Penampilan merupakan hal yang sangat penting untuk beberapa orang dalam menunjang aktivitasnya. Dengan menggunakan pakaian seperti rok, jaket, baju, tas dan sepatu dengan  motif eye catching akan meningkatkan kualitas penampilan seseorang. Motif pada kain ternyata ada banyak ragamnya, mulai dari motif sederhana sampai dengan yang rumit sekalipun.

Tidak sekedar motif garis-garis, motif polkadot dan motif kotak-kotak di dalam dunia fashion merupakan motif yang unik dan menarik. Untuk anda yang ingin lebih banyak tahu motif-motif lain yang bisa dijadikan motif pada bahan tekstil bisa simak penjelasannya berikut ini!

 

  1. Motif Argyle

Gambar dapperlads.com

Motif ini merupakan motif yang berbentuk seperti berlian atau belah ketupat yang dibuat dengan cara dirajut atau ditenun dengan benang paling sedikit dua warna. Motif ini termasuk motif yang paling umum digunakan untuk membuat motif kaos kaki atau sweater. Jika dilihat dari segi desain, motif ini merupakan motif yang dibentuk seperti segitiga yang dipadukan dengan garis lurus mmotong diagonal. Meskipun umumnya digunakan pada sweater dan kayu, namun motif ini pun dapat digunakan untuk motif tas, sepatu bahkan nail art.

 

  1. Motif Batik

Gambar : cosmopolitanfm.com

Motif batik merupakan salah satu ciri khas Indonesia dengan keindahan yang sudah diakui oleh dunia. Setiap motif batik menambah keindahan tampilan yang mana tiap pola memiliki makna tersendiri. Adapula motif khusus yang terbilang sakral dan hanya bisa digunakan untuk acara-acara tertentu.

 

  1. Motif Chefron

Gambar : tokopedia.com

Motif ini terlihat seperti huruf “V” yang biasanya dikombinasikan dari dua warna, meskipun kebanyakan salah satu warnanya adalah warna putih. Dengan motif yang menyenangkan, motif chefron ini cocok digunakan untuk desain baju atau interior rumah.

 

  1. Motif Camouflage

Gambar : fitinline.com

Motif ini sangat identik dengan tampilan motif loren. Biasanya, motif ini digunakan untuk seragam militer. Namun, semakin banyak peminat yang menggunakan motif ini pun semakin beragam mulai dari jaket atau celana.

 

  1. Motif Chinoiserie

Gambar : id.aliexpress.com

Motif ini merupakan salah satu motif kain yang dibalut dari penyatuan motif Asia dan kecanggihan Eropa dengan sebutan gaya yang aneh, anggun dan teaterikal. Keberadaan motif ini terbilang sangat abadi dengan gaya dekoratif yang cocok untuk desain interior. Desain ini semakin berkembang mengikuti perkembangan zaman, dengan menekankan eksotisme maka desain ini biasanya memeberikan warna-warni kehidupan dan menggambarkan dongeng yang menarik.

 

  1. Motif Damask

Gambar : fesyendesign.com

Motif ini merupakan motif yang terbentuk dari proses tenun kain damask. Bahan serat yang digunakan pada motif ini pun beragam sesuai dengan pemanfaatan dan kegunaan yang diinginkan. Kualitas motif ini ditentukan dari bahan yang digunakan serta penggunaan barang yang dipakai.

 

  1. Motif ditzy

Gambar : fitinline.com

Motif ini merupakan motif yang berbentuk bunga tiga dimensi yang tampak hidup. Motif ini pun bisa ditemukan pada produk aksesoris seperti bros, penjepit atau pita rambut.

 

  1. Motif Fleur-de-lis

Gambar : tokopedia.com

Motif ini merupakan motif bunga yang biasa digunakan untuk desain dekoratif. Jauh sebelum dijadikan motif kain, motif ini sudah lama muncul pada lambang dan bendera Eropa.

 

  1. Motif Floral

Gambar : mizutex.com

Motif ini didefiniskan sebagai motif kain yang bercorak tumbuh-tumbuhan atau bunga. Motif ini sangat digemari oleh banyak wanita karena memiliki motif yang anggun dan cantik dengan dihiasi bunga-bunga besar ddicampur dengan bunga kecil. Salah satu bahan pakaian yang sangat popular menggunakan motif floral adalah berupa chintz.

 

  1. Motif Geomteri

Gambar : tokopedia.com

Motif ini merupakan motif dengan desain yang terukur, seperti segitiga, oval, lingkaran dan kotak. Jenis ini bersifat abstrak yang digunakan untuk busana yang berdesain kontemporer.

 

  1. Motif Gingham

Gambar : indonesian.alibaba.com

Gingham merupakan motif kotak-kotak atau garis yang dibuat dari benang lungsin dan benang pakan halus yang berlainan warna. Secara sepintas, motif ini hampir mirip dengan motif kotak-kotak yang terdapat pada kemeja flannel. Pada motif gingham terdapat perpaduan garis tebal dan tipis membentuk kotak-kotak seperti sarung.

 

  1. Motif Grandpa’s plaid

Gambar : fitinline.com

Motif ini terbentuk dari garis tebal tipis yng teratur dan juga seringkali diidentikkan dengan gaya vintage. Warna-warna yang biasa digunakan pada motif ini adalah warna cokelat, hitam dan abu-abu. Motif ini sangat coock bagi anda yangmenyukai motif klasik.

