Membahas seputar usaha digital printing, umumnya identik dengan mesin utamanya yakni printer. Saat membeli sebuah printer, salah satu bagian penunjangnya adalah tinta printer.

Tanpa adanya tinta, tentunya printer tidak akan mungkin dapat mencetak sebuah dokumen baik dalam bentuk tulisan maupun gambar. Oleh karena itu, tinta memiliki peranan penting yang tidak bisa dipisahkan dengan mesin utamanya.

Jenis tinta di dunia percetakan digital pun sangatlah beragam. Mulai dari yang biasa, anti air, dan yang lainnya. Maka dari itu, kamu perlu tahu jenis-jenis tinta serta fungsi dari masing-masing tinta itu sendiri.

Dibawah ini sudah ada 7+ jenis tinta yang biasa digunakan dalam usaha digital printing berserta fungsinya:

 

 

Tinta Printer Pigment (Durabrite)

tinta pigment durabrite

Merupakan tinta dengan kualitas tinggi berbahan dasar pigment. Tinta ini mampu mencetak dokumen dalam bentuk tulisan atau gambar dengan hasil yang sangat tajam, pekat, dan tahan air untuk jenis kertas seperti HVS, inkjet paper, photo paper, ataupun art paper.

Partikel kecil yang ada di dalam tinta ini, akan menempel pada lapisan kertas serta tidak menyerap ke dalam kertas. Oleh karena itulah, tinta ini sering disebut sebagai tinta yang memiliki hasil tidak mudah pudar/luntur dalam jangka waktu lama.

Karena tinta ini berbahan dasar pigment, pastikan kamu menggunakan tinta ini dengan tepat karena apabila tidak terpakai maka resikonya head pada cartidge dapat tersumbat.

 

Tinta Printer Dye Base

tinta dye base

Tinta ini terbuat dari bahan air dan colourant atau pewarna, karena salah satu bahan dasarnya adalah air sehingga sifatnya lebih cair dan kemungkinan mengendap pada printhead cartridge semakin kecil.

Selain itu, sifat lain dari tinta ini adalah memiliki warna cerah jika dibandingkan dengan jenis tinta lain. Sayangnya, tinta ini cukup terbatas dalam mengaplikasikan di media sehingga hanya bisa mencetak di beberapa kertas seperti HVS, glossy paper, inkjet paper, canvas, PVC ID Card sedangkan untuk kertas art paper seperti brosur atau kalender tinta ini tidak dapat digunakan.

Hasil cetakannya pun dikenal tidak tahan lama serta mudah luntur bila terkena air.

 

Tinta Sublim

tinta sublim

Tinta sublim merupakan zat warna yang tersuspensi dalam cairan pelarut seperti air. Gampangnya, tinta jenis ini digunakan untuk printer infus atau umum digunakan untuk mencetak bahan sablon seperti kaos, pin, mug, hingga topi.

Tinta ini terbuat dari bahan diluent atau pengencer, pewarna, minyak, serta bahan lainnya yang membuatnya memiliki hasil cetak yang tahan lama.

Sesuai dengan fungsinya yakni sablon, dalam proses cetaknya tinta ini dicetak terlebih dahulu pada kertas transfer. Setelah itu, kertas transfer tadi di press diatas kain berbahan dasar polyester menggunakan mesin press panas pada suhu sekitar 180-210 derajat celcius.

Namun disini yang menjadi kekurangan dari tinta sublim adalah resiko printhead tersumbat lebih besar sehingga kamu harus menggunakannya dengan tepat.

 

Tinta Tekstil DTG

tinta tekstil dtg

Tinta tekstil atau lebih dikenal dengan tinta DTG (Direct To Garment) adalah tinta khusus yang digunakan untuk mencetak pada media tekstil seperti kaos melalui modifikasi printer DTG. Tinta jenis ini sangat ramah pada head printer DTG sehingga dapat digunakan untuk semua tipe printer DTG yang ada di pasaran.

Tinta ini memiliki hasil cetakan yang tergolong tajam, cerah, halus, dan tahan luntur sehingga dapat dicetak ke semua jenis kain garment seperti kaos, jaket, baju, kain polyester, kain cotton combed, dan lainnya.

 

Tinta Solvent & Eco Solvent

tinta solvent dan ecosolvent

Tinta solvent merupakan tinta yang berasal dari bahan campuran pigment dan resin. Agar tetap cair, biasanya tinta jenis ini ditambahkan pelarut ke dalam pigment dan resin tadi.

