Dalam proses printing, anda pasti sudah tidak asing dengan berbagai teknik seperti sublim, sablon ataupun direct to tekstil. Namun, teknik printing itu adalah teknik printing digital yang sudah sangat terkenal. Ternyata, ada pula teknik printing yang sudah sangat terkenal di dunia otomotif namun merupakan teknik printing secara manual.

Water transfer printing dikenal juga sebagai hydro dripping, hydro imaging, immersion printingdan hydrograghic printing yang merupakan proses dekorasi 3D untuk mencetak pada objek yang rumit seperti kayu, carbo fiber, kamuflase, desain geometris, dan lainnya. Teknik ini dapat diterapkan ke permukaan media objek lainnya.

Proses teknik ini banyak sekali digunakan untuk menghias objek bisa terdiri dari kendaraan atau berbagai aksesoris barang-barang kecil seperti helm sepeda atau barang otomotif lainnya. Film dalam teknik dapat digunakan diberbagai media seperti plastik, diberglass, kayu, keramik serta logam. Dengan kata lain, selama media yang digunakan dapat tercelup air tentu teknik water transfer printing pun dapat digunakan.

Pada prosesnya, teknik water transfer printing menggunakan film yang larut di dalam air dan berbentuk pola yang ingin dicetak atau disebut pattern. Pattern ini pun larut dalam air dan menyisakan tinta pada permukaan airnya. Pada saat proses, objek yang ingin dicetak dilapisi cat dasar terlebih dahulu agar warna yang dihasilkan lebih keluar. Setelah objek yang dicelupkan kering dan halus, warna cat dasar disesuaikan dengan warna yang akan digunakan pada pola pattern agar sesuai dan cocok. Contohnya seperti cetakan kayu yang seringkali menggunakan cat dasar berwarna cokelat, pola pattern yang coock adalah kamuflase menggunakan dasar netral atau putih.

Setelah cat dasar dilakukan pada objek, maka hal yang dilakukan selanjutnya adalah mencelupkan ke dalam air dan pattern akan membungkus pada permukaan objek yang dicelupkan secara otomatis. Lalu, langkah yang selanjutnya yakni dilanjutkan dengan pencucian dan objek dicat menggunakan pelindung seperti clear agar terlihat lebih mengkilap tampilan akhirnya.

Apakah kualitas teknik water transfer printing dapat bertahan lama?

Ya, hasil dari water transfer printing bisa bertahan lama. Kerennya, sebagia besar Negara Eropa dan Amerika menggunakan teknik ini untuk dunia otomotif seperti motor, mobil, perahu bahkan kapal pesiar. Dalam dunia otomotif, tentu para konsumen menuntut standar kualitas yang tinggi dengan daya tahan yang lama. Tentu hal itu mewajibkan teknik ini dirancang untuk mengatasi kekuatan alam seperti hujan, panas, musim dingin bahkan waktu. Jadi, bagi anda yang menggunakan teknik ini untuk media anda akan sangat awet dan tahan lama.

Itulah penjelasan singkat mengenai metode water transfer printing yang sudah sangat terkenal di bidang otomotif. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda!

Share

Related Post