Sablon merupakan hal yang sudah tidak awam lagi di dunia printing ini. Peminat sablon kaos sangatlah banyak, sehingga sablon merupakan usaha yang cukup menjanjikan, terutama sablon kaos. Sablon kaos sudah sangat banyak beredar di pasaran, terutama sablon pada kaos distro.

Mengetahui jenis-jenis sablon terbaik merupakan hal yang harus diketahui oleh pebisnis dan pengguna. Bagi pebisnis, mengetahui jenis-jenis sablon merupakan poin plus dalam memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna untuk mendapatkan sablon kaos yang paling bagus. Bagi pengguna, mengetahui jenis-jenis sablon merupakan hal yang akan membuat anda lebih teliti dalam memilih sablon kaos ayng akan anda beli.

Nah, adapun jenis-jenis sablon kaos dengan kualitas yang baik yakni ada 19. Berikut penjelasannya!

 

  1. Sablon Plastisol

 

Sumber : fitinline.com

 

Sablon plastisol merupakan sablon yang sudah berstandar internasional, sehingga sablon ini masuk kedalam kategori sablon terbaik untuk kaos. Sablon ini memberikan warna cerah serta memiliki beragam warna tinta yang disesuaikan dengan warna dasar kaos yang ingin anda sablon. Sayangnya, sablon ini tidak tahan panas sehingga jangan menyetrika sablon ini secara langsung.

 

  1. Sablon DTG

 

Sumber : kaos3dmalang.com

 

Sablon ini biasa disebut juga dengan printer DTG karena dalam prosesnya seperti mencetak kertas. Karena pada sablon ini menggunakan printer, maka tidak ada batasan warna untuk kaos yang ingin anda buat. Jasa sablon DTG pun tak memiliki minimum order karena bisa membuat kaos secara satuan.

 

  1. Sablon Rubber

 

Sumber : konveksi.me

 

Sablon ini memiliki tingkat lekatan yang baik pada bahan kaos. Sifat sablon ini sangat elastis dan termasuk bahan tinta sablon yang termurah. Hal ini lah yang membuat sablon ini masuk kedalam jenis sablon terbaik.

 

  1. Sablon Discharge

 

Sumber : konveksi.me

 

Jenis sablon ini termasuk jenis sablon yang unik dan cukup awet. Sablon ini mampu meresap ke dalam kain sehingga mengubah warna benang yang membentuk kaos tersebut. Pada jenis sablon ini hal yang harus anda perhatikan adalah kualitas warna yang akan menurun tingkat kecerahannya saat sablon meresap. Sablon ini tidak cocok digunakan pada beberapa warna kaos seperti biru, hijau dan ungu serta beberapa jenis kaos.

 

  1. Sablon High Density

 

Sumber : bitebrands.co

 

Sablon ini adalah kombinasi antara tinta sablon transparan (Straight Up Gloss) dengan tinta sablon jenis plastisol yang ditimpa diatasnya sehingga menimbulkan efek timbul dan juga terbilang sangat awet dan tahan lama.

 

  1. Sablon Glow in the dark

 

Sumber : azarmina7hingorja.blogspot.com

 

Seperti namanya, sablon ini akan menyala saat gelap. Bahan utama tinta pada sablon ini adalah fosfor dan termasuk kedalam sablon dengan kualitas baik jika dilihat dari keawetannya.

 

  1. Sablon Flock

 

Sumber : berkaos.com

 

Sablon ini menimbulkan efek bulu-bulu halus pada permukaannya seperti beludru. Tinta yang digunakan pada sablon ini adalah tinta serbuk atau bubuk pewarna.

 

  1. Sablon Foam/Puff

 

Sumber : fitinline.com

 

Sablon ini pun memberikan efek timbul dan pada permukaannya lembut seperti busa. Sablon ini sangat cocok digunakan untuk semua bahan katun. Namun, sablon ini tidak boleh disetrika secara langsung dan tidak dapat mencetak warna gradasi.

