Sticker yang ditempelkan pada badan motor merupakan salah satu aksesoris yang banyak disukai oleh pengendara motor. Tujuannya pun beragam, mulai dari hobi sampai dengan ingin terlihat keren saat mengendari sepeda motornya. Bahkan, kebanyakan dari anda jika kurang senang dengan motif bawaan motor saat membelinya, pasti ingin mengganti motif baru pada tampilan badan motornya agar terlihat lebih menawan.

Tampilan baru ini biasanya disebut dengan stripping atau decal. Decal sendiri merupakan salah satu bisnis yang sangat populer di kalangan pecinta otomotif untuk mempercantik tampilan motornya. Sayangnya, masalah yang sering dihadapi saat ingin mengganti sticker motornya adalah melepas sticker yang sudah dipasang karena terlalu lengket pada badan motornya.

Tentu jika anda ingin mengganti sticker hal yang harus anda perhatikan adalah melepas sticker lama dengan bersih barulah dipasang dengan sticker motif baru yang anda inginkan. Oleh karena itu, disini deprintz akan membantu memberikan artikel mengenai cara melepas sticker yang lengket pada badan motor. Namun, sebelum membahas mengenai cara melepas stickernya, hal yang harus anda ketahui terlebih dahulu adalah jenis sticker motor yang biaa dipakai yakni sebagai berikut!

 

  1. Sticker Cast Vinyl

 

Sumber : amazon.com

 

Sticker vinyl merupakan sticker dengan kualitas grade paling baik dibandingkan sticker lainnya. Namun, harganya pun sangat mahal bisa berkisar 350ribu per meter persegi sampai dengan 1 juta per meter persegi. Biasanya, sticker ini digunakan untuk stripping motor yang mengikuti perlombaan internasional (GP) sehingga sangat lumrah jika harganya pun sangat tinggi.

 

  1. Sticker Oracal

 

Sumber : ronitadp.com

 

Sticker ini termasuk sticker terbaik di pasaran karena memiliki kualitas yang sangat baik jika dibandingkan dengan sticker vinyl biasa, khususnya pada ketahanan terhadap air, sinar matahari atau debu dan kotoran lainnya. Jenis sticker oracal beragam, mulai dari oracal 651, oracal 8100, oracal 8300, oracal 8500 dan lain-lain. Namun, biasanya yang sering digunakan sebagai bahan dasar stripping motor adalah oracal 651.

 

  1. Sticker Ritrama

 

Sumber : tokopedia.com

 

Sticker ini merupakan salah satu sticker yang terbaik pula untuk stripping motor, hampir mirip dengan oracal yakni ketahanan yang sangat baik jika digunakan dalam jangka waktu lama. Ragam jenis sticker ini ada beberapa tipe sesuai kebutuhan, yakni ritrama seri 660 dan seri 670 namun harganya lebih murah dibandingka oracal.

 

  1. Sticker Scotchlite

 

Sumber : shopee.co.id

 

Sticker jenis ini merupakan sticker yang dapat memantulkan cahaya. Sehingga, kana terlihat menyala saat disorot lampu atau sumber cahaya lain. Sticker ini biasa digunakan sebagai peringatan atau tanda seperti saat di malam hari.

 

  1. Sticker DC Fix

 

Sumber : zeppy.io

 

Sticker ini sudah umum digunakan untuk kebutuhan stripping pada badan motor dan memiliki motif yang sangat beragam seperti kulit jeruk, kayu, krom dan lain-lain. Harga sticker ini pun sangat murah dibandingkan yang lainnya, namun untuk kualitas memang masih di bawah sticker oracal ataupun ritrama yang lebih awet. Meski begitu, sticker ini tetap laris dan banyak yang menggunakannya sebagai lapisan dasar.

 

  1. Sticker Polimeric

 

Sumber : ebay.co.uk

 

Sticker ini sudah sering digunakan sebagai stripping motor, namun pilihlah grade yang otomotif karena apabila memilih grade lain akan tidak sesuai ketahanan dan keawetannya. perbedaan umum sticker grade otomotif dan yang bukan adalah ketebalannya karena grade otomotif lebih tebal dibandingkan grade lain.

 

  1. Sticker Glitter

 

Sumber : tokopedia.com

 

Sticker ini memberikan efek blong-bling sehingga menimbulkan kesan mewah dan elegan jika digunakan dengan tepat, khususnya pada pemilihan warna dan bidang yang dilapisi. Warna sticker ini pun beragam, ada warna bunglon yang bisa berubah menyesuaikan tingkat intensitas cahaya yang menyinarinya.

 

Jika anda sudah mengetahui jenis-jenis sticker motor, maka hal yang perlu anda ketahui jika ingin mengganti stickernya dari sticker bawaan motor ke 7 sticker diatas adalah mengetahui cara melepas sticker bawaan motor tanpa ada sisa dengan cara yang mudah. cara melepas stickernya pun bukan asal lepas, namun ada cara yang tepat yang bisa anda lakukan tanpa meninggalkan goresan atau membuat cat motornya terkelupas. Caranya adalah berikut ini!

 

Bahan dan alat yang dibutuhkan :

    • Cairan WD40
    • Hair dryer atau pemanas lain
    • Kartu perdana bekas atau yang sejenis
    • Air sabun
    • Kain lap microfiber

 

Langkah-langkahnya sebagai berikut :

    • Langkah pertama, semprotkan WD40 pada area badan motor yang ditempel dengan sticker dan diamkan selama 1 menit
    • Hair dryer dinyalakan lalu panaskan pada area sticker yang sudah disemprot WD40 secara merata dengan jarak yang tidak terlalu dekat
    • Biarkan sticker sampai megering, jika sudah kering maka kelupas bagian pinggir sticker dengan perlahan. (Biasanya pada tahap ini sudah mudah dilepas)
    • bersihkan sisa sticker yang masing menempel di permukaan dengan menggunakan kartu perdana bekas secara perlahan, upayakan jangan digosok terlalu keras
    • setelah digosok, semprotkan lagi WD40 ke area yang sudah dibersihkan lalu bersihkan pakai air sabun
    • lap bagian yang sudah dibersihkan menggunakan kain lap kering

 

Bila anda kesulitas mencari WD40, anda bisa menggantinya dengan minyak tanah, minyak zaitun, bensin atau cairan khusus untuk membersihkan lem yakni adhesive remover. Penggunaan alternative cairan itu sama seperti WD40 yang sangat aman digunakan pada badan motor.

 

Nah, itulah tutorial melepas sticker motor tanpa meninggalkan bekas. Semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat dan menambah wawasan bagi pecinta motor yang disticker. Tahukah anda, untuk membuat sticker motor itu biasanya dilakukan oleh mesin indoor dan dibantu dengan cutting sticker. Jika sahabat berbinat bisnis stripping motor bisa langsung kontak kami ya. Bersama Deprintz, Buat Usaha Jadi Mudah!

Share

Related Post