Dalam dunia printing, mesin digital printing indoor dan outoor tentu sudah banyak dikenali oleh banyak orang. Selain fungsi untuk mencetak, mesin indoor dan outdoor seringkali digunakan untuk membuka usaha yang sangat menjanjikan di masa depan. Karena memiliki beragam media yang bisa dicetak menggunakan mesin indoor dan outdoor, membuat mesin ini sangatlah disukai oleh banyak pelaku usaha.

Namun, tahukah anda bahwa ada mesin serbaguna yang bisa mencetak di berbagai media. Lebih kompleks dan lebih multifyngsi dibandngkan indoor dan outdoor. 2 mesin itu adalah sebagai berikut!

 

Mesin UV

Mesin UV merupakan mesin yang menggunakan tinta UV (Ultra Violet) dan sangat ramah lingkungan. Sehingga, tidak mencemar polusi atau menimbulkan bau yang sangat menyengat. Mesin UV dapat mencetak di media indoor dan outdoor, selain itu mesin ini juga dapat mencetak di berbagaimedia seperti kayu, keramik, MdF, Acrylic, stainless, Alumunium, Kulit, Kain, Kertas, ACP, Foam Board dan sebagainya.

Tinta yang dihasilkan mesin UV pun sangat beragam dan bervariatif, mengahsilkan cetakan yang glossy, doff bahkan timbul. Kerennya, tinta yang digunakan ini memiliki kaakter tidak mudah kering namun kerennya dengan menggunakan mesin ini hasil cetakan akan langsung kerig tanpa proses finishing. Tinta yang digunakan tidak mudah kering, sehingga sangat bagus untuk printhead karena printhead diharuskan dalam posisi basah.

Karena printhead pada mesin UV akan tetap basah, maka dalam proses perawatan akan menjadi lebih mudah tanpa harus memberi solution/cairan pembersih apabila digunakan dalam jangka pendek, hanya perlu menutup head. Namun, jika dalam jangka panjang tidak digunakan maka wajib dibersihkan dengan cairan pembersih.

Mesin UV memiliki 2 jenis varian yang bisa anda gunakan adalah sebagai berikut :

  • Roll to Roll

Mesin UV dengan varian ini merupakan media yang digulung dalam rol seperti mesin digital printing pada umumnya dengan media outdoor terutama bagi anda yang memiliki orderan banyak dengan biaya perawatan yang lebih rendah. selain itu, dapat pula mencetak di mika atau plastik transparent.

  • Flatbed

Jenis ini biasanya digunakan untuk mencetak media yang kaku seperti kayu, keramik, acrylic dan lain-lain. Mesin UV varian ini media yang diletakkan diatas permukaan ban berjalan melewati print head yang bergerak dari kiri ke kanan dibantu dengan meja kokoh dan disedot dengan vacuum agar media yang dicetak tidak bergerak.

 

Mesin Latex

Mesin printer latex pada umumnya hampir sama dengan mesin UV, yakno berfungsi sebagai mencetak ke media vynil, textile, film dan paper. Bedanya, mesin ini dengan mesin UV adalah terletak pada hasil cetaknya, jika mesin UV dapat memberikan efek timbul namun mesin latex tidak menimbulkan efek timbul. Mesin latex sama seperti mesin UV, hasilnya cepat kering dan bagus dengan ramah lingkungan. Sehingga, cocok sekali untuk anda yang ingin mengembangkan usaha.

 

Nah, itulah 2 mesin serbaguna yang sering dicari oleh banyak pelaku bisnis. Selain hasil cetak yang bagus, kedua mesin lebih cepat kering dan mudah dalam perawatan, dan yang paling pentig adalah ramah lingkungan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda sahabat!

Share

Related Post