Sama tapi berbeda, itulah kata yang tepat untuk kedua jenis mesin ini. Printer DTG dan UV LED secara tidak langsung memiliki kemiripan dalam mencetak kain secara langsung tanpa bantuan heat press. Jika dilihat dari kerangka mesin, tentu sahabat akan lebih memahami bahwa kedua mesin ini ternyata berbeda, bahkan dalam segi kegunaan pun ada banyak hal yang berbeda loh!

Berikut penjelasan singkat mengenai perbedaan dari Printer DTG dan Printer UV LED ini, Disimak baik-baik ya sahabat!

 

Printer DTG

Printer DTG dikenal sebagai printer kaos digital yang dirancang untuk mencetak pada pakaian dengan menggunakan teknologi ink jet ataupun modifikasi. Jenis textile yang bisa digunakan adalah kaos. Teknologi ini akan memiliki dampak tahan lama atau tidak luntur walaupun dicuci berkali-kali. Tinta yang digunakan pada printer ini adalah jenis tinta textile yang tidak ada batasan dalam penggunaan warna.

Cara kerja pada printer DTG pun tidak rumit namun sederhana, sama halnya seperti printer kertas biasa. Hanya saja, media yang dipakai adalah tekstil atau kain. Cara kerja mesin ini dimulai dari tinta dan langsung ke dalam media tekstil yaitu kaos. Setelah itu, melakukan treatment dan diakhiri dengan meng-press kaos sebagai finishing, agar tinta pada kaos lebih menempel dan hasil yang sempurna.

Printer DTG memiliki banyak tipe dengan beragam fitur sesuai dengan kebutuhan, namun secara umum bisa disimpulkan bahwa fitur mereka adalah sebagai berikut :

  • Dapat mencetak kaos secara instan tanpa adanya batasan warna / colorfull
  • Dapat mencetak kaos secara satuan dengan desain yang berbeda
  • Waktu yang digunakan selama proses lebih cepat dibandingkan dengan sablon manual

 

Printer UV LED

Berbeda dengan pinter DTG, mesin UV LED merupakan mesin yang dikerjakan menggunakan sinar lampu ultraviolet yang berfungsi sebagai pengering tinta pada media cetak saat proses berlangsung. Mesin ini dapat memproduksi secara cepat dengan jumlah yang lebih banyak, dikarenakan proses pengeringan pada mesin ini sangatlah cepat. Perbedaan dengan mesin DTG adalah, mesin ini menggunakan cara kerja yang lebih praktis karena pengerjaannya tidak memerlukan proses treatment.

Tinta yang digunakan UV LED pun menghasilkan permukaan yang halus dan tahan pudar. Tinta yang digunakan untuk mesin UV merupakan jenis tinta yang aman dan ramah lingkungan, serta memiliki warna yang beragam sehingga sahabat bisa bermain warna sesuai dengan yang diinginkan ke dalam media.

Printer UV juga dapat mencetak berbagai macam media seperti kayu, stainless stel, keramik ubin, plastik, kaca, alumunium, casing, kaos putih dan lain-lain. Selain dapat mencetak di berbagai media, mesin UV LED memiliki kelebihan sebagai berikut :

  • Menggunakan sinar UV untuk mengeringkan hasil cetak
  • Proses waktu pengerjaan yang lebih cepat
  • Tidak membutuhkan proses treatment

 

Begitulah penjelasan mengenai perbedaan Printer DTG dan Printer UV. Walaupun memiliki proses yang sama-sama langsung diaplikasikan di media, namun kedua printer ini juga memiliki perbedaan. Jadi, jika anda ingin mencetak kaos dengan hasil warna yang cerah dan tajam, anda bisa menggunakan printer DTG. Tetapi, jika anda ingin mengaplikasikan ke berbagai media anda bisa memilih printer UV LED sebagai solusi.

Kedua mesin ini memiliki kelebihan yang dapat menunjang usaha percetakan anda dan melengkapi satu sama lain. Semoga artikel ini bermanfaat sahabat!

Share

Related Post

Segera Dapatkan Info Terbaru dari Kami

Gak Pake Lama, Input Email Anda Disini!

You have Successfully Subscribed!