Reklame dipakai untuk menyebarkan informasi kepada khalayak ramai sebagai media promosi. Reklame bertujuan untuk menunjukkan berbagai produk, jasa dan hal-hal untuk menarik perhatian pembeli. Reklame dan iklan sebenarnya memiliki fungsi yang sama, namun perbedaannya adalah pembuatannya yang menggunakan kata-kata singkat disertai gambar.

Reklame memiliki fungsi yang diringkas secara jelas berikut ini!

 

    1. Memberikan informasi mengenai produk, perusahaan dan jasa kepada khalayak.
    2. Memengaruhi dan membujuk konsumen untuk membeli produk dan jasa yang anda informasikan
    3. Menunjukkan kesan tertentu tentang jasa dan produk ang direklamekan kepada khalayak
    4. Memberikan kepuasan kepada konsumen mengenai keinginan tentang produk atau jasa
    5. Sebagai alat penghubung antara konsumen dan penjual

 

Secara garis besar, reklame bertujuan untuk memperluas pasar sebagai salah satu alat untuk menunjukkan kepada konsumen bahwa produk dan jasa yang anda reklamekan merupakan keinginan yang dibutuhkan konsumen itu sendiri.

Namun, tahukan anda bahwa reklame yang baik adalah reklame yang memiliki maksud yang sesuai. Agar reklame sesuai dengan tujuan dan fungsinya, maka reklame harus memiliki beberapa kriteria sebagai berikut.

 

  1. Design dan Layout sederhana

Layout reklame yang sederhana biasanya memiliki pesan yang mengena karena dapat dengan mudah diterima oleh audien. Desain yang anda buat juga lebih baik harus singkat dan menunjukkan suatu ide yang menarik dengan ekspesi yang jelas sehingga audien pun terpengaruh untuk membeli produk atau jasa yang anda promosikan.

 

  1. Kata yang ringkas dan padat

Kata yang ringkas, padat dan jelas memberikan kesan simple namun mengundang orang lain untuk membaca pesan yang anda bagikan. Oleh karena itu, manfaatkan kata-kata yang tidak terlalu panjang, karena dalam komunikasi iklan reklame hanya membutuhkan 3 sampai 7 detik saja. hal ini bertujuan agar pembaca dapat dengan cepat menyerap informasinya, apalagi reklame biasanya digunakan dipinggir jalan. So, pengemudipun tetap dapat membaca walaupun dalam keadaan bergerak.

 

  1. Jenis Huruf dan teks harus besar

Jenis huruf dan teks yang besar bertujuan ketika sasaran yang anda tuju jauh. Oleh karena itu, anda membutuhkan huruf teks yang besar agar memudahkan audien untuk membaca informasi yang anda bagikan itu sendiri.

 

  1. Gambar

Gunakan gambar yang besar agar memudahkan para pembaca untuk melihat. Gambar motor 1 atau 2 yang besar lebih baik dibandingkan dengan gambar motor kecil yang berisi 10. Lebih baik menampilkan produk anda seperti emas dalam gambar yang besar ketimbang rumah yang besar ditampilkan dengan gambar ukuran kecil. Powernya sebuah gambar adalah untuk menambah keyakinan audien untuk membeli produk anda.

 

  1. Warna yang Kontras

Warna merupakan hal penting dalam desain suatu reklame. Warna dengan tingkat kontras yang tinggi pada desain reklame, maka semakin mempermudah audien untuk membaca pesan reklame anda. So, gunakan warna kontras yang tinggi seperti warna  merah dengan hijau, kuning dengan ungu atau yang lainnya.

 

Nah, itulah berbagai hal yang perlu anda perhatikan sebelum membuat reklame agar mudah diterima oleh audien. Semakin mudah diterima audien, maka semakin mudah pula audien terpengaruh untuk membeli produk atau jasa yang anda reklamekan.

Bagi anda yang ingin memasang reklame dengan hasil yang bagus dan pelayanan terbaik dapat hubungi Deprintz ya! Terimakasih.

Share

Related Post