Kualitasnya tidak perlu diragukan lagi karena memiliki ketahanan yang lebih lama terhadap air maupun sinar matahari dibanding jenis tinta lainnya sehingga tinta jenis ini lebih cocok digunakan untuk outdoor seperti spanduk, baliho, billboard.

Namun kekurangan dari tinta ini adalah memiliki bau yang menyengat.

Untuk tinta eco solvent, prinsipnya berbeda dengan tinta solvent karena jenis bahan pelarutnya lebih ramah lingkungan dan baunya tidak terlalu menyengat dibanding dengan tinta solvent. Namun mengingat tinta ini kurang tahan dengan sinar matahari, maka tinta eco solvent banyak digunakan untuk indoor saja.

 

Tinta Latex

tinta latex

Tinta latex merupakan tinta yang berbahan dasar air dan termasuk kedalam jenis tinta baru yang memiliki spesifikasi yang mirip dengan tinta solvent namun bedanya dengan tinta solvent, tinta latex tidak memakai komponen kimia yang berbahaya atau beracun.

Berbeda juga dengan tinta dye yang sama-sama berbahan dasar air, tinta latex sangat kuat dan mampu menempel pada beragam jenis media. Tinta ini juga mampu melapisi beberapa lapisan seperti pada vinyl.

 

Tinta UV

tinta uv

Seperti namanya, tinta UV merupakan tinta khusus yang dapat dikeringkan dengan sinar UV atau ultra violet. Jadi dalam prosesnya ketika tinta di semprotkan oleh printer ke media cetak, disaat itu juga tinta dikeringkan menggunakan sinar UV.

Walaupun harga tinta UV termasuk yang paling mahal dibandingkan tinta solvent namun sesuai dengan kemampuannya, tinta ini lebih cepat kering dan dapat digunakan ke beberapa jenis lapisan yang ingin dicetak.

Tinta UV juga memiliki ketahanan warna dan anti gores jauh diatas tinta eco solvent dan solvent meskipun belum di laminasi (uncoated) sehingga tinta jenis ini sangat cocok dipakai untuk stiker banner yang dipasang di atap gedung atau bangunan, stiker truk atau bis, stiker sign lokasi pabrik, atau stiker label yang ingin digunakan dalam jangka waktu lama.

Tinta UV juga bisa dicatak diatas bahan akrilik, kayu, stiker hologram, stiker reflektif, kain, kaca, plastik, dan bahan lainnya.

 

Tinta Reaktif

tinta reaktif

Tinta reflektif memiliki zat warna yang apabila diaplikasikan pada kain mampu membuat reaksi kimia. Kain yang dimaksud adalah kain dengan bahan dasar serat alami seperti kain katun, linen, dan rayon. Tinta jenis inilah yang biasanya banyak digunakan pada industri tekstil dan garment.

 

Cairan Cleaner

tinta cleanner

Tinta cleaner atau cairan pembersih ini bermanfaat untuk membersihkan tinta kering yang menutupi printhead printer sekaligus digunakan untuk merawat dan memperbaiki printer.

Umumnya dalam melakukan pembersihan, tinta dituangkan secukupnya ke dalam wadah kemudian tempat keluarnya tinta direndam ke dalam cairan tinta pembersih tadi di dalam wadah. Diamkan beberapa menit, kemudian angkat dan keringkan, baru dipasang kembali ke printer.

Tinta Acid

tinta acid

Tinta ini sangat bagus digunakan untuk mencetak dibahan dasar wol, sutera dan nylon. Namun tinta ini tidak dapat digunakan pada mesin sublim sehingga bahan dasar seperti kain katun, rayon dan bahan sintetis seperti polyester tidak tercetak dengan baik.

 

Itu tadi jenis-jenis tinta dalam usaha digital printing yang bisa kamu pilih ketika kamu membuka layanan jasa cetak digital. Kamu juga bisa mendapatkan bahan consumable ini di deprintz.com.

Disana Deprintz tidak hanya menyediakan mesin usaha kreatif saja namun juga melayani kebutuhan consumable usahamu. Yuk konsultasikan kebutuhanmu dengan ahlinya, hubungi kami di contact center di bawah ini:

Hubungi Kami Deprintz

Bersama Deprintz, Buat Usaha Jadi Mudah!

Share Artikel Ini