Ketika anda memulai suatu bisnis, maka anda membutuhkan yang namanya iklan atau promosi. Iklan berarti menyebarluaskan produk atau layanan anda terhadap orang banyak. Menurut Kotler (2002:658) Periklanan didefinisikan sebagai bentuk penyajian dan promosi ide, barang atau jasa secara nonpersonal oleh suatu sponsor tertentu yang memerlukan pembayaran.

Secara garis besar, maka Advertising dikenal sebagai bentuk promosi non personal dengan menggunakan berbagai media yang ditujukan untuk mempengaruhi dan merangsang pembelian. Oleh karena itu, advertising sangat dibutuhkan bagi anda yang ingin mendapatkan keuntungan yang besar. Secara umum, iklan memiliki beberapa karakteristik yang wajib anda tahu, diantaranya sebagai berikut!

 

    1. Iklan merupakan suatu bentuk komunikasi yang berbayar
    2. Iklan termasuk kedalam Nonpersonal komunikasi
    3. Iklan merupakan massifikasi pesan dengan menggunakan media massa
    4. Iklan biasanya menggunakan sponsor yang sudah teridentifikasi
    5. Iklan bersifat mempersuasi dan mengajak khalayak umum
    6. Iklan bertujuan untuk merai audiens sebanyak-banyakanya untuk menghasilkan keuntungan setinggi-tingginya

 

Nah, dari karakteristik iklan tersebut dapat anda ketahui bahwa iklan memiliki hal-hal penting. Selain itu, iklan memikili tujuan. Tujuan iklan diklasifikasikan menjadi 3 janis, yakni sebagi berikut!

 

  1. Iklan Informatif (Informative Advertising)

Iklan Informatif bertujuan untuk memberikan kesadaran akan pengetahuan tentang produk baru serta fitur-fitur baru. Sehingga, dengan iklan ini orang akan banyak mengetahui berbagai produk baru yang anda jual, atau pelayanan baru yang anda jual. Sehingga, mereka mendapatkan informasi secara cepat tanpa harus menunggu waktu yang lama. Iklan akan membantu konsumen mengetahui informasi yang fresh dari anda.

 

  1. Iklan Persuasif (Persuasive Advertising)

Iklan ini bertujuan untuk memmbuat orang menyukai serta meyakinkan konsumen untuk membeli dan menggunakan barang atau jasa anda. Oleh sebab itu, dengan iklan anda akan terbantu untuk menarik perhatian orang lain agar melirik iklan yang anda pasang.

 

  1. Iklan Reminder (Reminder Advertising)

Dengan adanya iklan ini, maka konsumen akan terdorong untuk membeli lagi (Repeat order) barang atau jasa anda. Dengan iklan ini, konsumen akan tersadar akan pentingnya barang atau jasa anda. Iklan ini dapat berjalan ketika komunikasi anda dan konsumen berjalan dengan baik. So, jangan pernah lupa untuk tetap berkomunikasi dengan konsumen anda!

 

Dalam melakukan iklan diatas, anda membutuhkan media sebagai alat untuk memasang iklan anda. Untuk itu, jika dilihat dari media yang digunakan, maka advertising dapat dibedakan menjadi beberapa hal berikut!

 

  • Advertensi Cetak

Media ini biasanya berbentuk seperti Koran, majalah, dan media cetak lainnya.

  • Advertensi Elektronika

Media ini biasanya dikemas dalam bentuk yang bisa diakses menggunakan suara atau tulisan. Seperti website, radio, televise dan yang lainnya.

  • Transit Advertising

Pada media ini biasanya berbentuk seperti bulletin, poster atau spanduk, stiker dan lain halnya.

  • Kiriman langsung

Jenis media ini biasanya membutuhkan bantuan jasa pengiriman (kurir). Artinya yakni dikirim secara langsung melalui pos kepada calon pembeli yang sudah menjadi target market anda.

  • Advertensi Khusus

Jenis iklan ini terbilang cukup unik, yakni melakukan iklan namun dalam bentuk hadiah. Sehingga orang melihat seperti hadiah, namun sebenarnya anda sedang iklan produk dan jasa anda.

 

 

Nah, dari berbagai penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa berbagai iklan advertising memiliki karakteristik, tujuan serta media yang beragam. Tinggal anda ingin melakukan promosi iklan sesuai dengan apa yang anda inginkan.

Oleh karena itu, sebelum anda melakukan iklan melalui jasa advertising. Pastikan anda mengetahui berbagai hal diatas, agar anda dapat melihat seberapa besar hal itu cocok untuk produk yang anda jual. Oya, dan pastikan pilih Jasa Advertising Terpercaya ya! Semoga bermanfaat..

Share

Related Post