Dalam dunia sablon, banyak teknik yang bisa anda coba untuk menghasilkan produk yang menarik. Jika kemarin adalah sablon menggunakan polyflex, saat ini yang tak kalah menarik adalah sablon menggunakan teknik sublimasi. Sebenarnya, teknik sublimasi ini sudah tak asing lagi bagi pecinta sablon dan dunia percetakan, atau yang lebih popular dikenal dengan teknik transfer printing. Artinya, pada proses percetakan yang dilakukan dari gambar pada kertas transfer ke media cetak atau kaos.

Kertas yang digunakan untuk mentransfer gambar digital bisa menggunakan HVS, inkjet, kertas sublimasi, atau double matte. Tinggal anda yang menyesuaikan ingin menggunakan kertas dan tinta apa yang cocok untuk kebutuhan anda.

Sama seperti sablon polyflex, sablon dengan teknik sublimasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bagi anda yang ingin memulai bisnis sablon, sudah sepatutnya untuk mengetahui dan kelebihannya dari teknik sublimasi ini, diantaranya adalah sebagai berikut!

 

Kelebihan

Dengan mengetahui kelebihan pada teknik sublimasi maka anda bisa mempertimbangkannya saat memilih teknik ini dengan kebutuhan anda. Jika teknik ini sesuai, tentunya anda dapat menggunakannya untuk bisnis printing kaos yang ingin anda rintis. Adapun kelebihannya adalah sebagai berikut :

  • Dapat digunakan untuk seluruh bagian kaos
  • Dapat mencetak dalam jumlah banyak dengan desain yang berbeda-beda
  • Pilihan warna cetak yang bervariasi
  • Waktu pengerjaan yang lebih cepat
  • Proses pengeringan yang cepat

 

Kekurangan

Selain kelebihan yang perlu anda ketahui, teknik ini juga memiliki beberapa kekurangan. Anda dapat meminimalisir kekurangan tersebut dengan informasi sebagai berikut!

  • Tidak bisa mencetak kaos dengan skala kecil
  • Harus teliti dalam memilih tinta dan kertas transfer, jika tidak maka hasilnya tidak akan sebaik yang diharapkan
  • Kaos yang dapat disablon dengan teknik sublimasi hanya kaos berbahan dasar polyester
  • Membutuhkan biaya produksi yang cukup mahal karena tinta dan kertasnya cukup mahal

 

Demikianlah penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan dengan teknik sublimasi. Bisa ditarik kesimpulan bahwa jika anda memiliki budget yang cukup minim, akan lebih untuk tidak menggunakan teknik sublimasi ini. Karena, teknik ini digunakan untuk produksi yang cukup besar. Jika anda sudah yakin untuk memilih teknik sublimasi untuk bisnis, maka anda pasti sudah meminimalisir kekurangannya dan menggunakan kelebihannya untuk mengembangkan bisnis anda.

Jadi, sudah siapkah anda bisnis sablon kaos menggunakan teknik sublimasi ini?

Share

Related Post