Dewasa ini, banyak orang sudah mengenal kata printing. Ketika mendengar kata printing yang terlintas adalah sebuah tulisan atau gambar diatas kertas. Namun, hanya berbentuk dua dimensi atau tidak memiliki volume.

Itu dahulu, saat ini semakin berkembangnya suatu zaman, maka semakin berkembang pula teknologi yang semakin optimal. Saat ini, sudah ada hasil printing dengan bentuk yang lebih nyata, kata lainnya adalah bervolume. Bentuk bervolume itu artinya berbentuk 3 dimensi, dimana anda dapat melihat bentuk asli dari sebuah hasil yang lebih real. Dengan adanya teknologi 3D ini, banyak kalangan yang terbantu karena dapat menunjukkan sebuah detail bentuk benda yang lebih baik dibandingkan sebuah kertas.

 

Foto : shutterstock.com

 

Ternyata mulai berkembang dari tahun 2010

Teknologi canggih ini ternyata sudah dikenal banyak orang sejak tahun 2010. Namun, di Indonesia masih banyak yang awam akan informasi mengenai mesin 3D printer dikarenankan kurangnya sosialisasi dan informasi, sehingga pengguna teknologi masih dikatakan sedikit. 3D printing yaitu proses pencetakan yang memungkinkan nyata objek 3D yang akan dibuat dari data digital atau disebut teori stereolithography.

Foto : shutterstock.com

 

Padahal, mesin ini memiliki potensi yang sangat besar di masa depan karena pasar menerima dengan baik adanya teknologi ini. Mesin ini memiliki teknologi mencetak yang sangat baik dan prsisi serta menghemat biaya dibandingkan dengan teknik terdahulu. Perkembangan yang sangat pesat mengenai mesin ini, namun Indonesia tidak termasuk kedalamnya. Sungguh disayangkan ya?

Memiliki banyak fungsi

Fungsi dari mesin printer 3D sebenarnya sangat banyak dimulai dari manufaktur, pendiikan, arsitektur, dan lain-lain. 3D printing ternyata sangat mudah penggunaanya, karena hanya perlu software dalam pengerjaannya.

 

Foto : shutterstock.com

 

Selain itu, anda dapat membuat barang-barang tumah tangga seperti piring, mangkuk, gelas serta barang-barang unik lainnya. Bahkan tidak hanya itu saja, mesin 3D printing pun sangat dibutuhkan dunia medis yaitu untuk membuat replica organ-organ tubuh manusia untuk penelitian.

Peluang Masa Depan

Di Indonesia, mesin 3D printing akan berkembang secara pesat karena banyak pengrajin yang memiliki ide-ide kreatif dalam membuat berbagai produk dari mesin 3D printing salah satunya mesin 3D printer Silhouette alta yang lagi booming.

 

Foto : shutterstock.com

 

Sudah banyak ditemukan para pengrajin yang sudah berkembang di Indonesia, sehingga banyak yang mulai merambah ke dunia 3D printing ini. Karena mereka sudah sadar akan potensi yangada pada usaha di dunia 3D printing. Semoga Indonesia ke depan dapat menjadi salah satu Negara yang memiliki beragam usaha dengan memanfaatkan mesin 3D printing untuk membantu perekonomian masyarakat.

Share

Related Post