Dalam fashion, jenis kain menjadi salah satu hal yang paling penting untuk diketahui. Dari bahan kain inilah anda dapat memilih kualitas yang baik untuk digunakan dalam hal fashion atau kebutuhan lainnya. Salah satu bahan kain yang sering dimanfaatkan adalah kain satin. Kain satin sendiri merupakan kain yang ditenun dan hampir sama pengaplikasiannya dengan teknik serat filamen seperti sutra (silk), polyester dan nilon.

Dalam perkembangannya, jenis kain satin memiliki 12 jenis yang biasa digunakan. Adapun 12 jenis kain satin tersebut adalah sebagai berikut!

 

  1. Kain Satin Bridal (Duchesse)

Kain satin ini merupakan kain satin dengan kualitas yang sangat bagus dan tinggi. Kain ini sering digunakan untuk gaun pengantin karena memiliki karakteristik yang agak berat, kaku dan berkilau di bagian permukaannya. Sehingga, kain ini tidak mudah robek karena tebal. Tidak hanya untuk gaun pengantin, kain ini bisa dimanfaatkan untuk dekorasi, bantal hias, dompet, pouch kosmetik dan goodie bag.

 

  1. Kain Satin Faconne (Jackuard Satin)

Kain satin jenis ini memiliki varian yang beragam mulai dari garis, bunga atau paisley. Kain ini tidak sekaku kain satin bridal, karena teksturnya lebih lembut dan lentur. Kain ini pun cocok digunakan untuk gaun pengantin wanita yang mewah.

 

  1. Kain Satin Slipper

Kain ini merupakan kain satin yang dapat dicelup sehingga anda bisa menyesuaikan warna sesuai kebutuhan. Karena bahan kain ini sangat kaku, sehingga kain ini umumnya digunakan untuk sepatu pesta, namun semakin berkembang sepatu ini digunakan untuk membuat sepatu balet.

 

  1. Kain Satin Delustered

Kain ini tampak mengkilap di kedua sisinya dan tetap ringan. Karena mengkilap di kedua sisi, bagian depan dan belakang kain ini dapat digunakan. Kain ini cocok digunakan untuk pakaian sehari-hari.

 

  1. Kain Satin Damask

Tekstur kain ini menimbulkan tekstru timbul karena menggunakan kain beludru di atas dasar satinnya. Kain ini memiliki varian dengan pola menawan dan desain cukup rumit. Selain memiliki motif yang bagus, kain ini sangat halus sehingga digemari oleh banyak orang.

 

  1. Kain Satin Cloth (Kain Wol)

Kain ini memiliki lebar hanya 70 cm, namun memiliki tekstur yang sangat halus. Pemanfaat kain ini bisa digunakan untuk membuat gaun, kemeja, atau model baju wanita yang lainnya. Karena tampilan yang sangat mewah, harga kain ini cukup tinggi. Mewahnya kain ini karena diproses dengan ditenun danĀ  menggunakan teknik khusus sehingga memumculkan warna mengkilap dan juga awet.

 

  1. Kain Sateen

Kain satin jenis ini lebih banyak menggunakan rayon atau katun sebagai bahan dasarnya. Meskipun sama-sama menggunakan teknik weave, tapi memiliki serat yang berbeda. Jika kebanyakan kain satin menggunakan filamen namun kain ini mengandung katun atau short-stup.

 

  1. Kain Satin Kahantex

Kain ini memiliki tekstur yang tebal, mengkilap, licin namun kaku. Kain ini dimanfaatkan untuk kebutuhan non sandang atau bukan pakaian, biasanya digunakan untuk dekorasi ruangan atau kerajinan. Hal ini disebabkan karena kain ini akan terasa panas ketika dipakai sehingga tidak cocok digunakan untuk pembuatan pakaian.

(Baca juga : Ragam Peluang Bisnis Masa Depan)

 

  1. Kain Satin Clarissa (Horden)

Kain ini biasa digunakan untuk horden pesta,tapi dengan perkembangannya kain ini biasa digunakan untuk pembuatan rok atau kebaya modern. Karakteristik kain ini tipis, agak lemas dan murah.

 

  1. Kain Satin Silk (Sutera)

Kain ini memiliki tekstur yang lembut, tipis dan glossy. Kain ini sangat cocok untuk pembuatan jilbab ataupun hijab karena sifatnya yang ringan dan tipis sehingga tidak berat di kepala saat digunakan. Kain ini sangat digemari wanita karena tampilannya yangglamour namun tetap elegan dengan tesktur yang halus dan lembut.

 

  1. Kain Satin Velvet (Double Satin)

Kain ini cenderung masuk ke dalam jenis kain polyester dengan sifat yang jatuh. Cocok digunakan untuk gaun pesta, gamis atau seragam wanita karena memberikan kesan anggun, feminime, elegan dan mewah. Kain ini cenderung 2 kali lipat lebih tebal dibandingkan kain satin sehingga lebih berat. Meskipun tebal, kain ini tiak panas ketika dikenakan.

 

  1. Kain Satin Roberto Cavali

Hampir mirip dengan kain satin velvet, kain ini juga memiliki kualitas yang sama bagusnya dengan kehalusan dan corak garis lurus di belakang kainnya. Kain ini juga bisa menyerap keringat sehingga cocok digunakan sebagai bahan pakaian di daerah tropis.

 

Nah, itulah 12 jenis kain satin yang biasa digunakan dalam kebutuhan fashion dan lainnya di Indonesia. Semoga artikel ini menambah wawasan sahabat serta dapat menjadi referensi untuk memilih bahan kain. Deprintz, Buat Usaha Jadi Mudah!

Share

Related Post