 

  1. Motif Herringbone

Gambar : id.aliexpress.com

Motif ini merupakan motif yang tersusun dari beberapa persegi panjang atau jajaran genjang yang membentuk pola zig-zag tersusun rapi. Motif ini memiliki susunan sama dengan struktur tulang ikan hering yang menjadi makanan utama bagi ikan-ikan predator di laut lepas.

 

  1. Motif Houndstooth

Gambar : tokopedia.com

Motif ini merupakan motif kain yang memiliki ciri khas menyerupai gigi belakang anjing dalam bentuk kotak-kotak abstrak, runcing dan tidak rata. Motif asal Skotlandia ini umumnya menggunakan warna hitam dan putih maupun warna kontras lainnya. Motif ini sering digunakan untuk motif dasi, kemeja, vest, sepatu, scraft, topi dan lainnya.

 

  1. Motif Ikat

Gambar : mahligai-indonesia.com

Motif ini merupakan salah satu ciri khas dari Indonesia dengan ragam hias yang dibentuk dari proses celup rintang yang menutupi bagian kain yang ingin terlihat polos dengan bahan tertentu.

 

  1. Motif Jacquard

Gambar : ethica-collection.com

Motif ini dihasilkan dari proses tentun dan bukan cetak. Jenis benang yang digunakan juga adalah katun, sutra, wool, linen dan polyester. Sedangkan pola yang terbentuk dan memiliki lapisan kain yang berkilap, licin serta agak berkilau.

 

  1. Motif leopard

Gambar : bukalapak.com

Motif ini merupakan motif yang sempat trend di era 90-an. Motif ini terkesan berani dan ramai sehingga tidak semua orang percaya diri menggunakan motif ini. Jika anda ingin menggunakannya, anda harus pintar dalam memapu padankan motif ini dengan yang anda kenakan lainnya.

 

  1. Motif Madras

Gambar : fitinline.com

Motif ini merupakan pola yang bisa anda lihat dalam berbagai jenis kain. Secara garis besar, pola ini terbuat dari susunan garis-garis yang malang melintang sebagai pembatas kotak-kotak. Dimana pola tersebut memiliki warna yang berbeda.

 

  1. Motif Medallion

Gambar : fitinline.com

Motif ini merupakan motif yang hampir mirip dengan motif mandala yakni berbentuk bulat dan oval dengan berbagai dekorasi di sekelilingnya. Pola ini biasanya menggunakan pola Bunga dan daun di dalamnya.

 

  1. Motif Paisley

Gambar : bukalapak.com

Motif ini berupa motif kain dengan pola seperti tetesan air yang digabungkan dengan corak lainnya sehingga menghasilkan motif yang ramai. Motif ini hampir mirip dengan motif batik Indonesia, namun tak jarang jika motif ini lebih mirip ginjal.

 

  1. Motif Poleng

Gambar : pelajarindo.com

Motif ini merupakan motif khas Bali dengan pola seperti papan catur dengan warna hitam dan putih atau merah putih. Makna dari symbol ini adalah symbol keseimbangan alam, sehingga jumlah kotak pada motif harus sama.

 

  1. Motif Polkadot

Gambar : bukalapak.com

Motif ini merupakan motif berbintik-bintik teratur yang berawal dari majalah Amerika tahun 1800-an dan hanya berwarna hitam putih. Semakin berkembangnya zaman, motif ini menjadi motif yang digemari dan menyebar bagaikan budah pop dengan tampilan yang lebih ceria. Motif ini dapat dilihat diberbagai jenis bahan seperti kemeja, baju, kaos, dress, tas dan sepatu.

 

  1. Motif Stripe

Gambar : fitinline.com

Motif ini merupakan motif garis pada kain yang sifatnya universal sehingga motif ini mudah digunakan oleh siapa saja. Motif garis secara vertical akan membuat orang terlihat lebih ramping, sebaliknya garis secara horizontal membuat orang terlihat lebh gemuk.

 

  1. Motif Tartan

Gambar : e-glam.blogspot.com

Motif ini merupakan motif yang mirip dengan geometri tapi lebih menekankan pada kearah pola kotak-kotak yang terdiri dari garis horizontal dan vertical yang saling menyilang dan memiliki beberapa warna.

 

  1. Motif Tattersal

Gambar : fitinline.com

Motif ini merupakan motif dengan pola kotak-kotak yang sangat unik, tersusun dari beberapa buah persegi dalam persegi yang lain. Motif ini biasanya dipakai sebagai bahan dasar kemeja atau selimut.

 

  1. Motif Tribal

Gambar : kaintribal.blogspot.com

Tribal jika diartikan dalam bahasa inggris berate kesukuan. Sesuai dengan namnya, biasanya motif ini dipakai untuk suatu suku tertentu. Motif ini menonjolkan garis-garis yang sejajar dengan beragam macam warna.

 

  1. Motif Windowpane

Gambar : fitinline.com

Motif ini seringkali dijumpai pada kemeja atau jas pria. Motif ini berupa pola kotak-kotak yang tidak menumpuk dan lebih simple.

 

  1. Motif Zebra

Gambar : bukalapak.com

Motif ini termasuk jenis kain yang mekiliki motif ynag sangat unik dengan tampilan seperti zebra. Motif ini sangat bagus jika digunakan sebagai tampilan kamar karena warnanya yang idah dan netral.

 

Nah, itulah 28 motif pada kain tekstil yang sangat beragam dan juga bisa anda gunakan untuk menambah referensi desain untuk bisnis fashion anda. Semoga artikel ini bermanfaat! Deprintz, Buat Usaha Lebih Mudah.

Share

Related Post