Printzie, kali ini kami akan membahas seputar jenis dan tipe mesin cutting yang biasanya digunakan untuk keperluan industri kreatif so, simak baik-baik ya penjelasannya!

Sebelum kita masuk lebih dalam, printzie sudah faham belum definisi sebenarnya dari mesin cutting itu sendiri? Secara umum menurut Free Dictionary mesin cutting merupakan mesin atau alat yang digunakan untuk memotong bagian barang dengan kedalaman yang bervariasi sesuai dengan spesifikasi mesin tersebut dan jenis bahan yang akan dipotong.

Hasil dari mesin ini juga bisa beragam rupanya loh, kamu bisa membuat aksesoris, stiker, amplop, kartu undangan, peralatan rumah tangga, hingga dompet.

Semua hasil barang-barang tersebut tentu bisa banget kamu jual kembali! Cocok banget untuk penunjang usaha printzie nih…

Well, apa aja sih jenis dan tipe dari mesin cutting itu sendiri?

 

CUTTING STICKER

Mesin ini umumnya digunakan dengan teknik pemotongan untuk material berbahan Vinyl, Scotlite, Gliter, Dry carbon, Polyflex/flock, bahan Sandblast, dan lain-lain. Hasil dari mesin ini pun lebih tahan lama dan dari segi warna tidak mudah pudar dibandingkan dengan printing sticker biasa.

Mesin jenis ini biasa digunakan untuk industri usaha kerajinan, mock up/dummy, home design, packaging, merchandising, dan masih banyak lagi. Tipe mesinnya pun beragam. Mesin yang paling best seller di Deprintz.com sendiri yakni, JINKA, CAMEO, GRAPHTEC, MIMAKI.

Mesin-mesin tersebut memiliki keunggulannya masing-masing.

  • Cutting Sticker JINKA

    Mesin buatan Tiongkok yang paling banyak digunakan bagi pemula yang baru terjun dalam industri kreatif ini memiliki harga yang relatif murah, support all Windows Version, serta varian software-nya pun banyak ragamnya seperti Artcut, Corel Draw, Flexisign, dan lain-lain.

    Hasil potongnya yang presisi bisa untuk membuat cutting huruf kecil yang sangat halus dan cutting model lingkaran yang sempurna. Tipenya ada dua yakni, auto contour seperti pada mesin cutting sticker JINKA Pro Auto 722 + Auto Detect Contour dengan lebar maksimal untuk area cutting adalah 61cm.

    Sedangkan tipe kedua adalah non auto contour pada mesin cutting sticker JINKA Pro 721, 451, dan 1351 dengan lebar maksimal untuk area cutting bervariasi menyesuaikan dengan tipe mesin.

  • Cutting Drawing Silhouette CAMEO

    Walaupun kurang populer dibanding buatan Tiongkok, tapi keunggulan dari mesin buatan Amerika ini tidak kalah dengan lainnya loh.

    Body-nya yang ringan, mini, serta ringkas ini tidak perlu membuatmu susah payah menyiapkan ruang khusus untuk produksi. Mesin ini juga mudah dibawa dan dipindah. Sangkat flexible bukan?

    Mesin ini juga dilengkapi dengan software Silhouette Studio untuk cetak (print) dan potong (cut). Hasilnya pun optimal dan detail setara dengan merek GRAPHTEC buatan Jepang dengan lebar area kerja cutting & drawing sebesar 30cm dan panjang hingga 3m tanpa putus, membuat mesin cutting CAMEO ini semakin membantu dalam pembuatan produk custom desain tanpa ribet.

NB: Untuk mesin Cutting Drawing Silhouette CAMEO juga sudah ada Update terbarunya yaitu Silhouette CAMEO 4

Silhouette CAMEO 4

Penasaran dengan kelebihan dan fitur-fitur baru yang ada di mesin Cutting Silhouette CAMEO 4 diatas? Baca selengkapnya disini ya…! Silhouette CAMEO 4

  • Cutting Sticker GRAPHTEC

    Mesin buatan Jepang ini menjadi bintang diantara para kompetitornya. Walau harganya lebih mahal namun kualitasnya sudah banyak yang membuktikan. Terutama tekanan pada pisaunya yang lebih besar yakni 450gr serta dilengkapi dengan layar monitor yang lebih besar pula sehingga mempermudah dalam pengoperasiannya.

    Mesin ini juga compatible dengan software Corel Draw, Adobe Illustrator. Hasil potongnya juga rapi dan presisi. Lebar cutting areanya hingga 120cm, dimana ukuran ini sebenarnya sangat pas untuk bahan sticker (cutting sticker motor, mobil, dekorasi) dan polyflex (yang biasa digunakan untuk sablon digital kaos distro).

  • Cutting Sticker MIMAKI

    Kehadiran mesin buatan Jepang ini memiliki fitur yang sangat lengkap dan telah teruji dengan standar yang lebih tinggi sehingga tidak diragukan lagi kemampuannya! Mesin yang saat ini semakin populer di Indonesia terbaik di kelas pressure 500gr.

