Printzie,

Sudah tahu belum bahwa prospek bisnis di tahun 2021 yang semakin bersinar adalah yang menyediakan rasa aman dan memberikan entertain?

Hah?! Gimana min?

Maksud Minzie, bisnis yang menyediakan rasa aman ini berhubungan dengan kesehatan seperti asuransi, obat-obatan, vitamin, dan sebagainya.

Sedangkan bisnis entertain yang dimaksud adalah bisnis yang berhubungan dengan hiburan dan jasa seperti acara daring webinar, jasa periklanan/advertising, hingga kerajinan.

Hal ini didukung dengan pernyataan Co-Owner Gratyo Bandung, Hendra Hilman yang dilansir dari Detik Finance bahwa, adanya pandemi yang terjadi di tahun 2019 hingga membayangi di tahun 2021 ini tentunya merubah perilaku masyarakat sebagai konsumen.

Otomatis bisnis pun juga berubah sehingga terbentuklah kategori dan tipe bisnis yang Minzie sebutkan tadi.

Membahas seputar bisnis hiburan, bisnis ini tentunya akan terus tumbuh pesat seiring dengan perkembangan teknologi. Peran teknologi di dalam industri hiburan bahkan tak terbatas.

Seperti jasa periklanan/advertising. Pemasangan iklan tidak hanya sebatas media konvensional seperti koran, majalah, televisi, radio, hingga billboard tapi juga bisa dengan menggunakan reklame huruf timbul atau letter timbul.

Tidak hanya jasa periklanan saja, kerajinan juga bisa menjadi media entertain yang unik dan menarik.

Bahkan dalam pembuatan jasa iklan dan kerajinan ini, material bahan yang digunakan tidak hanya berasal dari kayu, logam ataupun sejenisnya tapi ternyata akrilik juga bisa loh.

Akrilik merupakan lembaran plastik menyerupai kaca namun memiliki bobot yang lebih ringan, kuat dan tidak mudah pecah, harganya relatif lebih murah, serta dapat digunakan dalam jangka waktu lama.

Penasaran barang apa saja yang bisa dibuat bahan akrilik? Lalu teknologi apakah yang digunakan untuk menunjang produksi tersebut?

Ini dia kreasi berkilau dan unik dari bahan akrilik yang bisa kamu jadikan inspirasi bisnis.

Schedule Board Akrilik

schedule board akrilik

Jadwal deadline tim banyak tapi bingung harus ditulis dimana?

Papan jadwal bisa jadi solusi yang tepat!

Schedule board atau papan jadwal berbahan akrilik bisa banget kamu kreasikan sebagai pengganti papan tulis atau whiteboard.

Nilai plus dari produk ini, desainnya yang simpel dan bentuknya yang transparan akan memudahkan klienmu untuk menaruh catatan deadline tiap anggota timnya. Bermodal kertas post-it, klienmu sudah bisa menaruh cacatan tersebut ke dalam desain kolom tanggal dan hari yang sudah kamu buat.

Kunci utamanya pada penggunaan sekrup standoff sehingga schedule board tersebut bisa dipasang di dinding.

Gantungan Kunci Akrilik

gantungan kunci akrilik

Gantungan kunci akrilik juga masih menjadi salah satu alternatif kreasi bisnis terutama dalam bisnis merchandising.

Jika kamu pernah berkunjung ke kota pelajar yakni kota Jogja, tidak lengkap rasanya jika tidak mampir ke salah satu jalan yang terkenal di pusat kotanya, apalagi kalau bukan Jalan Malioboro!

Sepanjang jalan ini, berjejer deretan toko aksesoris hingga mechandising khas kota gudeg mulai dari kaos, sandal, gelang, kalung hingga yang paling sering dibeli adalah gantungan kunci.

Kreasi gantungan kunci tidak pernah sepi peminatnya. Kenapa?

Karena gantungan kunci juga selalu mengikuti mode terkini. Khususnya yang menggunakan material berbahan akrilik. Selain lebih terjangkau, satu lembar akrilik bisa menghasilkan beberapa gantungan kunci sekaligus.

Kamu bisa mengkreasikannya dengan memberikan sentuhan grafir atau hasil printing seperti tulisan, gambar, bahkan logo.

Lampu Hias atau Lampu Tidur Spotify

lampu hias akrilik

Semakin berkembangnya zaman tentu juga semakin beraneka ragam kreasi yang diciptakan dari material berbahan akrilik satu ini.

Di tahun 2021 ini, kreasi lampu hias LED dengan bahan akrilik menjadi primadona di platform marketplace manapun.

Apa sih yang membuat produk satu ini menjadi booming akhir-akhir ini?

