Menjaga pola makan pada bulan puasa merupakan hal yang harus anda lakukan, apalagi jika anda tetap melakukan aktivitas seperti biasanya. Jika anda tidak menjaga nutrisi yang masuk dalam tubuh, maka akan memungkinkan untuk menyebabkan tubuh menjadi lemas. Untuk menjaga stamina saat puasa, maka asupan gizi harus mencukupi. Anda bisa konsumsi makanan sehat berikut untuk sahur, simak yuk!

 

  1. Pisang

 

 

Jika anda malas makan saat sahur, pilihan menu pisang bisa menjadi solusi. Pisang memiliki serat yang cukup untuk membuat perut anda kenyang seharian dan mudah untuk dikonsumsi. Selain itu, pisang memiliki vitamin B yang dapat menjaga energy dalam jangka waktu yang panjang. Jadi, sedia pisang untuk mengganti menu sahur anda ya sahabat!

 

  1. Telur

 

 

Makanan satu ini merupakan makanan yang kaya akan protein untuk regenerasi sel dan pembentukan otot. Kandungan vitamin pada telur pun sangat bagus, yakni vitamin B kompleks dan vitamin D yang tinggi, membuat sintesis energi dalam tubuh lebih efektif dan maksimal. Namun, anda pun jangan terlalu banyak mengkonsumsi telur. Lebih baik konsumsi telur 5 – 7 butir saja dalam seminggu, karna dalam kuning telur mengandung kolestrol yang tinggi.

 

  1. Bayam

 

 

Jika anda pernah menonton popeye, anda pasti tau bahwa energii yang didapatnya adalah dari bayam. Ternyata ada benarnya juga loh sahabat, karena menurut penelitian Swedia bayam memiliki senyawa nitrat yang mampu meningkatkan mitokondria untuk memproduksi energi. Ingat ya sahabat, pengolahan bayam hanya bertahan 4-6 jam saja sehingga alangkah baiknya jika anda mengkonsumsi bayam segera setelah matang.

 

  1. Daging ikan

 

 

Sudah kita ketahui bahwa ikan memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi, seperti ikan salmon, tuna, sarden, bandeng dan lainnya. Karena ikan-ikan tersebut memiliki kandungan protein yang lengkap, asam lemak omega-3, vitamin D serta vitamin B kompleks yang berfungsi membantu meningkatkan produksi energi tubuh sehingga tubuh tidak gampang lelah.

Selain itu, ikan tuna dan salmon juga memiliki kandungan yang dapat menurunkan kolestrol jahat dalam tubuh jika diolah dengan cara direbus atau dikukus, jangan diolah dengan cara digoreng.

 

  1. Kurma

 

 

Biasanya, kurma dikonsumsi saat akan berbuka puasa. Namun, ternyata kurma sangat baik dikonsumsi saat anda sahur loh sahabat. Kurma mengandung gula alami dan mineral yang tinggi sehingga dapat membantu meningkatkan energi dalam tubuh. Anda bisa konsumsi kurma 4-6 butir saat sahur.

 

Diatas merupakan 5 rekomendasi makanan saat sahur yang dapat anda pilih untuk meningkatkan daya tubuh saat sahur. Dengan makanan itu, anda tetap memiliki nutrisi yang cukup saat puasa. Jadi, jangan ada alasan untuk lemas ya sahabat!

Share

Related Post