Pembahasan perbedaan mesin CNC dan mesin laser cutting engraving sudah kita bahas kemarin. Namun, gak afdol jika kita tidak mengartikan apa itu mesin CNC router. Mesin CNC Router merupakan mesin yang dikontrol dengan computer menggunakan bahasa numerik atau kata lainnya adalah angka dan huruf.

Mesin CNC sangat teliti, tepat, fleksibel dan cocok untuk produksi dalam jumlah besar, Karena mesin ini dirancang khusus untuk mempercepat pengerjaan sehingga banyak perusahaan yang menggunakan mesin CNC dalam pembuatan.

Di Industri menengah dan besar jenis mesin CNC ada 2 macam yaitu Mesin CNC Bubut dan Mesin CNC Milling. Mesin CNC yang dikendalikan dapat membuat bentuk linear, lingkar atau bentuk parabola dengan mudah karena mesin CNC menggunakan bahasa numeric yang sesuai dengan standart ISO.

Banyak sekali yang menggunakan mesin CNC dalam bidang riset, pendidikan dan manufaktur untuk membantu pemroduksian mendapatkan hasil yang bagus dengan waktu yang cepat. Mesin CNC pun mempunyai 3 fungsi yang hampir sama dengan mesin laser cutting yaitu :

  1. Memotong

Mesin CNC untuk memotong bahan yang dilansir dari Otosia.com

Mesin CNC dapat memotong bahan material dengan hasil yang cepat namun tidak mengecewakan. Hasil mesin CNC juga sangat presisi sehingga bentuk akhir bahan materialnya pun sangat bagus.

Jika di mesin laser cutting menggunakan 2 gerakan, di mesin CNC menggunakan 3 gerakan. Itulah yang membuat mesin CNC lebih cepat dibanding dengan mesin laser cutting. Bahan yang dapat dipotong mesin CNC adalah keramik, kayu, kaca, aluminium, stainless dan lain sebagainya.

 

  1. Menggrafir

Mesin CNC untuk menggrafir kayu

Mesin CNC juga disertai kemampuan untuk menggrafir bahan material seperti pembuatan trofi, aksesoris, sampai dengan perhiasan-perhiasan. Grafir mungkin bahasa yang jarang terdengar, namun grafir itu tak lain adalah memahat. Namun memahat memerlukan waktu yang lama dan perlu skill yang tinggi dalam membuatnya.

Dengan semakin berkembangnya zaman, terciptalah mesin CNC yang membantu proses penggrafiran untuk menghasilkan seni yang berkesan.

 

  1. Membuat Marka

Hasil dari marking

Membuat marka biasanya memberikan simbol atau tulisan pada bahan untuk menunjukkan tanda agar orang lain dapat dengan mudah mengenali perusahaan atau industri. Biasanya marka ini tertulis di kayu, aluminium, kaca dan banyak yang lainnya.

 

Nah, itu lah pengertian dan kegunaan mesin CNC Router yang sebenarnya hampir sama dengan mesin laser cutting. Hanya perbedaannya mesin CNC router lebih cepat dikarenakan menggunakan 3 gerakan sehingga dapat membuat produk dengan tiga dimensi. Tetapi, bukan berarti mesin CNC lebih unggul ya. Karna setiap mesin punya kelebihan dan kekurangan. Perbedaan diantara mesin laser cutting dan mesin CNC Router sudah dijelaskan kemarin. (Baca : Perbedaan mesin laser cutting dan mesin cnc Router).

Well, mungkin segini dulu penjelasan mesin CNC router ya sahabat deprintz. Bulan ini kita akan kupas tuntas mengenai mesin CNC. Stay tune di blog mimin yaaaa ^^

Share Artikel ini

Related Post