Sahabat yang suka berkecimpung dengan dunia printing tentu akan mengenal kedua mesin ini. Mesin cutting sticker Jinka dan cameo menjadi salah dua dari mesin cutting sticker yang sering digunakan untuk memotong bahan sticker atau kertas. Biasanya, mesin cutting sticker ini dipakai untuk bisnis printing seperti sablon, sticker mobil, dan lainnya.

Tahukah sahabat, bahwa mesin cutting sticker tersebut memiliki perbedaan yang cukup bertolak belakang loh? Kira-kira, apa saja sih perbedaan dari kedua mesin ini? Kira-kira, mana yang lebih cocok untuk membantu usaha printing anda? cek selengkapnya berikut ini!

 

JINKA

  1. Kurang direkomendasikan untuk die cut, karena :
  • Tidak mempunyai cutting matt
  • Permukaannya menggulung (Roll to Roll)
  1. Dapat mencutting dengan panjang yang bermeter-meter
  2. Tidak bisa mencutting dengan ukuran font yang kecil, ukuran minimal font yang di cutting 2 mm
  3. Tidak bisa contour cut tanpa software tambahan. Jadi, jika ingin contour cut harus menambah softwarenya sendiri
  4. Harga jarum lebih murah dibandingkan dengan cameo
  5. Kualitas jarum tidak sekuat cameo

 

CAMEO

  1. Bisa die cut karena :
  • Memiliki cutting matt
  • Permukaan rata sehingga dapat mempermudah die cut
  1. Area kerja lebih kecil dibandingkan dengan JINKA
  2. Jika mau mencutting roll to roll harus membeli tambahan area kerja khusus roll to roll
  3. Tidak direkomendasi untuk produksi dalam jumlah banyak sekaligus
  4. Cutting matt bisa diganti dan dibeli secara terpisah. Karena cutting matt digunakan untuk dasar dalam proses cutting, maka cutting matt akan cepat rusak. Jadi, sahabat akan diwajibkan untuk membeli cutting matt ketika cutting mattnya rusak.

 

Jika dilihat dari perbedaan diatas, JINKA dan CAMEO memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Sahabat sesuaikan dengan kebutuhan bisnis yang akan dijalankan. Jika anda ingin memproduksi dalam jumlah yang besar dan banyak, JINKA adalah solusi yang tepat. Namun, jika anda ingin melakukan die cut dan sebagai hobi, maka CAMEO lah solusinya. Atau jika anda ingin memproduksi dalam jumlah besar dengan die cut, saran yang tepat adalah menggunakan JINKA dengan tambahan software tambahan untuk proses die cut.

Nah, dari penjelasan diatas kira-kira yang cocok untuk anda yang mana nih sahabat? JINKA atau CAMEO? Yang jelas, harus disesuaikan dengan kebutuhan ya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua sahabat!

Share

Related Post