose serta mampu menyerap keringat karna adanya kandungan katun combed. Biasanya, bahan ini disablon menggunakan teknik DTG dan polyflex.

 

Bahan Polyester

 

Sumber : tshirtbar.id

 

Bahan ini merupakan bahan yang cukup banyak dikenal sebagai bahan baku kaos untuk sablon, yakni polyester. Bahan kaos ini sangat bagus jika digunakan saat musim dingin karena memiliki serat fiber yang memberikan efek panas saat menggunakannya. Namun, bahan ini tidak cocok digunakan di daerah panas karena membuat tubuh menjadi berkeringat. Biasanya, kaos ini digunakan untuk sablon dengan teknik sublime dan polyflex.

 

Bahan Viscose

 

Sumber : fitinline.com

 

Bahan ini merupakan salah satu bahan yang unik dalam pembuatan kaos, yakni bahan viscose. Bahan ini sering disebut juga sebagai bahan rayon serta memiliki tekstur yang terlihat seperti kapas. Harga bahan ini cukup mahal karena sangat ramah lingkungan. Dengan harga yang mahal kaos ini hasilnya terlihat sangat elit dibandingkan kaos pada umumnya. Warna yang dihasilkan pun banyak yang cerah dan sangat nyaman saat digunakan. Biasanya, jenis bahan ini digunakan untuk sablon dengan teknik polyflex, DTG, dan sublime.

 

Itulah 5 bahan kaos dengan jenis terbaik dan terpopuler di kalangan masyarakat, karena bahan ini memiliki kualitas yang sangat bagus. Dengan jenis kaos terbaik inilah yang membuat bahan ini sering digunakan sebagai bahan kaos-kaos distro. Oleh karena itu, dengan mengetahui jenis bahan-bahan ini anda dapat menentukan bahan kaos mana yang cocok untuk anda gunakan.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, karena bersama Deprintz, Buat Usaha Jadi Mudah!

Share

Related Post