Seperti ‘sayur tanpa garam’ begitulah kira-kira peribahasa yang cocok untuk sesuatu hal yang berkaitan jika berjauhan. Layaknya romeo tanpa julietnya, hampa terasa. Eaaaaa…. Wkwkwk

Sama halnya dengan mesin CNC yang memiliki mata router sebagi pelengkap. Jika tidak ada mata router maka mesin CNC pun tidak bisa berfungsi. Dan tahukah kamu kalau mata router itu banyak macam loh, tiap bentuk fungsinya juga berbeda. Dari bentuk yang begini sampai yang begitu. Begini begitu dudududu 😀

Mata router berfungsi memotong bahan material yang ingin kamu hilangkan atau ingin dibentuk. So, apa aja nih macamnya mata router? Mata router itu banyak macamnya, diantaranya adalah sebagai berikut!

Mata Router Twist Bits

Mata router jenis ini adalah mata router yang paling banyak digunakan karena dapat membuat lubang pada kayu, plastik maupun logam. Mata router ini biasanya digunakan pada mesin bor tangan dan mesin bor duduk, baik secara vertikal ataupun horizontal.

Mata Router Masonry Bits

Mata router Masonry Bits ini terdapat mata pisau diujungnya yang biasanya digunakan untuk melubangi tembok, beton dan beton. Bahan dari mata router ini karakteristiknya keras, jadi penggunaannya selain berputar tapi bisa untuk memukul.

Mata Router Spur Bits

Mata router ini sering disebut dengan mata router kayu. Bagian ujung mata router ini runcing yang berfungsi untuk menjaga mata router agar tetap lurus sehingga lubangnya berbentuk presisi dan pada bagian kelilingnya terdapat pisau penggaris.

Mata Router Countersink Bits

Mata router ini digunakan untu melubangi kayu dengan kepala skrup agar permukaan sama rata. Ujung mata router ini bersudut 90 derajat fungsinya untuk melubangi permukaan kayu 45 derajat.

Mata Router Forster Bits

Mata router ini biasanya digunakan untuk melubangi engsel sendok. Mata router ini sebaiknya digunakan untuk mata bor duduk karna jika pada mata bor tangan maka akan sangat sulit mengendalikan kestabilan posisi mata bor dan lubang yang dihasilkan kurang berkualitas.

Mata Router Hole Saw Bits

Mata router ini seperti mata bor gergaji yang diameternya sekitar 25 – 60 mm dapat diatur sesuai kebutuhan, maka dari itu mata router ini sering disebut gergaji lubang.

Mata Router Metal Standar

Mata router ini digunakan untuk mengebor plat besi, kuningan, aluminium dan akrilik. Jenis mata bor ini ada 2 dipasaran yaitu High Sped Steel (HSS) dan High Speed Steel Cobalt (HSS-Co) dimana HSS-Co lebih keras dari HSS, maka dari itu HSS-Co lebih mahal karena awet.

Mata Router Auger Bit

Mata router ini untuk mengebor aneka jenis kayu atau materil lunak lainnya dengan bentuk ulir tunggal atau single fluit yang fungsinya untuk mengebor putaran rendah. Namun, diameter mata router ini lebih besar dibandingkan dengan mata router biasa.

Mata Router Flat Bit

Mata router ini berbentuk pipih rata (flat) yang bisa dioperasikan dengan bor tangan manual dengan putaran mesin sangat rendah.

Well, gimana Printzie? Udah tau kan sekarang macam-macam mata router CNC. Banyak ya ternyata, eits itu belum semua loh. Penjelasan diatas hanya sebagian mata router yang sering digunakan.

Semoga penjelasan macam-macam mata router dapat membantu kamu lebih paham ya bahwa CNC bisa digunakan untuk berbagai macam material sesuai dengan mata router nya juga. Jadi lengkap deh mereka berdua. Seperti romeo dan Juliet yang selalu bersama 😊

Bersama Deprintz, Buat Usaha Jadi Mudah!

Share Artikel Ini