Dalam cutting sticker, keterkaitan antara mata pisau dan mesin cuttingnya merupakan satu elemen yang tak dapat dipisahkan. Jika mesin cutting anda tidak memiliki mata pisau, tentunya akan membuat proses produksi anda tidak akan berjalan. Dalam artikel ini akan dibahas jenis-jenis mata pisau yang bisa anda gunakan dalam mesin cutting sticker.

Mata pisau cutting sticker memiliki kemiringan sudut yang berbeda-beda. Dari perbedaan kemiringan sudut inilah kegunaan dari masing-masing pisau juga berbeda. Ada 3 jenis mata pisau yang tersebar di pasaran yakni mata pisau jenis 30 derajat, 45 derajat dan 60 derajat.

 

Apa sih perbedaan 3 jenis mata pisau cutting sticker itu?

Tingkat ketebalan jenis bahan polyflex bermacam-macam, oleh karena itu jenis mata pisau cutting yang digunakan pun menyesuaikan dengan jenis bahan polyflexnya. Jika mata pisau tidak disesuaikan, maka hasil potongannya tidak akan sesuai dengan yang anda inginkan. Setiap kemiringan sudut mata pisaunya mesin cutting harus disesuaikan dengan jenis bahan yang digunakan.

Ada 3 jenis mata pisau cutting sticker yakni degan sudut 30 derajat, 45 derajat dan juga 60 derajat. Jika bahan yang akan dicutting terbilang tipis dan tidak membutuhkan banyak tekanan, maka anda bisa menggunakan mata pisau dengan sudut 30 derajat atau 45 derajat. Namun, untuk bahan yang lebih tebal sehingga membutuhkan tekanan yang cukup maka anda bisa menggunakan mata pisau dengan sudut 60 derajat.

Bahan yang tebal butug mata pisau yang lebih dalam. Karena sudut ketajaman 60 derajat sangat tinggi, hal inilah yang membuat anda mudah dalam memotong sampai dengan bagian dasar bahannya. Dengan begitu, hasil potongannya akanĀ  sempurna.

 

Mata Pisau Sudut 30, 45 dan 60 Derajat

 

Bagaimana cara penggunaan pisau cutting sticker?

Setiap mata pisau memiliki sudut kemiringan yang berbeda-beda, tentulah dengan perbedaan itu penggunaannya pun di bahan yang berbeda. Mata pisau dengan sudut 30 derajat biasanya cocok digunakan untuk memotong bahan dengan ketebalan 20-30 mikron, ketebalan bahan tersebut biasanya ditemukan pada stencil paper, sandblast, vinyl, dan cutting sticker.

Sedangkan, untuk mata pisau yang 45 derajat biasanya digunakan untuk bahan dengan ketebalan sekitar 60-100 mikron. Bahan yang memiliki ketebalan 60-100 mikron biasanya ditemukan di bahan vinyl, polyflex PU, Pu stretch, glow in the dark, foil, printable dan kaca film.

Untuk mata pisau yang paling tajam yakni sudut 60 derajat biasanya digunakan pada bahan dengan ketebalan 100-150 mikron. Dengan mata pisau bersudut 60 derajat ini, bahan yang dapat dipotong adalah bahan dengan lebih detail, seperti pvc, beludru atau flock, glitter, reflektif, dan polyflex printable.

Semakin tebal bahan yang digunakan, maka sudut yang digunakan harus semakin dalam. Logikanya, bahan yang tebal membutuhkan tusukan mata pisau mesin cutting sticker yang lebih dalam. Ujung pada mata pisaunya akan dengan mudah memotong hingga bagian dasar sehingga bahan akan terputus secara sempurna. Untuk memudahkan saat proses pengelupasan, biasanya yang dilakukan adalah menambah tekanan atau force jika dirasa hasil potongan kurang sempurna. Padahal, hal ini bukan sesuatu hal yang dianjurkan oleh pabrikan mesin cutting.

Jika force atau tekanan ujung mata pisau mesin cutting sticker dipaksa untuk ditambah, hal ini akan berpengaruh pada kemampuan komponen mesin cutting. Sabuk pemutar atau belting akan dipaksa untuk bisa menarik holder, sementara ujung mata pisau mesin cutting sedang memotong bahan yang tebal. Apabila mata pisau yang digunakan dengan derajat kemiringan rendah yakni 30 derajat, maka tarikannya akan terasa lebih berat. Apalagi jika mata pisay mesin cuttingnya sudah agak tumpul.

Tetapi, ada juga bahan sticker yang tidak dapat dipotong menggunakan mata pisau baik sudut 30 derajat, 45 derajat ataupun 60 derajat. Salah satu contohnya adalah sticker super padat seperti merk Nikkalite Kristal yang membutuhkan mata pisau cutting sticker khusus.

Nah, itulah pembahasan mengenai mata pisau pada cutting sticker yang biasa digunakan untuk memotong bahan. Dengan mengetahui jenis-jenis mata pisau, anda akan tahu mana mata pisau yang cocok untuk bahan yang anda gunakan. Jika anda membutuhkan konsultasi bisa hubungi deprintz ya. Bersama Deprintz, Buat Usaha Jadi Mudah!

Share Artikel ini

Related Post