Generasi muda melek bisnis merupakan salah satu asset masa depan yang bisa dikembangkan melalui Tefa. Tefa atau singkatan dari Teaching Factory merupakan salah satu program Pemerintah yang ditujukan untuk Sekolah Menengah Kejuruan dalam meningkatkan mutu generasi muda yang melek akan bisnis. Tefa sendiri berarti sebagai model pembelajaran di SMK berbasis produksi atau jasa yang mengacu pada standar dan prosedur yang berlaku di industri dan dilakukan sesuai dengan suasana yang dilakukan di industri.

Dengan kata lain, Tefa menggandeng para industri untuk menilai kualitas hasil pendidikan di SMK. Maka dari itu, Tefa menggandeng Pemerintah, Pemerintah daerah, stakeholders dalam pembuatan regulasi, perencanaan, impementasi maupun evaluasinya.

 

Apa sih tujuan Program Teaching Factory?

Tujuan dari program Tefa ini selain membangun generasi muda melek bisnis, ada beberapa poin lagi yang lainnya. Diantaranya adalah sebagai berikut!

  • Mempersiapkan lulusan SMK menjadi pekerja dan wirausaha
  • Membantu siswa memilih bidang kerja yang sesuai dengan kompetensinya
  • Menumbuhkan kreatifitas siswa melalui learning by doing
  • Memberikan keterampilan yang dibutuhkan dalam dunia kerja
  • Memperluas cakupan kesempatan rekruitmen bagi lulusan SMK
  • Membantu siswa SMK dalam mempersiapkan diri menjadi tenaga kerja, serta membantu menjalin kerjasama dengan dunia kerja yang aktual
  • Memberi kesempatan kepada siswa SMK untuk melatih keterampilannya sehingga dapat membuat keputusan tentang karier yang akan dipilih.

 

Untuk mencapai tujuan tersebut, maka dari itu dibutuhkan industri yang siap dan ikut bertanggungjawab dalam membangun generasi muda yang siap bekerja dan berwirausaha demi melangsungkan hidup lebih mapan di masa depan.

Deprintz menjadi salah satu pilihan beberapa SMK yng terpilih dalam program Tefa dan mendapat bantuan dana sebesar kurang lebih 200 juta. Ada dua SMK yang sudah bekerjasama dengan Deprintz dalam melangsungkan program Tefa demi mewujudkan generasi muda yang melek bisnis. SMK yang sudah bekerjasama dengan Deprintz adalah SMK Antartika 02 Sidoarjo dan SMK Taman Karya Madya Kebumen.

SMK Antartika 02 Sidoarjo dan SMK Taman Karya Madya Kebumen membeli mesin digital printing indoor, mesin 5 in 1, mesin cutting sticker dan mesin DTG. Mesin mesin ini membantu dalam prihal produksi siswa-siswi SMK untuk membuat produk yang diinginkan. Dengan berbagai mesin-mesin ini, siswa-siswi dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam melakukan suatu bisnis.

Deprintz memberikan pelayanan penuh karena berharap generasi muda akan terus berkembang dalam bidang kreatif menggunakan mesin-mesin industri kekinian yang akan menjadi alat utama dalam membangun sebuah usaha. Pelayanan yang Deprintz berikan berupa instalasi dankonsultasi mengenai mesin dan usaha yang bisa dijadikan ladang bisnis di kemudian hari. Bahkan Deprintz juga mengadakan workshop mengenai peluang bisnis sablon digital di SMK Antartika 2 Sidoarjo.

 

 

Mau tau gimana tanggapan para SMK saat bekerjasama dengan Deprintz dan Tefa dalam membangun sebuah bisnis. Begini video mengenai kesan dan pesan, tips dan trik, bagaimana cara bisa tembus program Tefa serta progress setelah menggunakan mesin industri dari Deprintz. Berikut Videonya!

 

 

Nah, itulah penjelasan bisnis mengenai program Tefa yang bekerjasama dengan Deprintz untuk membangun generasi muda yang siap terjun di dunia usaha. Jika sahabat ingin mengetahui mengenai Tefa atau konsultasi soal bisnis bisa hubungi Deprintz ya! Karena bersama Deprintz, Buat Usaha Jadi Mudah!

Share Artikel ini

Related Post