Ternyata kunci larisnya adalah penggunaan clear atau akrilik transparan. Akrilik transparan digunakan agar kesan dari sinar LED bisa lebih terpancar dengan sempurna. Sedangkan untuk desainnya, kamu bisa juga nih memberikan hasil printing gambar berupa playlist lagu menggunakan QR code dari salah satu platform musik, Spotify.

Penggunaan QR code ini mempermudah klienmu untuk terus menikmati musik yang disuka. Selain itu ternyata desain lampu hias dengan playlist lagu juga bisa digunakan untuk menyampaikan pesan secara implisit. Lucu ya!

Advertising Letter Timbul

letter timbul akrilik

Letter timbul atau huruf timbul juga sedang naik daun sebagai salah satu media advertising produk atau jasa. Mulai dari toko, rumah makan, hingga instansi pemerintah menggunakan material satu ini sebagai salah satu media iklan.

Memang keunggulannya apa menggunakan letter timbul akrilik ini?

Lagi-lagi alasan utama penggunaan letter timbul dengan bahan akrilik adalah harganya yang relatif terjangkau. Tapi yang paling sering dijadikan poin pertama adalah karena tampilannya yang lebih eye catching.

Pesan dari penggunaan media ini lebih tersampaikan karena lebih mudah memengaruhi pengunjung untuk datang dan memutuskan membeli sesuatu di toko atau tempat jasa yang mereka kunjungi.

Selain itu bahan akrilik lebih awet sehingga sudah teruji tahan dari cuaca panas dan dingin.

Clipboard Akrilik

cilpboard akrilik

Kreasi kerajinan dari akrilik juga bisa kamu buat menjadi clipboard atau papan dada yang stylish dan unik. Tidak hanya menggunakan clear akrilik tapi kamu juga bisa menggunakan colored akrilik untuk menambah kesan berwarna pada produk clipboard-mu.

Apalagi, banyak pegawai kantor dan bahkan anak sekolah membutuhkan papa dada. Papan dada ini bisa kamu kreasikan dengan menambahkan printing desain gambar atau logo hingga tulisan seperti, gambar confetti, logo perusahaan jika kamu menerima order custom, dan quotes kekinian.

Plakat Akrilik

plakat akrilik

Plakat dengan bahan akrilik untuk cinderamata hingga penghargaan suatu ajang masih sering nih digunakan para pelaku usaha advertising dan trophy. Plakat akrilik ini lebih sering diterima dalam bentuk custom menyesuaikan dengan kebutuhan klien.

Bobotnya yang ringan serta tidak mudah pecah inilah yang membuat material bahan satu ini menjadi salah satu alternatif hemat namun tetap modern mengikuti perkembangan zaman.

Teknologi Penunjang Kreasi Bisnis Akrilik

mesin penunjang bisnis akrilik

Seperti yang sudah Minzie sampaikan di atas, satu bahan saja sudah bisa menghasilkan kreasi kerajinan yang apik nan kreatif, tapi semua kreasi tersebut tentu membutuhkan teknologi penunjang berupa mesin.

Mesin yang mampu menunjang usahamu menciptakan produk-produk tersebut yakni Mesin Laser Cutting CO2 ATLAS TAN 1309A dan Mesin Printer UV NOCAI 6090.

Singkatnya, kedua mesin ini mampu menunjang kebutuhan potong dan grafir produk hingga printing gambar.

Seperti Mesin Laser Cutting CO2 ATLAS TAN 1309A, mesin ini memiliki kelebihan seperti sensor lensa auto fokus bila material yang akan dilaser memiliki ketebalan berbeda. Semisal setelah memotong akrilik dengan ketebalan 20mm, kemudian ingin mengganti bahan akrilik dengan ketebalan 3mm, maka mesin ini akan adjust fokus secara otomatis.

Sedangkan Mesin Printer UV NOCAI 6090, mesin ini cocok loh untuk menambahkan printing gambar di atas akrilik. Mesin ini memiliki kelebihan di hasil tinta yang lebih tajam, ketahanan warnanya lebih kuat baik di outdoor maupun indoor karena tinta yang digunakan bisa menggunakan ecosolvent maupun solvent.

 

 

Gimana? Tidak sulit kan membuat kreasi baru dari akrilik? Kreasi yang sudah Minzie sebutkan tadi ngga kalah kece dan keren dari kerajinan lainnya yang bisa menambah omzet usaha akrilikmu!

Kamu hanya butuh mengerahkan kreativitas dengan selalu up-to-date terhadap kebutuhan pasar. Sekian bahasan artikel kali ini, semoga bermanfaat!

Masih penasaran dengan mesin penunjang tadi? Jangan takut. Konsultasikan saja dengan kami, yuk

Hubungi Kami Deprintz

Bersama Deprintz, Buat Usaha Jadi Mudah!

Share Artikel Ini