Kartu undangan, baik undangan pernikahan atau undangan pesta bisa dikatakan menjadi peluang bisnis yang tak akan ada habisnya. Tentu kartu undangan akan terus booming karena banyaknya masyarakat yang selalu mengadakan pesta atau sekedar syukuran. Meskipun undangan sudah bisa disebar lewat media sosial, namun tetap saja intensitasnya masih banyak sekali dibutuhkan. Masyarakat menganggap, undangan fisik akan lebih sopan dibandingkan dengan undangan virtual.

Hal yang harus anda perhatikan sebelum membuka usaha kartu undangan, yakni penjelasannya berikut ini!

 

Modal

 

 

Sebelum anda membuka bisnis kartu undangan, pastikan anda memiliki modal. Baik modal minim atau modal yang mumpuni. Jika anda memiliki modal, maka hal yang harus anda persiapkan adalah membeli mesin cetak yakni mesin printing A3 yang biasa digunakan para pebisnis dalam menjalankan prosesnya. Mesin printing A3 terbilang sangat mudah digunakan. Meskipun terbilang harganya cukup mahal, namun dengan mesin ini anda dapat membuat beragam kertas undangan dari yang soft sampai dengan full colour.

(Baca Juga : Analisa Perhitungan Usaha Bisnis dengan Mesin Printing A3, Gak sampai 1 Tahun Modal kembali)

Namun, bagi anda yang minim usaha  tak perlu khawatir karena anda tidak perlu membeli mesin printing sendiri. Ada bisa menggunakan beberapa langkah berikut ini!

 

  • Cari supplier kertas murah

Carilah supplier kertas dengan harga yang murah supaya bisa membuka usaha dengan modal yang tidak terlalu besar. Selain murah, carilah kertas yang berkualitas dan lengkap.

 

  • Cari percetakan dengan jasa cetak yang murah

Dalam mencari relasi percetakan, carilah yang memiliki kualitas bagus, cepat dan tentunya harganya terjangkau. Dengan begitu, anda tidak akan mengecewakan pelanggan anda. Pilihlah percetakan yang sekaligus memang ada basic jasa percetakannnya agar lebih mudah saat proses membuatnya.

  • Cari rekan kerja yang bisa desain

Untuk desain, jika anda tidak dibekali dengan kemampuan desain grafis maka anda bisa mencari rekan kerja yang bisa menghandle desain anda sehingga anda tidak perlu bantuan jasa percetakan untuk desain. Sehingga, anda tidak perlu membayar biaya desain ke jasa cetak melainkan desain sendiri saja.

  • Survei harga

Survei harga konsumen sangat penting anda rencanakan agar konsumen anda dapat mendapatkan harga yang cukup terjangkau namun anda tetap mendapatkan keuntungan.

 

  • Promosi yang mantap

Karena anda tidak memiliki mesin, maka anda harus gencar yang namanya promosi untuk mendapatkan laba yang mumpuni. Promosi bisa menggunakan website atau media sosial. Untuk tahap awal, anda bisa memasarkan kepada orang-orang terdekat.

 

Jika tidak mau repot, bisa jadi reseller

Cara lain berbisnis undangan tanpa harus mengeluarkan banyak modal adalah dengan menjadi reseller. Menjadi reseller sangatlah mudah, anda tidak perlu memikirkan desain atau mencetaknya. Hal paling penting untuk anda lakukan saat menjadi reseller adalah pemasaran. Itu artinya, untuk menjadi reseller anda tak harus banyak mengeluarkan modal.

(Baca juga : Ragam Peluang Usaha yang Booming disini!)

 

Buatlah undangan yang unik dan menarik

Cara promosi yang tepat selain murah atau diskon adalah membuat sesuatu yang berbeda dari yang lain. Dengan desain yang uni dan menarik, tentunya banyak konsumen yang akan menjadi pelannggan anda. Terlebih lagi bagi anda yang ingin memproduksi sendiri, hal ini menjadi nilai plus dan penting dilakukan. Adapun desain yang bisa anda gunakan adalah berikut ini!

 

  • Desain Minimalis

 

 

Desain minimalis sudah booming sejak tahun 2017. Undangan ini identic dengan satu lembar saja dengan sedikit kata-kata namun tetap bermakna.

 

  • Sentuhan nuansa emas

 

 

Jika minimalis desainnya biasa dan simple, berbeda hal dengan undangan dengan nuansa emas. Undangan ini akan memperlihatkan kemewahan bagi orang lain yang melihat.

  • Desain bunga-bunga

 

 

Undangan dengan desain bunga-bunga merupakan desain yang cukup mencolok. Tak sedikit orang yang menyukai desain ini, karena dengan desain yang mencolok orang lain menganggap bahwa memiliki kesan ramah tamah dan ramai.

 

Nah, itulah hal yang bisa anda lakukan dalam membuka peluang usaha kartu undangan. Dengan penejlasan di atas, anda akan memahami apa saja yang harus diperhatikan terlebih dahulu sebelum anda menjalankan bisnisnya. Semoga artikel ini menambah wawasan dan juga referensi peluang bisnis yang anda inginkan ya sahabat. Bersama Deprintz, Buat Usaha Jadi Mudah!

Share

Related Post