Dalam sebuah bisnis, tentu promosi merupakan salah satu alat yang penting untuk memasarkan bisnis anda. Mulai dari promosi offline sampai dengan online harus anda lakukan. promosi online dimulai dari google, untuk membuat bisnis anda muncul di pencarian google adalah dengan cara mendaftarkan bisnis menggunakan google bisnis.

Untuk memulainya, anda harus memiliki akun google terlebih dahulu. Dengan akun google, anda akan bisa mendaftar ke Gmail, Google+, Drive, Maps dan lain halnya. Lebih ideal lagi, apabila anda memiliki email bisnis dengan domain sendiri. Anda akan bisa menggunakan layanan google lainnya seperti G-Suite.

Tapi, anda tak perlu cemas jika belum memiliki semua itu. Anda cukup mendaftar di google bisnis dengan menggunakan akun gmail anda. Adapun langkah dan step yangharus anda lakukan adalah sebagai berikut!

 

  • Pertama-tama, cari Google Bisnisku di Google atau klik link berikut :
    https://www.google.com/business/
  • Apabila sudah masuk di websitenya Lalu klik tulisan “Login” yang berada di pojok kanan atas
  • Kemudian, anda akan diminta untuk menulis informasi data bisnis anda, yang pertama harus anda isi adalah Nama Bisnis anda.


  • Pilih Ya jika anda memiliki alamat toko fisik


  • Selanjutnya, anda akan diminta untuk menuliskan alamat bisnis anda. Pastikan alamat yang anda isi ini benar.


  • Jika anda juga melayani customer anda di luar toko anda pilih Ya


  • Ketik sesuai kategori apa yang bisnis anda miliki (anda bisa memilih lebih dari satu kategori pada saat akhir)


  • Setelah set kategori bisnis anda, selanjutnya anda diminta untuk mengisi informasi kontak anda dan alamat situs/web jika ada.


  • Terakhir, anda akan ditanya oleh google apakah anda ingin mendapatkan informasi atau update terbaru dari google bisnisku, setelah itu tunggu sampai akun anda diverifikasi.

Setelah anda klik lanjutkan pada bagian memverifikasi hubungan anda dengan bisnis ini, kemudian anda akan diminta untuk memilih salah satu cara verifikasi. Anda bisa memilih melalui kartu pos atau bisa verifikasi akun anda lain waktu. Tapi, perlu anda ingat bahwa profil anda pada google bisnisku tidak akan berjalan jika belum memverifikasi akun anda.

Namun, ada beberapa google bisnisku yang memverifikasi melalui phone, email dan listing. Untuk verifikasi melalui email dan phone, anda akan mendapatkan kode verifikasi dari google, lalu anda hanya tinggal memasukkan kode verifikasi yang masuk di phone atau email. Jika menggunakan listing, anda akan memverifikasi akun secara instan karena metode ini menggunakan Google Search Console.

Nah, itulah 9 tahap mendaftar google bisnisku untuk membuat bisnis anda masuk ke dalam pencarian google. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu promosi bisnis anda ke depan sahabat. Bersama Deprintz, Buat Usaha Jadi Mudah!

Share

Related Post