    Hasil dari mesin ini memiliki tingkat akurasi yang detail serta suara mesin yang sangat halus. Untuk area cutting-nya sendiri hampir setara dengan JINKA, seperti mesin cutting sticker MIMAKI CG 130 SRIII yang bisa melakukan cutting dan plotting untuk area hingga 137cm sedangkan mesin cutting sticker MIMAKI CG 60 SRIII bisa melakukan cutting dan plotting untuk area hingga 60cm.

 

CUTTING FLATBED

Mesin Flatbed iECHO PK0604 EOT, Mesin Flatbed ATLAS DFC 8045 CW

Mesin cutting flatbed ini biasa digunakan untuk industri usaha decoration, exterior interior, advertising, dan lain-lain. Hampir sama dengan mesin cutting sticker, mesin ini bisa digunakan untuk mencetak material dengan bahan kertas, kardus, gabus, plastik, sticker, vinyl, dan lainnya serta dilengkapi dengan vacuum table untuk menjaga bahan tidak bergeser ketika dipotong.

Tipe mesin yang paling dicari di Deprintz.com sendiri yakni iECHO dan ATLAS.

  • Cutting Flatbed iECHO

    Mesin yang memiliki tingkat presisi akurat (toleransi 0,1mm) dan kecepatan tinggi (1000 m/s) ini dilengkapi sensor untuk membaca marking dari pola sebuah gambar, sehingga ketika melakukan pemotongan outline hasilnya maksimal. Printzie bisa buktikan sendiri keunggulan dari mesin ini nih!

  • Cutting Flatbed ATLAS

    Mesin yang cocok dengan format grafis seperti Auto CAD, CAM, CAD, Corel Draw ini dapat memenuhi kebutuhan desain grafis kamu nih sob! Selain mengerjakan cutting (potong) dan engraving (grafir) cocok banget untuk membuat merchandise, hingga souvenir. Harganya yang lebih terjangkau cocok untuk printzie yang ingin memulai usaha di Industri Kreatif.

 

CUTTING POND

Mesin Pond Rotary Die Cut

Mesin cutting pond atau die-cutting ini biasa digunakan untuk memotong material dengan bahan seperti spon sandal, karet, PVC, mika, kulit, imitasi, flanel, karton, kardus, kertas, dan lain-lain.

Maka dari itu kebanyakan mesin ini biasa digunakan untuk industri rumahan umumnya skala kecil dan menengah (UKM) seperti pengrajin alas kaki sandal, pembuatan packaging, dan souvenir.

Mesin yang menggunakan satu pisau ini cocok untuk printzie yang ingin memproduksi barang secara massal loh! Walaupun teknologi dari mesin cutting pond tergolong lama, namun mesin ini masih cocok untuk digunakan dan dikembangkan dengan teknologi yang canggih dan mesin inilah yang dirasakan manfaatnya oleh pelaku industri UKM. Mesin cutting pond ini bisa printzie temui juga di website kami.

 

CUTTING PAPER

Mesin Pemotong Kertas Manual, Mesin Pemotonf Kertas Hidrolis

Mesin cutting paper atau pemotong kertas digunakan untuk memotong kertas dengan jumlah banyak sekaligus.

Ada dua tipe untuk mesin ini sendiri, yakni manual dan hidrolis.

Mesin pemotong kertas hidrolis biasa digunakan untuk industri di skala besar seperti industri percetakan sedangkan mesin pemotong kertas manual bisa printzie temui di usaha fotocopy serta penjilidan sederhana. Walaupun mesin cutting paper manual tergolong terjangkau namun printzie juga perlu mengetahui kebutuhan dalam penggunaan mesin cutting paper itu sendiri.

Untuk mesin pemotong kertas manual, mampu memotong kertas dengan ketebalan hingga 400 lembar kertas HVS 80gr atau 500 lembar kertas HVS 70gr. Mesin ini juga dilengkapi dengan penjepit untuk menahan tumpukan kertas agar tetap rapi dan tidak berantakan ketika dipotong.

Sedangkan untuk mesin pemotong kertas hidrolisnya sendiri mampu memotong kertas dengan ketebalan hingga 100mm yang juga dilengkapi dengan LED touchscreen, semakin memudahkan printzie untuk mengoperasikan mesin ini.

Itu tadi jenis dan tipe dari mesin cutting digital yang biasa digunakan di kalangan Industri Kreatif. Perlu printzie ketahui juga bahwa semua mesin-mesin tadi adalah mesin-mesin yang best seller loh di Deprintz.com!

Setahun terakhir ini saja kami sudah menjual mesin cutting sticker sebanyak 130+ mesin, sedangkan untuk mesin cutting pond sudah terjual sebanyak 40+ mesin, 20+ mesin flatbed dan 41+ mesin pemotong kertas sudah ada ditangan printzie di seluruh Indonesia!

Gimana? Tertarik untuk memiliki salah satu mesin kami?

 

Jika kamu berminat untuk konsultasi dan tanya produk lebih dalam, yuk hubungi kami GRATIS!

Hubungi Kami Deprintz

Bersama Deprintz, Buat Usaha Jadi Mudah!

Share Artikel Ini