To know thyself is the beginning of wisdom” merupakan salah satu kalimat yang populer dari seorang Socrates. Tapi, apa yang sebenarnya anda ketahui dari “paham dengan diri anda”?

Saat anda masih belum memahami perihal diri anda dengan baik, mungkin anda yang sekarang adalah kehidupan yang anda lakoni berdasarkan kecelakaan ataupun keberuntungan yang selalu beriring. Sudah saatnya anda harus mulai memahami pribadi anda lebih baik bukan karena situasi yang memaksa, melainkan menjadi pribadi yang sengaja anda ketahui, anda niatkan, dan anda yang mendesain.

Apakah anda siap untuk lebih memahami pribadi anda?

Simak beberapa tips dalam mengenal diri anda lebih baik disini

 

  • Saatnya jujur dengan diri anda

Disaat seperti ini, yang sangat anda perlukan adalah sebuah pengakuan atau kejujuran dengan diri anda. Cobalah untuk tulis beberapa kelebihan yang anda miliki dan beberapa kekurangannya. Tuliskan hal tersebut pada secarik kertas sebagai media untuk mempermudah melihat konsep pribadi anda sebenarnya. Hal yang perlu anda lakukan selanjutnya adalah berikan kalimat pengakuan tentang diri anda dengan memberikan poin kelebihan yang paling mencerminkan diri anda. Baca kalimat tersebut dan yakinkan diri anda, sedangkan kekurangan tersebut cukup disimpan sebagai pengingat pribadi anda. Jangan lupa untuk tempel tulisan tersebut di dekat meja kerja anda atau tempat anda berkaca setiap hari.

 

  • Kembali dengan tulisan

Menulis menjadi salah satu tips yang akan menarik dan menantang bagi anda yang jarang menulis, terlebih menulis sebuah jurnal. Menulis sebuah jurnal akan membawa anda untuk lebih mengenal dari tulisan yang secara tidak sadar tertuang, sebuah motivasi, emosi, hingga segala hal yang muncul di kepala anda. Sediakan beberapa menit yang setiap harinya untuk menulis di sebuah jurnal sesuai dengan apa yang sedang anda rasakan saat itu.Saat anda mengalami hal negatif, coba tuliskan bagaimana hal tersebut berdampak pada anda dan saat melakukan kesalahan, tuliskan bagaimana solusi dan yang harus diperhatikan kedepan. Perhatikan pola tulisan anda setiap harinya dan anda akan mendapat jawaban siapa diri anda sebenarnya.

 

  • Cobalah untuk melamun

Metode ini mungkin akan dirasa kurang relevan dengan konsep yang ingin dicapai. Tapi, apa salahnya mencoba tips ini untuk mendengar dan memahami diri anda lebih baik. Disela-sela kegiatan anda setiap harinya, berikan waktu sekitar 10-15 menit untuk anda melakukan metode ini, diawali dengan beberapa tarikan nafas yang cukup dalam dan masuk ke fase melamun ini. Metode ini akan membawa anda seakan masuk di dunia lain dan akan terdengar banyak mulut beropini dan berargumentasi di kepala anda. Waktu yang telah disediakan tersebut akan berakhir saat argumentasi mulai mereda dan anda sadar dengan pribadi anda.

 

Coba pahami lebih dalam siapa diri anda sebelum memulai bisnis ke arah yang lebih serius. Bisnis yang dibangun oleh seorang pencetus yang memahami pribadinya akan tumbuh lebih baik dan mudah menemukan solusi saat ditemukan beberapa kendala. Pahami diri anda dan bangun bisnis anda.

Share

Related Post

Segera Dapatkan Info Terbaru dari Kami

Gak Pake Lama, Input Email Anda Disini!

You have Successfully Subscribed!