Sebelumnya sahabat sudah diberitahu bahwa kain linen merupakan kain yang sangat istimewa dan juga memiliki kelebihan yang sudah tidak diragukan lagi. Dengan kelebihan dan keistimewaannya, kain linen sering digunakan untuk fashion. Uniknya, ternyata ada 14 fakta tersembunyi tentang kain linen yang harus anda ketahui. Apa saja faktanya? Simak ulasannya berikut ini yuk!

 

  1. Kain Linen Kain Tertua di Dunia

Linen merupakan bahan dasar yang pertama kali digunakan manusia untuk membuat kain. hal ini membuktikan bahwa kain linen merupakan kain yang dipakai manusia sepanjang sejarah. Inilah yang membuat kain linen disebut sebagai kain tertua di dunia.

 

  1. Bahan dasar kain linen

Bahan dasar kain linen terbuat dari serat selulosa yang ada di dalam batang tumbuhan flax (Linum Usitatissium). Biasanya, tumbuhan ini berada di Negara tropis. Negara yang paling cocok untuk tumbuhan ini adalah Normandia (Perancis) dan Belgia. Untuk membuat kain linen yang diambil dari tumbuhan ini adalah kulit pohonnya.

 

  1. Linen memiliki serat yang panjang

Serat pada kain linen sangat panjang dibandingkan serat kain lainnya. Panjang kain ini mencapai 24-150 cm dengan diameter rata-rata kisaran 12-16 cm. ruas-ruas dan guratan pada kainnya terlihat pada seratnya.

 

Sumber : m.dhgate.com

  1. Digunakan untuk membungkus mumi

Kandungan kain linen memiliki silica yakni sekelompok mineral yang dapat melindungi kain ini dari pembusukan, hal inilah mengapa kain ini digunakan sebagai pembungkus mumi sebagai symbol cahaya dan kesucian pada zaman peradaban Mesir.

 

  1. Karakteristik kain yang istimewa

Karakteristik kain ini sangat istimewa karena bertahan puluhan tahun dengan perawatan yang baik. Dengan pencucian yang benar, semakin sering digunakan maka kain ini semakin nyaman.

 

  1. Serat kain linen yang kuat

Serat pada kain linen merupakan serat yang kuat dibandingkan dengan serat lainnya. Jika dibandingkan dengan kapas, maka serat ini dua sampai tiga kalinya lebih kuat. Yang lebih mengejutkan lagi, kain ini memiliki tetal 216 benang lusi per cm. lebih bagus dibandingkan kain tenun Eropa yang hanya 140 benang lusi per cm. Amazing bukan?

 

  1. Proses produksi kain linen sangat panjang

Proses produksi kain linen cenderung lebih lama namun membutuhkan energy dan air yang lebih sedikit dibandingkan produksi kapas dan kain sintesis lainnya. Butuh waktu sampai 100 hari untuk budidaya tanaman flax sebelum siap dipanen.

 

  1. Kain linen bersifat biodegradable

Kain linen tergolong kain yang dapat didaur ulang secara sempurna oleh biologi. Tapi, sayangnya kain ini sangat mahal dibandingkan kain katun, sehingga tidak banyak yang memakainya. Hanya 1 % yang menggunakan sebagai bahan dasar pakaian.

 

  1. Fleksibel diberbagai cuaca

Kain linen dapat digunakan dicuaca dingin ataupun panas. Ketika dingin terasa hangat saat dipakai, ketika panas terasa dingin saat dipakai. Bisa dikatakan kain linen termasuk kedalam konduktor dan isolator karena dapat melepaskan panas tubuh dan menyerap panas tubuh.

 

  1. Terkenal Rapid an Halus

Permukaan kain linen sangat halus dan rapi. Selain itu, kain linen memliki ketebalan konsisten dan terlihat berkilau di permukaannya.

 

  1. Warna kain linen

Kain linen memiliki daya serap yang rendah pada pewarna sintesis. Hal inilah yang menyebabkan warna-warna pada kain linen lebih kalem dan terlihat alami atau soft dibandingkan dengan kain-kain lainnya.

 

Sumber : selina-ng.blogspot.com

  1. Dapat Menyembuhkan penyakit kulit

Menurut penelitian di Jepang, menggunakan kain linen sebagai pakaian akan dapat menyingkirkan beberapa penyakit kulit seperti common rash dan eczemas kronis. Hal ini dikarenakan kain linen dianggap aman karena tebuat dari bahan-bahan alami. Selain itu, kain linen dapat mengontrol suhu, anti alergi dan anti bakteri yang bersifat higroskopis sehingga bisa menyerap 20 kali kadar air tapi tetap bisa kering.

 

  1. Linen pada uang dollar

Konon, uang dollar Amerika bukan terbuat dari kertas melainkan linen dan katun. Hal inilah yang menyebabkan uang dollar Amerika tidak mudah hancur. Namun sayangnya, saat ini uang dollar Amerika dengan pecahan satu dollar sudah diganti dengan menggunakan serat sintesis.

 

  1. Negara penghasil Linen Terbaik

Pakaian linen dengan kualitas terbaik ada di Negara Belgia dan Italia, sedangkan penghasil linen terbesar didominasi oleh Negara-negara blok timur seperti Unni soviet, Polandia, Cekoslavia dan Rumania.

 

Nah, itulah 14 Fakta menarik tentang kain linen. Semoga artikel ini menambah wawasan sahabat. Deprintz, Buat Usaha Jadi Mudah!

Share

Related Post