Bulan suci Ramadhan menjadi salah satu momen yang paling ditunggu di Indonesia, tidak hanya bagi umat muslim sendiri tapi juga umat lainnya, karena di bulan inilah kita semua bisa merasakan suasana yang menghangatkan dan banyak berkah yang  tersebar.

Namun, masih sering kita temui kebiasaan yang dianggap sebagai sebuah fakta tanpa melakukan proses pencarian kebenarannya. Bulan Ramadhan masih sering dijadikan sebagai sebuah tameng dalam melakukan ibadah tersebut dengan fakta yang belum bisa dipertanggungjawabkan, karena fakta tersebut hanyalah sebuah mitos dan berikut beberapa mitos yang sering dianggap sebagai fakta selama masa Ramadhan :

 

 

  • Gosok gigi selama masa puasa

“Bau mulut orang berpuasa ini sebenarnya wangi loh kalau di surga” ungkapan yang sering kita dengar saat bertemu dengan kawan sesama muslim. Tidak ada yang menyalahkan perihal ungkapan tersebut, namun akan lebih baik jika kita bisa menjaga kondisi mulut kita dengan bergosok gigi dengan lebih ekstra saat Ramadhan. Ungkapan jika akan batal puasanya saat kita bergosok gigi adalah sebuah mitos. Sebenarnya bukanlah batal, kuncinya saat kita  bergosok gigi kita harus lebih hati-hati dalam prosesnya dan tidak menelan hasil gosokan tersebut.

 

  • Kurangi olahraga saat Ramadhan

Mau olahraga tapi khawatir akan kelelahan dan akhirnya batal? Jangan khawatir, karena pada saat Ramadhan ini olahraga menjadi salah satu hal penting yang harus dilakukan. Bahkan para ahli pun setuju dengan aktifitas olahraga ini saat menjalankan ibadah puasa. Tapi, dengan catatan untuk berolahraga dilakukan pada saat sebelum waktu berbuka atau setelahnya dengan masa 30 menit.

 

  • Kumur-kumur bikin batal

Trik untuk menyegarkan kondisi mulut saat lama berpuasa ini sering dikaitkan dengan membatalkan puasa. Sama halnya dengan bergosok gigi, kumur-kumur sebenarnya tidak membatalkan puasa atau hanyalah sebuah mitos. Asalkan kumur-kumur tersebut tidak akan tertelan dan anda harus berhati-hati, apalagi jika kumur-kumur tersebut pada saat wudhu, itu sih boleh banget. Ingat, kumur-kumur nya jangan dengan air kelapa dingin ya, Sahabat!

 

  • Penderita maag lebih baik jangan berpuasa

Ini salah satu ungkapan yang perlu digarisbawahi, karena ini hanyalah sebuah mitos. Maag bukan menjadi alasan atau faktor sah untuk tidak melakukan kegiatan puasa. Sebenarnya puasa tersebut justru membantu menyegarkan atau mengembalikan atau memperbaiki keadaan maag bagi mereka. Hal tersebut dikarenakan, selama berpuasa Sahabat akan memiliki jam makan dan makanan yang dikonsumsi lebih terkontrol. Namun, akan berbeda kasusnya jika Sahabat memiliki kondisi maag organik, wajib untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

 

 

Nah, gimana sahabat? Ternyata ungkapan yang sering kita dengar tersebut masuk dalam kategori mitos. Selama momen Ramadhan ini adalah waktunya untuk diisi dengan aktifitas yang positif dan pastikan opini yang ada selama Ramadhan tersebut merupakan kebenaran yang ada. Bukan sekedar kata “mungkin” atau belum jelas dalil dan penelitiannya.

Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan!

Share

Related Post