Perawatan terhadap suatu barang merupakan hal yang penting untuk anda lakukan supaya barang itu selalu dalam keadaan bagus. Ketika barangĀ  yang anda miliki itu selalu dirawat, sudah pasti kualitas nya tidak akan berubah. Maka dari itu, pentingnya perawatan dalam suatu barang adalah untuk meminimalisir kerugian.

Nah, kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara merawat genset untuk menjaga fungsi genset agar selalu maksimal. Namun, hal yang harus anda perhatikan adalah merawat pada saat kondisi mesin anda mati untuk menghindari terjadinya bahaya. Perawatan genset harus dilakukan secara aman dan tepat. Perawatan genset dapat dilakukan dengan 11 cara yaitu :

 

 

  1. Operasikan Genset dengan benar

Sebelum menggunakan genset, pastikan anda membaca petunjuk dan buku panduan yang ada pada genset tersebut terlebih dahulu. Pastikan anda membaca cara menyalakan, mematikan dan mengoperasikan arus AC. Anda harus paham betul bagaiaman mengoperasikan genset agar tidak merusak genset atau menimbulkan bahaya yang diakibatkan salah dalam pengoperasiannya.

 

  1. Ketika ada sesuatu yang Janggal, Matikan Genset

Apabila terjadi sesuatu hal yang janggal pada genset saat anda sedang menggunakannya, seperti suara yang terlalu keras atau genset bergetar terlalu kuat, maka segera matikan genset anda. segera panggil teknisi genset yang lebih memahami genset untuk dicek dan diperbaiki.

 

  1. Letakkan genset ditempat yang aman

Posisi genset pun sangat penting, anda harus meletakkan genset ditempat yang aman. Letakkan ditempat yang rata, di luar ruangan, dan jangan sampai kena air atau hujan. Dan jagan letakkan genset dibawah sinar matahari, walaupun di luar ruangan alangkah baiknya jika jangan sampai terkena sinar matahari langsung.

 

  1. Bersihkan Genset secara berkala

Bersih adalah sebagian dari iman. Begitulah peribahasanya, maka dari itu jangan lupa selalu bersihkan genset setelah anda menggunakannya. Namun, jangan lupa membersihkannya ketika posisi genset sudah dingin untuk menjaga keselamatan anda. bersihkan genset terutama pada radiator gensetnya untuk meminimalisir kerusakan dan mengoptimalkan kerja genset.

 

  1. Ganti sparepart yang sudah lama

Gantilah spartpare mesin pada genset ketika sudah lama digunakan. Biasanya sparepart yang sudah sering digunakan tidak akan seoptimal ketika sparepart masih dalam kondisi pro. Apalagi ketika sparepart sudah berkarat, ini perlu anda ganti agar tidak terjadi masalah.

 

  1. Operasikan Genset di ruangan yang tepat

Jangan gunakan genset di dalam ruangan yang tidak memiliki sirkulasi udara yang baik, sebaiknya anda gunakan di luar ruangan yang memiliki atap namun sirkulasinya baik. Karna selain melindungi keselamatan anda terhadap bahaya genset, untuk menjaga kualitas genset itu sendiri agar tidak mudah rusak.

 

  1. Cek kabel Instrumen secara berkala

Kabel pada genset harus dicek setiap kali anda ingin menggunakan genset. Jaga-jaga ketika anda ingin menggunakan apakah ada kabel yang pututs untuk meminimalisir terjadinya konsleting listrik. Ketika anda melihat kabel dalam kondisi yang sudah robek atau mau terputus, maka gantilah kabel itu dengan kabel yang baru.

 

  1. Jangan biarkan bahan bakar kosong

Penting untuk anda perhatikan ketika mau menggunakan genset atau selesai menggunakan genset jangan lupa mengisi bahan bakar genset. Periksa setiap hari apakah bahan bakarnya masih terisi atau sudah mau habis. Jika bahan bakar genset sudah mau habis, pastikan anda mengisinya namun terlalu penuh.

 

  1. Periksa Distilled Water

Periksalah bagian distilled water yang ada pada baterai genset. Usahakan rutin ketika anda melakukan dalam jangku tertentu. Biasanya pengisian ulang wajib dilakukan dalam 2 atau 3 tahun sekali. Jika tidak, maka genset tidak akan bekerja secara optimal kembali.

 

  1. Periksa Oli mesin

Oli pada genset merupakan hal yang paling penting untuk anda perhatikan. Oleh karena itu, periksa oli mesin secara berkala agar genset tidak cepat rusak. Jika terlihat oli mesin sudah hitam (keruh), maka sebaiknya anda mengganti olinya. Biasanya ganti oli dilakukan 6 bulan sekali untuk merawat keadaan genset agar tetap dalam keadaan stabil.

 

  1. Panaskan Genset secara Rutin

Sama halnya dengan kendaraan, genset juga harus rajin untuk dipanaskan untuk menjaga optimalisasi kualitas genset oti sendiri. Lakukan pemanasan genset minimal 3 hari sekali selama 5 atau 10 menit untuk menjaga sirkulasi oli mesin agar tetap berjalan dengan maksimal.

 

 

Penjelasan diatas sangat wajib anda lakukan untuk membuat genset anda dalam keadaan yang selalu stabil. Perawatan pada genset penting untuk meminimalisir kerusakan pada genset itu sendiri. Sehingga ketika anda menggunakannya kembali maka tidak akan ada hal yang harus dikhawatirkan.

Nah, untuk itu anda harus rajin dalam merawat genset di rumah ya? Semoga artikel ini bermanfat ^^

 

 

 

Share

Related Post

Segera Dapatkan Info Terbaru dari Kami

Gak Pake Lama, Input Email Anda Disini!

You have Successfully Subscribed!