Dalam dunia mesin laser dan mesin CNC yang dipergunakan untuk memotong dan menggravir suatu material tertentu seperti kayu, Mdf, acrylic, gravoply dan lain-lain. Kali ini artikel yang akan di share adalah mengenai gravoply yang masih awam bagi beberapa orang. Secara harafiah, gravoply merupakan material plastic dengan 2 lapisan yang berbeda.

Untuk jenis, gravoply memiliki 2 material gravoply yang dibedakan berdasarkan proses yakni gravoply laser dan gravoply CNC. Gunanya gravoply adalah untuk mengatasi fungsi dari mesin-mesin di atas yang tidak bisa memberi warna pada bahan yang akan diproses.

Seperti yang anda tahu, mesin laser dan mesin CNC merupakan mesin yang hanya bisa memotong dan mengukir tanpa memberi warna (printing), sehingga gravoply merupakan material yang tepat untuk memberi warnanya. Hal ini karena gravoply memiliki 2 lapisan warna, jadi ketika lapisan atas dikikis dengan mesin laser atau mesin CNC maka akan Nampak warna kedua di lapisan bawahnya.

 

 

Hal itulah yang membuat gravoply dibutuhkan jika anda ingin menampilkan warna yang cantik dan unik pada produksi yang anda jalankan. Adapun spesifikasi gravoply yang perlu anda ketahui adalah sebagai berikut!

 

  • Jika dilihat dari warna, banyak ragam warna yang dimiliki namun tetap tergantung pada merk gravoplynya sendiri
  • Ketebalan umum gravoply ada 3 macam, yakni 0,5 mm, 1,6bmm dan 2,4 mm
  • Ada dua jenis lapisan finishing yakni matte dan glossy

 

Perlu anda ketahui, gravoply dengan ketebalan 2,4 mm biasanya diproses menggunakan mesin CNC dikarenakan tidak bisa diproses dengan mesin laser karena tingkat kekerasannya yang cukup tinggi. gravoply dengan 2,4 mm biasa digunakan juga pada outdoor karena tahan terhadap cuaca. Sedangkan gravoply dengan ketebalan 0,5 mm dan 1,6 mm tidak cocok di outdoor karena tidak cukup kuat terhadap cuaca. Secara umum, gravoply memiliki ukuran bahan yakni selebar 120 cm x 60 cm.

 

Adapun aplikasi gravoply yang bisa anda gunakan dan temui untuk memulai usaha menggunakan mesin laser atau mesin CNC adalah sebagai berikut!

 

  • Name Plate (Plat Nama), biasanya digunakan untuk memberi label pada sistem kelistrikan, oli, gas atau industri yang sejenis. Biasanya name plate ini dipasang di jalur control dari mesin laser atau CNC

 

  • Name Tag (Nama Dada) yang berfungsi untuk tanda pengenal seseorang agar mudah dikenali

 

  • Signage, umumnya dibuat untuk memberikan sebuah informasi seperti nama pemilik ruang, nama pemilik meja atau informasi tentang jalan atau lorong gedung

 

  • Aksesoris, biasanya digunakan untuk pelengkap atau finishing dari sebuah produk kreatif seperti plakat atau piala.

 

Nah, itulah pengertian tentang material gravoply yang bisa anda gunakan sebagai media untuk mesin laser dan CNC. Jadi, bagi anda yang ingin membuka peluang usaha untuk plat merk, plat kontak, plat nama atau informasi lainnya yang bisa ditempel paa produk anda. dengan begitu, gravoply merupakan material kreatif untuk memberikan seni yang cantik untuk hasil produk kreatif anda. Jika anda membutuhkan gravoply, bisa langsung menghubungi Deprintz. Bersama Deprintz, Buat Usaha Jadi Mudah!

Share

Related Post