 

  1. Sablon Foil

 

Sumber : pusatkonveksi.com

 

Sablon ini menimbulkan efek warna emas dan perak yang mengkilat karena menggunakan lapisan dari kertas logam/foil.

 

  1. Sablon Kaviar

 

Sumber : digimazing.co.id

 

Sablon ini menimbulkan efek timbul seperti butiran-butiran yang tidak beraturan pada permukaannya. Kaos ini sangat keren dan mewah saat dikenakan apabila dikombinasikan dengan desain yang tepat.

 

  1. Sablon Pigmen

 

Sumber : digimazing.co.id

 

Sablon ini merupakan sablo yang tidak terlaly elastis dan cenderung kaku. Sablon ini pun menyisakan bekas pada kaos saat luntur. Meskipun sablon ini sudah tidak terlalu dikenal lagi, namun masih digunakan untuk dipadukan dengan kasos yang berwarna cerah dan terang.

 

  1. Sablon Glitter

 

Sumber : japanesian.id

 

Sablon ini bisa menimbulkan efek glitter pada warna yang digunakan. Sablon ini juga merupakan sablon yang baik lkarena awet dan tahan lama.

 

  1. Sablon Chromicolor

 

Sumber : blog.porinto.com

 

Jenis sablon ini memberikan efek warna cerah yang akan menghilang pada saat diusap, uniknya beberapa saat kemudian warnanya akan kembali seperti semula. Dengan keunikannya, sablon ini pun memiliki kualitas baik dan awet.

 

  1. Sablon Photovia

 

Sumber : tokodani.com

 

Sablon ini hampir sama konsepnya dengan glow in the dark, yang membedakan adalah warna yang dapat berubah-ubah pada tingkat cahaya yang berbeda-beda seperti bunglon. Tapi, sablon ini memiliki harga yang sangat mahal karena langka tersedia di Indonesia.

 

  1. Sablon Thermoflex

 

Sumber : ditzbrand.co.id

 

Sablon ini menggunakan material cutting dan thermo transfer paper dengan kemampuan menghasilkan warna yang terang dan lebih solid dibandingkan dengan jenis tinta lainnya. Kerennya lagi, dapat dibentuk menjadi efek timbul sesuai yang anda inginkan.

 

  1. Sablon Reflektif

 

Sumber : bukalapak.com

 

Sablon ini merupakan sablon yang dapat memberikan efek berkilau dan menyala saat terkena cahaya sinar matahari ataupun lamp. Sablon ini masuk ke dalam sablon yang tahan lama dan awet.

 

  1. Sablon Plasticharge

 

Sumber : sablon.web.id

 

Sablon ini merupakan campuran plastisol dan discharge dengan bahan dasar minyak dengan kualitas gambar atau desain yang warnanya sangat tajam. Kerennya lagi, sablon ini dapat digunakan diberbagai warna kaos dengan kualitas yang awet dan tahan lama.

 

  1. Sablon Polyflex

 

Sumber : fitinline.com

 

Sablon polyflex biasanya menggunakan material seperti sticker vinyl dengan hasil warna yang cerah dan detail dengan ketahanan yang awet dan lama. Sayangnya, sablon ini tidak dapat mencetak warna gradasi dan tidak boleh disetrika secara langsung.

 

  1. Sablon Aspal (Asphalt)

 

Sumber : satriabajahitam.com

 

Seperti namanya, sablon ini memang memiliki warna yang sesuai dengan aspal jalanan. Sablon ini juga bisa menimbulkan efek timbul saat digunakan dan cukup tahan lama. Namun, sayangnya pilihan warna pada sablon ini terbatas karena hanya satu warna sehingga membuat sablon ini sangat minim peminatnya.

 

Nah, itulah 19 jenis sablon yang memiliki kualitas baik dengan ketahanan yang awet dan tahan lama. Sebenarnya masih banyak jenis sablon, namun sablon yang sering digunakan adalah 19 jenis sablon diatas. Semoga informasi ini bermanfaat untuk sahabat. Deprintz, Buat Usaha Jadi Mudah!

Share

Related Post