Dengan jenis ragam yang digunakan di Indonesia, kain satin mulai diminatioleh banyak pengusaha mulai dari fashion hingga kebutuhan rumah tangga. Pemanfaatan kain satin sendiri memiliki beragam kebutuhan, seperti pakaian dan juga aksesoris fashion lainnya yakni sepatu maupun clutch. Selain itu, banyak sekali pemanfaatan kain satin yang harus anda ketahui, yakni sebagai berikut!

 

    • Kain satin banyak digunakan untuk pembuatan blouse atau kemeja wanita yang bertujuan untuk menonjolkan sisi sensual dan glamour. Kain satin juga biasa digunakan untuk perpaduan dengan kain batik.
    • Dengan karakteristik yang lembut, kain satin memberikan kenyamanan saat dipakai, oleh karena itulah kain satin pun dapat dimanfaatkan untuk membuat pakaian tidur (piyama atau kimono).
    • Selain baju tidur, kain satin pun dapat dimanfaatkan untuk oembuatan gaun pesta, gaun pengantin, lingerie, kebaya, dasi, celana pendek, gamis, blazer, sepatu balet, dan lain-lain.
    • Dalam bidang olahraga pun kain satin dapat dimanfaatkan untuk membuat jaket baseball atau celana atlet.
    • Selain untuk pakaian, kain satin bisa digunakan untuk home decoration, bantal hias, taplak meja, dompet, pouch kosmetik, goodie bag dan berbagai produk rumah tangga lainnya.
    • Untuk anda yang hobi membuat kreasi, anda bisa memanfaatkan kain satin sebagai bahan membuat scrunchie atau ikat rambut.

 

Sumber : tokopedia.com

 

Dengan beragam pemanfaatan, tentu kain satin memiliki banyak kelebihan. Dengan bahan yang memiliki karakteristik sangat nyaman digunakan, kain satin menjadi populer di kalangan pebisnis fashion. Namun, meskipun kain satin banyak sekali manfaat kegunaannya, alangkah baiknya jika anda mengetahui cara perawatan kain satin yang baik dan benar agar kain satinnya tetap dalam keadaan baik dan bagus.

Dengan perawatan yang tepat, maka kain satin dapat anda manfaatkan secara berkala dalam pembuatan fashion maupun aksesoris yang bisa digunakan pada saat acara-acara penting. Oleh karena tu, berikut cara perawatan kain satin yang harus anda ketahui, antara lain sebagai berikut!

 

  • Pisahkan kain satin dengan bahan lain

Sebelum anda mencuci kain satin, hal yang harus anda perhatikan adalah jangan mencampur bahan kain satin dengan bahan lainnya. Usahakan dipisah agar kain satin tidak rusak.

  • Cuci menggunakan deterjen yang lembut

Upayakan saat merendam kain satin menggunakan air dingin dan deterjen yang lembut, karena saat pencucian menggunakan air panas akan membuat kain satin menciut 20 %. Adapun cara-cara mencuci yang benar adalah sebagai berikut :

    • Untuk membersihkan noda yang sangat membandel, caranya dengan merendam kain satin selama 15 menit supaya cairan deterjen dapat menyerap dalam debu dan kotoran dengan baik
    • Gunakan tangan untuk mengucek kain satin secara perlahan, kemudian dibilas hingga bersih. Janga disikat!
    • Jangan mencuci menggunakan mesin cuci atau mengucek yang terlalu kuat supaya kain satinnya tidak cepat rusak
    • Kain satin dengan karakteristik yang halus sebaiknya dicuci dengan system dry clean di laundry.
    • Keringkan dengan handuk

Setelah kain satin dicuci dan bersih, keringkan menggunakan handuk dengan cara menggulungnya. Tekan-tekan kain satin untuk mengeluarkan sisa air lalu buka gulungan handuknya kembali. Selanjutnya, jemur kain satin di tempat yang berangin namun tidak terkena sinar matahari secara langsung.

  • Setrika dengan suhu yang rendah

Jangan menyetrika kain satin menggunakan suhu yang terlalu panas, cukup hangat saja agar kain satin tidak gosong. Bahkan,ada beberapa kain satin yang tidak perlu distrika dan langsung dilempit masuk ke dalam lemari yang bersih, kering dan kering.

  • Simpan di tempat yang bersih

Simpan kain satin ditempat yang sejuk, kering dan bersih. Anda juga bisa menambahkan parfum atau wewangian dengan cara menyemprotnya dari jarak 50 sampai 70 cm supaya zat kimia dalam parfum tidak meninggalkan bercak yang akan mengotori kain satin itu sendiri.

 

Dapat ditarik kesimpulan, kain satin memiliki manfaat bagi kebutuhan fashion dan asesoris. Namun, anda pula harus bisa merawat kain satin supaya produk yang berbahan dasar satin anda tidak mudah rusak. Oleh karena itu, penting kiranya bagi sahabat untuk merawat dengan baik kain satin menggunakan tips perawatan diatas ya. Sempga artikel ini bermanfaat untuk anda, karena bersama Deprintz, Buat Usaha Jadi Mudah!

Share

Related Post